Sukses

Tumbuhan yang Berkembang Biak dengan Umbi Akar Adalah? Ini Penjelasannya

Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi akar adalah wortel, singkong, lobak, bengkoang, jahe, ubi jalar, dan bunga dahlia

Liputan6.com, Jakarta Tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi akar adalah lobak dan wortel. Umbi akar sendiri termasuk tumbuhan yang berkembang biak dengan cara vegetatif alami. Vegetatif alami adalah perkembanbiakan secara tidak kawin pada tumbuhan yang terjadi dengan sendirinya.

Mengetahui tanaman yang berkembang biak dengan umbi akar adalah salah satunya wortel sangatlah penting, hal ini akan memberikan pengetahuan dasar terkait cara tanamnya. Umbi akar jika ditanam umbinya saja tidak akan bisa tumbuh karena tidak ada mata tunasnya. Untuk itu, anda harus menanamnya dengan disertai sedikit batang, agar tumbuh tunas.

Agar lebih paham, berikut ini Liputan6.com ulas mengenai tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi akar yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (10/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tumbuhan yang Berkembang Biak dengan Umbi Akar Adalah

Dikutip dari laman Kemdikbud, contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi akar adalah wortel, bengkoang, singkong, lobak, dan bunga dahlia. Akar pada tanaman yang berkembangbiak dengan umbi akar beralih fungsi menyimpan cadangan makanan. Perkembangbiakan jenis tanaman ini melalui tunas yang tumbuh dari bekas batangnya. Sehingga, untuk mendapatkan individu baru dari tanaman ini hanya perlu menanam bagian tubuh tumbuhan berupa batang.

Perlu diketahui bahwa umbi akar adalah modifikasi akar yang menggembung berisi cadangan makanan. Umbi akar jika ditanam hanya berupa umbi tidak dapat tumbuh, sehingga harus ditanam disertai dengan sedikit batangnya karena umbi akar tidak memiliki mata tunas. Contoh tambuhan yang berkembang biak dengan umbi akar adalah wortel dan sebagainya akan dapat bertahan hidup dalam iklim dan kondisi tertentu.

Umbi ini dapat mengandung berbaga jenis makanan, mulai dari gula dan pati, hingga protein lipid, serta mineral yang memungkinkan tanaman bertahan hidup, bahkan di lingkungan yang paling keras sekalipun.

 

3 dari 5 halaman

Ciri-ciri Tumbuhan Umbi Akar

Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi akar adalah wortel, singkong, lobak, bengkoang, jahe, ubi jalar, dan bunga dahlia. Tumbuhan-tumbuhan tersebut dapat dilihat dari ciri-ciri bagian bawah tanahnya yang mengandung pati.

Organ-organ dalam umbi akar ini terdiri dari batang atau rimpang yang menebal dan membesar, yang menyimpan nutrisi dan memungkinkan tanaman untuk bertahan hidup dalam kondisi lingkungan yang tidak menguntungkan.

Saat umbi matang, tunas berkembang dari mana tunas dan akar baru akan terbentuk, memungkinkan tanaman bereproduksi secara aseksual. Umbinya dapat dimakan sebagai sumber makanan. Bila ditanam kembali akan tumbuh tunas dan daun baru. Untuk lebih mudah mengenali tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi akar, anda perlu mengenali ciri-cirinya. Berikut rinciannya:

  1. Umbi tidak berbuku-buku
  2. Umbi tidak mempunyai kuncup dan daun
  3. Umbi tidak mempunyai mata tunas.
  4. Umbinya berada di bawah tanah
  5. Umbinya mampu untuk menyimpan cadangan energi saat kekeringan.
  6. Umbinya mampu tumbuh dengan cepat.
  7. Mudah beradaptasi di berbagai iklim dan jenis tanah.
  8. Menjadi sumber makanan yang layak dan mudah ditanam.
4 dari 5 halaman

Perbedaan Umbi Batang dan Umbi Akar

Setelah mengetahui contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan umbi akar adalah lobak, wortel, dan lain sebagainya, anda perlu memahami perbedaan antara umbi batang dan umbi akar. Pada dasarnya, perbedaan dari kedua tanaman tersebut terletak pada cadangan makanan yang disimpan.

Jika umbi akar merupakan akar yang membesar yang berubah fungsi untuk menyimpan cadangan makanan. sedangkan dengan umbi batang adalah batang yang tumbuh di dalam tanah dan berfungsi sebagai penyimpan cadangan makanan. Umbi batang sendiri mempunyai mata tunas yang akan tumbuh membentuk individu baru.

Selain itu, perbedaan lainnya terletak pada cara perkembangbiakan. Umbi batang perkembang biakannya dengan menanam batang, maka tunas bisa tumbuh dan membentuk tumbuhan baru. Sedangkan, umbi akar cara berkembang biak dengan menanam batang, dengan begitu akan membentuk tunas baru yang nantinya akan menjadi tumbuhan sempurna.

5 dari 5 halaman

Jenis Perkembangbiakan Vegetatif Alami

Selain umbi akar, masi banyak jenis-jenis perkembangbiakan vegetatif alami. Berikut ini penjelasannya:

a. Akar Tinggal atau Rhizoma

Batang yang tumbuh menjalar dalam tanah atau biasa disebut dengan akar tinggal, akar rimpang, atau akar tongkat. Conton tumbuhan yang berkembang biak dengan cara ini adalah lengkuas, jahe, kunyit, kencur dan temulawak.

b. Spora

Spora adalah inti sel yang berubah fungsi menjadi alat perkembiakan. Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan cara ini adalah tanaman paku dan suplir. Pada tanaman paku, spora dibentuk pada daun.

Spora terletak pada kotak spora (sporangium) yang berkumpul di dalam sorus yang merupakan kumpulan kotak spora. Sorus terletak di tepi bawah daun yang berupa seperti bintik-bintik kecokelatan. Saat sporangium pecah, maka spora akan keluar dan jatuh pada tempat yang cocok. Barulah akhirnya tumbuh tanaman paku yang baru.

c. Umbi Lapis atau Bulbus

Umbi lapis adalah daun yang berlapis-lapis dan tebal sehingga membentuk seperti batangnya. Pada bagian dasar tumbuh akar serabut. Di antara lapisan-lapisan umbi lapis, terdapat bakal tunas. Jika umbi lapis ditanam, bakal tunas akan tumbuh menjadi tunas, dan tumbuh jadi tanaman baru. Contohnya adalah bawang merah, bakung,dan bawang putih.

d. Umbi Batang atau Tuber

Umbi batang adalah batang yang tumbuh di dalam tanah dan digunakan untuk menyimpan cadangan makanan dan membentuk umbi. Jika umbi ditanam, tunas bisa tumbuh dan membentuk tumbuhan baru. Contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan cara ini adalah kentang dan ubi jalar.

e. Geragih atau Stolon

Geragih adalah banyak yang tumbuh dan menjalar di permukaan tanah. Tumbuhan baru akan tumbuh pada buku-bukunya dan tidak tergantung pada induknya. Contohnya adalah pohon stroberi, pegagan, arberi dan rumput teki.

f. Tunas

Tunas adalah bagian tumbuhan yang baru muncul dari kecambah atau kuncup yang berada di atas permukaan tanah. Tunas bisa terdiri dari batang, daun muda, calon bunga, atau calon buah. Contohnya adalah pohon tebu, pisang, dan bambu.

g. Tunas Adventif

Tunas adventif adalah tunas liar yang tumbuh di luar bagian batang. Biasanya ia tumbuh di tepi daun. Contohnya adalah tumbuhan cocor bebek, kersen, cemara, sukun, dan kesemek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.