Sukses

Alami Rem Blong, Motor Wisatawan Ini Nyangkut ke Atas Pohon Setinggi 3 Meter

Dua wisatawan alami rem blong, sehingga motor yang dikendarainya nyangkut ke atas pohon.

Liputan6.com, Jakarta Libur lebaran Idulfitri banyak digunakan masyarakat untuk berwisata. Ramainya jalur menuju tempat wisata membuat sebagian orang memilih untuk menggunakan sepeda motor sebagai moda transportasinya. Selain bisa menerjang kemacetan, menggunakan sepeda motor juga bisa menghemat biaya.

Namun, perlu diketahui bahwa sebelum berwisata dengan menggunakan sepeda motor, pengendara harus selalu mengecek kondisi rem dan istirahat di rest area untuk mendinginkan rem. Jangan sampai kejadian yang tidak diinginkan terjadi, seperti yang dialami oleh wisatawan yang videonya viral di media sosial.

Dikutip dari laman Twitter @Midjan_La_2, terlihat beberapa warga, polisi hingga tim SAR sedang berjibaku menurunkan sebuah sepeda motor yang nyangkut ke atas pohon. Diketahui, motor tersebut merupakan milik dari dua wisatawan yang mengalami rem blong di persimpangan Gotehan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto pada Minggu (30/4/2023).

"Motor wisatawan nyangkut pohon usai rem blong di jalur Tengkorak Mojokerto," tulis keterangan unggahan, dikutip Liputan6.com dari Twitter @Midjan_La_2, Selasa (2/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kronologi motor nyangkut ke atas pohon

Video viral yang juga diunggah oleh laman TikTok @tukangmaidoakhir_zaman juga memperlihatkan jalan di mana motor itu nyangkut di pohon. Tampak jalanan yang sedikit menurun, sehingga membuat motor mengalami rem blong. Diketahui, dua korban yang menaiki motor tersebut terpental.

"Kegagalan fungsi rem 30/4/23 #cangar #pacet selalu cek kondisi rem...istirahatlah di rest area untuk mendingkan rem anda....," tulis keterangan dalam unggahan video TikTok @tukangmaidoakhir_zaman.

Dua korban terpental menerjang benteng sekam penyelamat hingga motor yang dikendarainya tersangkut di pohon keres setinggi tiga meter. Tampak sejumlah relawan dan petugas kepolisian Polres Mojokerto berusaha mengevakuasi motor matic yang tersangkut di pohon tersebut.

Motor itu langsung ditarik bersama-sama, hingga akhirnya berhasil diturunkan. Mengutip dari Dream, kondisi kedua korban mengalami luka-luka, keduanya adalah Vinda Rizky Putri Martasari warga Desa Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Kabupaten Blitar, mengalami luka patah di bahu.

Sedangkan pembonceng Ahmad Nurcahyo Perdana warga Desa Lebanisoko, Kecamatan Wringin Anom, Kabupaten Gresik mengalami syok dan penuh dengan sekam padi. Kedua korban pun dievakuasi dan dibawa ke Rumah Sakit Sumberglagah, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto untuk dilakukan perawatan.

3 dari 4 halaman

Komentar warganet

Video unggahan di platform TikTok kini sudah ditonton hingga 1,4 juta dan menuai beragam komentar warganet. Banyak yang ikut memberikan pengalaman dan saran tentang penggunaan motor matic di jalan turunan.

"Bahanya motor metik dah banyak kejadian rem blong," tulis akun @anggorokusumo398.

"Rem Cbs rawan menurutku, soalnya enggak bisa dibuat gantian ngerem," tulis akun @kangfoto_wedding.

"Saran untuk motor matic, kalau bisa rem itu jangan ditekan terus, harus ada jedanya, dan yang terpenting putaran mesin harus tetep stabil insyaallah aman," tulis akun @michael87_gtn.

4 dari 4 halaman

Tonton videonya berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.