Sukses

10 Tips Jaga Keamanan Rumah saat Mudik Lebaran

Tips-tips jaga keamanan rumah saat mudik lebaran, agar tetap tenang, tanpa rasa khawatir.

Liputan6.com, Jakarta Mudik merupakan sebuah tradisi di Indonesia di mana orang melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman mereka selama liburan lebaran untuk merayakan Idul Fitri, yang merupakan saat kegembiraan dan reuni dengan keluarga dan teman. Namun, meninggalkan rumah kosong untuk waktu yang lama juga dapat menimbulkan risiko keamanan yang dapat membuat anda merasa khawatir.

Pencurian dan insiden lainnya dapat terjadi selama masa-masa mudik lebaran, serta berpotensi menimbulkan stres dan kekhawatiran bagi pemilik rumah yang melakukan mudik. Untuk membantu Anda menjaga rumah Anda, terdapat beberapa tips penting yang bisa dilakukan untuk menjaga keamanan rumah Anda saat Anda sedang dalam perjalanan mudik. 

Dari mengamankan pintu dan jendela hingga menggunakan teknologi rumah pintar, tindakan praktis ini dapat memberikan ketenangan pikiran dan melindungi harta berharga Anda. tips-tips ini dapat menjaga keamanan rumah Anda selama ketidakhadiran Anda dan memastikan musim liburan bisa anda jalani dengan santai tanpa rasa khawatir.

Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (17/4/2023). Tips-tips jaga keamanan rumah saat mudik lebaran, agar tetap tenang, tanpa rasa khawatir. 

2 dari 3 halaman

Tips Menjaga Keamanan Rumah Saat Mudik

Mudik adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk menyebut tradisi mudik pada saat hari raya, khususnya saat Idul Fitri. Ini sering melibatkan perjalanan jarak jauh dan meninggalkan rumah kosong untuk waktu yang lama. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga keamanan rumah Anda saat mudik:

Tip 1: Beritahu Tetangga Terpercaya

Salah satu langkah awal menjaga keamanan rumah selama mudik adalah dengan memberi tahu tetangga terpercaya tentang rencana Anda. Beri tahu mereka tentang durasi ketidakhadiran Anda dan berikan informasi kontak Anda kepada mereka. Minta bantuan mereka untuk mengawasi rumah Anda dan minta mereka untuk melaporkan aktivitas yang mencurigakan. Memiliki tetangga yang waspada yang dapat menjaga properti Anda dapat menjadi pencegah yang efektif terhadap perampokan atau insiden keamanan lainnya.

Tip 2: Amankan Semua Pintu dan Jendela

Sebelum berangkat mudik, pastikan untuk benar-benar memeriksa dan mengamankan semua pintu dan jendela di rumah Anda. Pastikan semua titik masuk, termasuk gerbang, pintu garasi, dan pintu belakang, terkunci dengan benar. Pertimbangkan untuk memasang kunci tambahan atau memperkuat kunci yang sudah ada untuk keamanan tambahan. Gunakan gerendel dan baut geser untuk perlindungan ekstra. Jangan lupa juga mengamankan titik akses ke halaman Anda, seperti pagar atau gerbang.

Tip 3: Gunakan Timer untuk Lampu dan Elektronik

Rumah yang gelap dan kosong bisa mengundang pencuri. Gunakan pengatur waktu untuk menyalakan dan mematikan lampu, TV, dan perangkat elektronik lainnya secara otomatis pada waktu yang berbeda sepanjang hari. Hal ini menciptakan ilusi bahwa ada seseorang di rumah dan dapat menghalangi calon penyusup. Atur pengatur waktu untuk meniru rutinitas harian Anda yang biasa agar terlihat lebih asli.

Tip 4: Pertimbangkan Memasang Sistem Keamanan Rumah

Berinvestasi dalam sistem keamanan rumah yang andal dapat memberi Anda ketenangan pikiran saat bepergian untuk mudik. Cari sistem yang menyertakan fitur seperti sensor gerak, kamera pengintai, dan sistem alarm. Pastikan sistem dipantau dan ditautkan ke perusahaan keamanan atau ke ponsel Anda untuk pemantauan jarak jauh. Pajang tanda atau stiker yang menunjukkan bahwa rumah Anda dilindungi oleh sistem keamanan, karena hal ini dapat mencegah pencuri.

Tip 5: Hindari Berbagi Rencana Perjalanan di Media Sosial

Meskipun tergoda untuk membagikan rencana mudik menarik Anda di media sosial, sebaiknya hindari melakukannya. Menyiarkan ketidakhadiran Anda dari rumah di media sosial berpotensi menjadikan rumah Anda sasaran pencuri. Berhati-hatilah dan jangan mengungkapkan rencana perjalanan Anda atau memposting tentang ketidakhadiran Anda sampai setelah Anda kembali.

3 dari 3 halaman

Tip 6: Jangan Tinggalkan Kunci Cadangan Di Luar

Meninggalkan kunci cadangan di luar rumah, seperti di bawah keset, pot bunga, atau batu palsu, merupakan kesalahan keamanan yang umum. Pencuri mengetahui tempat persembunyian ini dan dapat dengan mudah menemukannya. Alih-alih, tinggalkan kunci cadangan kepada tetangga atau anggota keluarga tepercaya, atau pertimbangkan untuk menggunakan sistem entri tanpa kunci yang tidak memerlukan kunci fisik.

Tip 7: Minta Seseorang Memeriksa Rumah Anda

Jika memungkinkan, mintalah teman atau anggota keluarga tepercaya untuk memeriksa rumah Anda secara teratur saat Anda pergi. Mereka dapat mengumpulkan surat Anda, menyirami tanaman Anda, dan memastikan semuanya beres. Hal ini dapat menciptakan kesan bahwa ada seseorang di rumah dan mencegah potensi pencuri.

Tip 8: Pertimbangkan Menggunakan Teknologi Smart Home

Teknologi rumah pintar memungkinkan Anda memantau dan mengontrol berbagai aspek rumah Anda dari jarak jauh, seperti lampu, kunci, dan kamera keamanan, menggunakan ponsel cerdas Anda. Hal ini dapat memungkinkan Anda untuk tetap mengawasi rumah Anda bahkan ketika Anda pergi untuk mudik. Anda dapat mengontrol lampu dari jarak jauh untuk menciptakan ilusi seseorang berada di rumah, mengunci dan membuka kunci pintu untuk orang tepercaya, dan menerima pemberitahuan jika ada aktivitas yang tidak biasa. Teknologi smart home dapat memberikan lapisan keamanan dan kenyamanan tambahan untuk menjaga keamanan rumah Anda selama mudik.

Tip 9: Amankan Barang Berharga dan Dokumen Penting

Pastikan untuk mengamankan barang berharga dan dokumen penting Anda dengan baik sebelum berangkat mudik. Gunakan brankas, lemari yang dapat dikunci, atau brankas tersembunyi untuk menyimpan barang berharga seperti perhiasan, uang tunai, dan dokumen penting seperti paspor, akta properti, dan dokumen asuransi. Mengamankan barang berharga Anda dapat melindunginya dari pencurian atau kerusakan saat Anda pergi.

Tip 10: Pertimbangkan Menyewa Penjaga Rumah

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menyewa penjaga rumah terpercaya untuk tinggal di rumah Anda saat Anda bepergian untuk mudik. Penjaga rumah dapat memberikan lapisan keamanan tambahan dengan hadir secara fisik di rumah Anda, merawat hewan peliharaan Anda, merawat rumah Anda, dan menanggapi keadaan darurat apa pun. Ini dapat memberi Anda ketenangan pikiran mengetahui bahwa seseorang secara aktif menjaga rumah Anda saat Anda pergi.

Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat membantu memastikan bahwa rumah Anda tetap aman dan terlindungi saat Anda bepergian untuk mudik atau ketidakhadiran yang diperpanjang lainnya. Ingatlah untuk mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan, jaga komunikasi dengan tetangga atau anggota keluarga terpercaya, menggunakan teknologi modern untuk memantau dan mengontrol rumah Anda dari jarak jauh untuk menambah ketenangan pikiran.