Sukses

Macam-macam Ukuran Foto dan Contohnya, Dilengkapi dengan Penjelasannya

Kamu juga bisa mengubah ukuran foto sendiri di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Ada macam-macam ukuran foto dan contohnya yang biasa digunakan. Umumnya, ukuran foto ini berdasarkan dengan ukuran kertas foto yang digunakan. Ya, foto atau gambar yang telah diabadikan kerap dicetak kedalam kertas khusus foto agar bisa dismpan ke dalam media lain seperti dipasang di bingkai ataupun album foto. 

Foto merupakan gambar yang dihasilkan oleh kamera dan peralatan fotografi lainnya. Ada beberapa alasan seseorang memanfaatkan foto adalah sebagai bentuk untuk mengabadikan momen-momen.

Ada beberapa objek yang kerap diabadikan seperti benda-benda, makhluk hidup, atau fenomena-fenimena yang akan termakan waktu apabila tidak diabadikan dalam bentuk foto. Selain itu, foto juga dapat digunakan sebagai sebuah bukti yang kuat.

Tak hanya disimpan dalam memori digital, hasil foto atau jepretan terkadang kerap dicetak untuk kemudian disimpan atau bahkan dibagikan ke dalam beberapa kepentingan tertentu. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang setidaknya untuk memahami ukuran foto sebelum mencetaknya.

Pasalnya, ada macam-macam ukuran foto dan contohnya yang biasa digunakan oleh percetakan. Disesuaikan dengan kebutuhannya, penting untuk memahami berbagai macam ukuran foto. Hal ini berguna untuk mengurangi kesalahan ketika ini mencetak foto.

Berikut Liputan6.com, Senin (19/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber macam-macam ukuran foto dan contohnya yang perlu diketahui.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Macam-macam Ukuran Foto dan Contohnya

Pada ukuran foto, memiliki standar yang biasa digunakan adalah dengan memakai satuan seperti 2R, 3R, 4R, 5R, 6R, 8R. Biasanya, ukuran ini digunakan ketika kamu hendak mencetak foto.

R disini merupakan satuan yang digunakan sebagai acuan ukuran foto. Satuan ini sudah diterapkan pada level internasional. Artinya, ukuran R di Indonesia suda sama dengan ukuran R di negara lainnya seperti halnya satuan-satuan yang lain seperti meter, liter, dan gram.

Ukuran Foto 3 x 4

Ukuran foto 3 x 4 umumnya digunakan untuk kepentingan-kepentingan dokumen resmi. Biasanya ukuran foto 3 x 4 ini digunakan untuk kelengkapan CV, ijazah, dan surat-surat lainnya. Karena kebutuhannya yang sangat sering untuk digunakan dalam beberapa kepentingan, maka tak heran kalau ukuran foto ini sering disimpan dalam jumlah yang cukup banyak.

Biasanya, foto ukuran 3 x 4 ini dibuat resmi dengan memakai pakaian resmi atau rapi seperti hitam putih dengan menggunakan latar belakang atau background merah atau biru.

Ukuran Foto 3R

Macam-macam ukuran foto dan contohnya selanjutnya adalah 3R. Foto dengan ukuran ini mirip dengan ukuran kartu pos yang sering dijumpai. Ukuran foto 3R ini memiliki ukuran dalam bentuk centimeter (cm), ukuran 3R setara dengan 8,9 x 12,7 cm dan 3,5 x 5 dalam inci.

Apabila kamu ingin mencetak foto dengan ukuran 3R, gambar atau foto yang perlu disiapkan minimal harus berukuran 1051 x 1500 pixel. Hal ini berguna agar saat dicetak gambar tidak pecah.

3 dari 4 halaman

Macam-macam Ukuran Foto dan Contohnya

Ukuran Foto 4R

Nah, sedangkan pada ukuran foto 4R ukurannya lebih besar dibandingkan 3R. Kalau dalam satuan cm, ukuran foto 4R ini setara dengan 10,2 x 15,2 cm atau 4 x 6 dalam inci.

Apabila kamu ingin mencetak foto dengan ukuran 4R ini, maka kamu dianjurkan untuk menyiapkan ukuran gambar atau foto minimal 1205 x 1795 pixel agar gambar yang tercetak tidak pecah.

Ukuran Foto 5R

Tak berbeda jauh dengan ukuran foto 4R, macam-macam ukuran foto dan contohnya ini juga kerap dicetak dan dibingkai. Dalam satuan cm, ukuran foto 5R setara dengan 12,7 x 17,8 cm dan 5 x 7 dalam satuan inci.

Nah, untuk mencetak foto dengan ukuran ini, kamu perlu menyiapkan gambar dengan ukuran minimal 1500 x 2102 pixel.

Ukuran Foto 10R

Macam-macam ukuran foto dan contohnya, ukuran foto 10R merupakan ukuran foto yang cukup besar. Ukuran ini setara dengan 254 x 305 mm atau 10 x 12 inci. Nah, agar gambar tidak pecah saat dicetak, maka kamu perlu menyiapkan gambar dengan minimal 3000 x 3602 pixel untuk ukuran foto 10R atau 3000 x 4500 pixel untuk ukuran 10R plus.

4 dari 4 halaman

Cara Mengubah Ukuran Foto dengan Menggunakan Aplikasi Paint

Nah, setelah mengetahui macam-macam ukuran foto dan contohnya, selanjutnya kamu bisa mencoba mengedit sendiri foto yang ingin kamu cetak. Kamu bisa menggunakan aplikasi sederhana untuk mengubah ukuran foto dengan aplikasi Paint. Berikut cara mengubah ukuran foto dengan menggunakan aplikasi Paint.

1. Pilih gambar yang ingin kamu ubah ukurannya. Sebelumnya, perhatikan ukuran pixel pada foto.

2. Pada pilihan “menu”, pilih “ubah ukuran”.

3. Sesuaikan ukuran dengan ukuran yang kamu inginkan. Disini kamu bisa memilih “presentase” atau “pixel”.

4. Untuk mempertahankan keseimbangan gambar, centang checkbox “pertahankan rasio aspek”. Dengan begitu, ukuran panjang dan lebar akan menyesuaikan.

5. Kemudian klik “OK”.

6. Setelah ukuran telah disesuaikan , simpan gambar dengan cara menekan CTRL + S atau pilih “menu” kemudian pilih “save”. 7. Foto sudah siap untuk dicetak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini