Sukses

Cara Membuat Boneka Kain Perca Sederhana, Ide Mainan Ramah Lingkungan

Dalam cara membuat boneka dari kain perca, potongan kain dikumpulkan dan dipotong-potong menjadi bentuk-bentuk yang dibutuhkan untuk membuat bagian-bagian dari boneka

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat boneka dari kain perca menjadi kegiatan kreatif yang ramah lingkungan. Memanfaatkan kain perca sebagai bahan utama dalam pembuatan mainan ini menjadi bentuk upaya pengurangan limbah tekstil. Dalam cara membuat boneka dari kain perca, potongan kain dikumpulkan dan dipotong-potong menjadi bentuk-bentuk yang dibutuhkan untuk membuat bagian-bagian dari boneka.

Selain itu, pembuatan boneka kain perca juga dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan dan edukatif, terutama bagi anak-anak. Mereka dapat mengembangkan imajinasi serta belajar tentang pentingnya menjaga lingkungan dan cara mengurangi limbah dengan membuat mainan dari bahan-bahan sisa produksi.

Membuat boneka kain perca juga memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan mendukung gerakan keberlanjutan. Berikut cara membuat boneka dari kain perca yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (1/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Persiapakan Alat dan Bahan

Langkah pertama pada cara membuat boneka dari kain perca adalah mempersiapkan alat dan bahan. Berikut daftar alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat boneka kain perca.

  1. Gunting
  2. Pensil
  3. Jarum jahit
  4. Jarum pentul
  5. Koran bekas untuk pola boneka
  6. Benang sulam
  7. Kain perca
  8. Manik-manik
  9. Kancing baju
  10. Bahan untuk mengisi boneka, seperti dakron, kapas, kapuk, atau potongan kecil kain perca

2. Buat Pola Boneka

Cara membuat boneka dari kain perca dilanjutkan dengan memilih bentuk pola boneka yang akan dibuat terlebih dahulu. Gambar pola yang ingin dibuat di atas kertas koran mengikuti bentuk boneka. Setelah pola selesai dibuat, gunting kertas mengikuti gambar boneka.

3 dari 4 halaman

3. Pindahkan Pola ke Kain

Pilihlah kain perca dengan lebar yang sesuai dengan pola yang telah dibuat. Apabila lebar kain kurang, sambung beberapa kain hingga mencukupi lebar kain yang diperlukan. Cara ini akan menghasilkan boneka dengan motif kolase yang unik. Tempelkan pola yang sudah ke kain, kemudian semat dengan jarum pentul. Potong kain mengikuti bentuk pola dengan melebihkan sekitar 1 cm untuk dijahit.

4. Jahit

Setelah kain dipotong sesuai pola, cara membuat boneka dari kain perca selanjutnya adalah menjahit kain tersebut menjadi boneka. Satukan potongan kain sesuai bentuk boneka yang ingin dibuat dengan tusuk tikam jejak agar jahitan kuat. Biarkan sekitar 4-5 cm lebar kain tidak terjahit kemudian balik kain sehingga bagian jahitan berada di dalam.

5. Isi Boneka

Setelah kain perca selesai dijahit, cara membuat boneka dari kain perca selanjutnya adalah memasukkan isian boneka. Masukkan bahan isi sedikit demi sedikit dengan bantuan alat, supaya boneka menjadi padat. Setelah terisi penuh, jahit lagi untuk menutup lubang yang digunakan untuk memasukkan isi.

7. Tambahkan Dekorasi

Tambahkan Dekorasi manik-manik atau kancing baju yang dapat membuat tampilan boneka semakin menarik. Kancing dan manik manik dapat digunakan sebagai bagian wajah boneka. Agar tampilannya lebih cantik, pakai kain perca tambahan untuk membuat pakaian atau aksesoris lainnya. 

4 dari 4 halaman

Tips Membuat Boneka Kain Perca

Cara membuat boneka dari kain perca dapat menjadi kegiatan kreatif yang menyenangkan. Berikut beberapa tips yang dapat diikuti saat membuat boneka dari kain perca.

1. Sesuaikan desain boneka dengan tujuan dibuatnya. Misalnya jika membuat boneka untuk bayi, minimalkan hiasan yang dapat membahayakan bayi saat dimainkan, seperti manik-manik yang bertekstur tajam. 

2. Salah satu cara agar kedua sisi boneka simetris adalah dengan menjiplaknya di atas kertas, lipat pola ini menjadi setengah di bagian tengahnya, dan potong pola tersebut sambil kertas tetap terlipat dua.

3. Buat boneka sedikit lebih besar, jika kainnya mencukupi. Ukuran yang besar memudahkan proses pembuatan dan mengisi bagian dalam boneka tersebut.

4. Gunakan kapur jahit atau pensil yang bisa dicuci untuk menggaris pola pada kain jika tidak ingin noda sisa garis-garis pola terlihat pada boneka.

5. Tidak harus membuat pakaian boneka yang rumit. Gaun pinafore atau pakaian yang bentuk bagian depannya seperti celemek sederhana dapat menjadi opsi yang mudah untuk dibuat.

6. Berhati-hatilah saat bekerja dengan mesin jahit, jarum, dan gunting.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.