Sukses

7 Doa Memperlancar Rezeki dan Usaha Lengkap Tulisan Arab, Latin, Beserta Artinya

Doa memperlancar rezeki bertujuan agar seorang muslim senantiasa diberikan yang terbaik oleh Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta Doa memperlancar rezeki bisa dilafalkan oleh setiap muslim setiap harinya. Umat Islam tentunya sudah paham bahwa Allah SWT telah mengatur rezeki setiap orang. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir soal rezeki ini dan terus berusaha dengan baik.

Selain berusaha dengan baik, kamu tentunya juga perlu berdoa dalam meminta rezeki kepada Allah SWT. Rezeki ini bukan tentang harta saja, tetapi juga rezeki dalam kesehatan, keluarga yang harmonis, teman yang baik, hingga anak yang saleh.

Doa memperlancar rezeki bertujuan agar seorang muslim senantiasa diberikan yang terbaik oleh Allah SWT. Nabi Muhammad SAW menganjurkan seluruh umat Islam untuk memperbanyak berdoa  dalam setiap kegiatan. Selain untuk meminta rezeki, berdoa juga merupakan wujud rasa syukur seorang hamba terhadap nikmat yang diberikan oleh Allah SWT.

Doa memperlancar rezeki ini juga penting dipahami bagi kamu yang sedang menjalankan usaha. Dengan membaca doa-doa ini, maka kamu akan memperoleh kelancaran dalam usaha yang sedang dijalani. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (2/5/2023) tentang doa memperlancar rezeki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Doa Memperlancar Rezeki dan Merasa Cukup

Doa Memperlancar Rezeki Latin:

"Allahumma yaa ghaniyyu ya hamiid yaa mubdi'u yaa mu'iid yaa rahiimu yaa waduud, aghninii bi halaalika 'an haraamika wakfini bi fadhlika 'amman siwaaka wa shallallahu 'alaa muhammadin wa aalihi wa sallam."

Arti doa meperlancar rezeki:

"Wahai Allah, wahai Zat Yang Maha Kaya, wahai Zat Yang Maha Terpuji, wahai Zat Yang memulai, wahai Zat yang mengembalikan, wahai Zat yang mencintai. Cukupilah kami dengan kehalalan-Mu dari keharaman-Mu. Cukupilah kami dengan anugerah-Mu dari selain Engkau semoga Allah melimpahkan rahmat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad saw., keluarga dan sahabat beliau."

 

2. Doa Memperlancar Rezeki yang Halal

Doa memperlanar rezeki Arab:

اَللّٰهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Doa Memperlancar Rezeki Latin:

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

Arti doa meperlancar rezeki:

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, no. 925 dan Ahmad 6: 305, 322. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).

3 dari 6 halaman

3. Doa Memperlancar Rezeki dan Menjauhkan dari yang Haram

Doa memperlanar rezeki Arab:

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Doa Memperlancar Rezeki Latin:

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

Arti doa meperlancar rezeki:

 “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi no. 3563. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan.

4 dari 6 halaman

4. Doa Memperlancar Rezeki Tanpa Memberatkan

Doa Memperlancar Rezeki Latin:

"Allahumma innii as aluka an tarzuqanii rizqan halaalan waasi'an thayyiban min ghairi ta'bin wa laa masyaqqatin wa laa dhairin wa laa nashabin innaka 'alaa kulli syaiin qadiir."

Arti doa meperlancar rezeki:

"Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, luas, dan tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan, dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu."

5 dari 6 halaman

5. Doa Memperlancar Rezeki dan Meminta Berkah dari Allah SWT

Doa memperlancar rezeki Arab:

اللَّهُمَّأكْثِرْمَالِي،وَوَلَدِي،وَبَارِكْلِيفِيمَاأعْطَيْتَنِيوَأطِلْحَيَاتِيعَلَىطَاعَتِكَ،وَأحْسِنْعَمَلِيوَاغْفِرْلِي

Doa Memperlancar Rezeki Latin:

Allahumma ak-tsir maalii wa waladii, wa baarik lii fiimaa a’thoitanii wa athil hayaatii ‘ala tho’atik wa ahsin ‘amalii wagh-fir lii.

Arti doa meperlancar rezeki:

“Ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah karunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umurku dalam ketaatan pada-Mu dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa-dosaku.”

6 dari 6 halaman

6. Doa Memperlancar Rezeki dalam Berusaha

Doa Memperlancar Rezeki Latin:

"Allaahumma raddhinii biqadhaaika wa baarik lii fiimaa quddira hattaa laa uhibba ta'jiila maa akhkharta wa laa ta'khiira maa 'ajjalta."

Arti doa meperlancar rezeki:

"Ya Allah, ridailah aku dengan ketentuan-Mu dan berikanlah aku dalam apa-apa yang telah ditentukan sehingga aku tidak menginginkan dipercepatnya sesuatu yang telah Engkau tangguhkan dan ditangguhkannya sesuatu yang telah Engkau percepat." (Disarikan dari Kitab Doa Mustajab Terlengkap karya Ustaz Amrin Ali Al Kasyaf)

 

7. Doa Memperlancar Rezeki dari Allah SWT

Doa Memperlancar Rezeki Latin:

Rabbana anzil 'alaina ma'idatam minas sama'i takunu lana 'idal li' awwalina wa akhirina wa ayatam minka warzuqna wa anta khairur raziqin.

Arti doa meperlancar rezeki:

"Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu orang-orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan-Mu, berikanlah kami rezeki dan Engkaulah Pemberi rezeki yang paling utama."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.