Sukses

7 Doa Belajar dan Artinya Agar Tidak Mudah Lupa dan Dapat Keberkahan Ilmu

Dengan memahami doa belajar dan artinya, kita bisa memohon kepada Allah SWT untuk memberikan ilmu yang penuh dengan keberkahan, sehingga dapat memberikan manfaat bagi diri sendiri dan orang di sekitar.

Liputan6.com, Jakarta Doa belajar dan artinya penting untuk kita ketahui, apalagi menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim. Dengan memahami doa belajar dan artinya, kita bisa memohon kepada Allah SWT untuk memberikan ilmu yang penuh dengan keberkahan, sehingga dapat memberikan manfaat bagi diri sendiri dan orang di sekitar.

Selain itu, dengan mengetahui doa belajar dan artinya, kita juga bisa meminta Allah SWT untuk memberikan kemudahan dalam proses belajar. Sebagai contoh, jika kamu memiliki kesulitan untuk memahami materi tertentu, dengan membaca doa belajar dan artinya, insyaallah akan diberikan kemudahan dalam memahami.

Jika proses mempelajari suatu materi pelajaran membutuhkan hafalah, maka dengan membaca doa belajar dan artinya, kita bisa memohon kepada Allah SWT untuk diberikan daya ingat yang kuat.

Yang pasti, membaca doa belajar dan artinya tentu sangat penting. Sebab segala macam jenis ilmu berasal dari Allah SWT, dan kita bisa tahu beberapa di antaranya karena izin dari Allah SWT.

Berikut adalah sejumlah bacaan doa belajar dan artinya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (8/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Doa agar Diberi Tambahan Ilmu

Doa belajar dan artinya ini merupakan doa yang paling singkat, sehingga akan lebih mudah untuk dihafalkan. Bacaannya sebagai berikut,

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

“Rodlittu billahiroba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, Robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan.”

Artinya: "Kami ridho bahwa Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, serta Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah terhadapku ilmu serta berikanlah aku pengertian yang baik."

Doa agar Diberi Pemahaman

Seperti yang saudah dijelaskan sebelumnya, bahkan ada saja tantangan selama proses belajar. Termasuk kesulitan untuk memahami materi pelajaran. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memohon kepada Allah SWT untuk diberi tambahan pemahaman. Berikut bacaan doa belajar dan artinya untuk memohon tambahan pemahaman,

اَللّٰهُمَّ اخْرِجْنَا مِنْ ظُلُمَاتِ الْوَهْمِ وَاَكْرِمْنَا بِنُوْرِالْفَهْمِ وَافْتَحْ عَلَيْنَا بِمَعْرِفَتِكَوَسَهِّلْ لَنَآ اَبْوَابَ فَضْلِكَ يَآ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

“Alloohumma Akhrijnaa Min Dzulumaatilwahmi Wa Akrimnaa binuuril Fahmi Waftah’alainaa Bima’rifatika Wasahhil Lanaa Abwaaba Fadl-lika Ya Arhamar Roohimiin.”

Artinya: "Ya Allah, bebaskanlah kami dari kegelapan prasangka, muliakanlah kami dengan cahaya kepahaman, bukakanlah pengertian ilmu pada kami dan bukakanlah untuk kami pintu-pintu anugerah-Mu, wahai Dzat yang Maha Penyayang.”

3 dari 5 halaman

Doa agar Memperoleh Ilmu yang Berkah

Setiap muslim memang wajib untuk menuntut ilmu. Adapun ilmu yang dipelajari oleh setiap muslim adalah ilmu yang berkah. Salah satu contoh ilmu yang mendapatkan keberkahan adalah ilmu yang bermanfaat, tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk orang lain.

Untuk mendapat ilmu yang bermanfaat, kita harus membaca doa belajar dan artinya. Bacaannya sebagai berikut,

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as-aluka ‘ilman nafi'an wa rizqan thayyiban, wa ‘amalan mutaqabbalan.

Artinya: "Ya Allah! Sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima."

Agar ilmu yang Anda dapatkan bermanfaat bagi kehidupan dunia dan akhirat, terdapat hadist dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berdoa seperti berikut:

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي وَزِدْنِي عِلْمًا الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ حَالِ أَهْلِ النَّارِ

Allahummanfa'nii bimaa 'allamtanii wa 'allimnii maa yanfa'una wa zidnii 'ilman, alhamdulillahilladzi 'alaa kulli haalin wa a'uzu billahi min haali ahlin Naar.

Artinya: "Ya Allah, Jadikanlah ilmu yang Engkau ajarkan kepadaku bermanfaat bagiku. Ajarkanlah kepadaku ilmu yang berguna untukku dan tambahkanlah kepadaku ilmu. Segala puji bagi Allah atas segala hal, aku berlindung kepada Allah dari keadaan dan segala hal yang dilakukan penghuni neraka". (HR at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan al-Bazzar).

4 dari 5 halaman

Doa agar Mendapat Ilmu yang Benar

Salah satu tujuan kita belajar adalah untuk mengetahui mana yang benar, mana yang salah. Akan tetapi sekarang ini mana ilmu yang benar dan salah tidak diketahui secara pasti. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memohon kepada Allah SWT agar ditunjukkan mana ilmu yang benar dan mana ilmu yang salah.

Adapun bacaan doa belajar agar ditunjukkan ilmu yang benar dan ilmu yang salah adalah sebagai berikut,

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

"Allahumma arinal haqqa haqqan warzuqnat tibaa'ahu. Wa arinal baathila baathilan warzuqnaj tina bahu."

Artinya: "Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran sehingga kami bisa mengikutinya, dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya."

Doa agar Terhindar dari Ilmu yang Tidak Bermanfaat

Dalam mempelajari suatu ilmu, kita juga harus mempertimbangkan apakah yang kita pelajari bermanfaat atau tidak. Oleh karena itu, penting untuk membaca doa belajar dan artinya agar terhindar dari ilmu yang tidak bermanfaat. Adapun bacaannya adalah sebagai berikut,

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُبِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ وَقَلْبٍ لا يَخْشَعُ وَعَمَلٍ لَا يُرْفَعُ وَدُعَاءٍ لَايُسْمَعُ

Allahumma inni a'udzubika min 'ilmin la yanfa' wa qalbin la yakhsya' wa 'amalin la yurfa' wa du'ain la yusma'.

Artinya: Ya Allah aku berlindung dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyuk, amal yang tidak diangkat (diterima), dan doa yang tidak didengar.

5 dari 5 halaman

Doa agar Mudah Hafal Materi Pelajaran

Salah satu metode belajar memang harus ada beberapa yang dihafalkan. Agar lebih mudah menghafal, kita bisa memohon kepada Allah SWT untuk membaca doa belajar dan artinya  berikut,

فَفَهَّمْنَا سُلَيْمَانَ وَكُلًّا آتَيْنَا حُكْمًا وَعِلْمًا وَسَخَّرْنَا مَعَ دَاوُدَ الجِبَالَ يُسَبِّحْنَ وَالطَّيْرَ وَكُنَّا فَاعِلِيْنَ

afahhamna Sulaimana, wa kullan atayna hukman wa 'ilman, wa sakhkharna ma'a Dawudal jibala yusabbihna wat thayra, wa kunna fa'ilin.

 

يَا حَيُّ، يَا قَيُّوْمُ، يَا رَبَّ مُوْسَى وَهَارُوْنَ وَرَبَّ إِبْرَاهِيْمَ، وَيَا رَبَّ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْهِمْ أَجْمَعِيْنَ

Ya hayyu, ya qayyumu, ya rabba Musa wa Harun, wa rabba Ibrahim, way a rabba Muhammadin shallallahu 'alayhi wa sallama 'alayhim ajma'in.

 

اللَّهُمَّ ارْزُقْنِيَ الفَهْمَ وَالعِلْمَ وَالحِكْمَةَ وَالعَقْلَ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahummarzqniyal fahma, wal 'ilma, wal hikmata, wal 'aqla, bi rahmatika, ya arhamar rahimin.

 

Artinya: Kami memberikan pemahaman kepada Sulaiman. Setiap dari mereka Kami berikan kebijaksanaan dan ilmu. Kami tundukkan gunung dan burung kepada Dawud. Mereka bertasbih. Kamilah yang melakukan itu semua. Wahai zat yang hidup, wahai zat yang tegak, wahai Tuhan Musa, Harun, Tuhan Ibrahim, wahai Tuhan Muhammad SAW. Ya Allah, karuniakan aku pemahaman, ilmu, kebijaksanaan, dan akal dengan rahmat-Mu wahai zat yang Maha Pengasih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.