Sukses

Kontribusi adalah Keterlibatan, Ketahui Manfaatnya

Kontribusi adalah salah satu bentuk partisipasi.

Liputan6.com, Jakarta Kontribusi adalah salah satu bentuk partisipasi. Dalam kehidupan sehari-hari, manusia saling bekerja sama untuk memenuhi kebutuhannya. Kontribusi adalah bentuk dari kerja sama dalam kehidupan.

Orang yang berkontribusi adalah orang yang memiliki keterlibatan terhadap suatu kepentingan. Kontribusi adalah peran penting untuk mencapai tujuan dengan cepat. Kontribusi adalah bagian yang terkait dengan pertumbuhan.

Selain itu, kontribusi adalah cara untuk memenuhi pencapaian. Sebuah kontribusi dapat mengambil banyak bentuk. Kontribusi adalah sumbangsih yang bisa dilakukan siapa saja.

Berikut pengertian kontribusi, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(01/11/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Apa itu kontribusi?

Kontribusi adalah keterlibatan, keikutsertaan, atau sumbangsih. Orang yang berkontribusi adalah orang yang melibatkan diri untuk meningkatkan efisiensi atau efektivitas. Kontribusi adalah keterlibatan yang bisa berupa materi atau tindakan.

Kontribusi adalah wujud sumbangsih yang bisa diberikan dalam bentuk pemikiran, kepemimpinan, kinerja, profesionalisme, finansial, dan lain sebagainya. Kontribusi adalah sesuatu yang diberikan bersama untuk tujuan bersama.

Kontribusi dalam pengertian sebagai tindakan yaitu berupa prilaku yang dilakukan oleh individu yang kemudian memberikan dapak baik positif maupun negatif terhadap pihak lain. Ketika memberikan kontribusi, itu berarti seseorang memberikan sesuatu. Baik itu uang, harta benda, atau waktu.

3 dari 8 halaman

Manfaat kontribusi

Manfaat dari kontribusi tidak hanya didapat bagi mereka yang menerima. Tetapi juga bagi diri sendiri dan masyarakat secara keseluruhan. Berikut manfaat dari kontribusi:

Melegakan

Penelitian telah menemukan bahwa setelah perbuatan baik dan tindakan kebaikan, orang melaporkan tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi. Berkontribusi terhadap sesuatu menjadi sebuah kelegaan tersendiri.

Orang yang memberi kontribusi kepada orang lain dan menjadi sukarelawan secara keseluruhan lebih bahagia, memiliki penyesuaian hidup yang lebih baik, dan cenderung melihat hidup lebih bermakna.

Membentuk hubungan baik

Hubungan lebih seimbang ketika tidak hanya fokus pada menerima. Kontribusi dan kebaikan dapat membantu merasa lebih terhubung dengan orang lain. Bahkan selama konflik dan argumen, kebaikan dapat menyatukan orang, serta memperbaiki dan menyembuhkan keretakan.

4 dari 8 halaman

Manfaat kontribusi

Lebih sehat secara fisik

Ada banyak penelitian dan sains di balik efek fisik dan manfaat dari kebaikan, altruisme, kontribusi, kemurahan hati, dan pemberian. Ini bisa menurunkan tekanan darah, mendukung umur panjang, baik untuk jantung, dan mencegah penyakit.

Membuat dunia menjadi tempat lebih baik

Kontribusi adalah bentuk untuk mewujudkan dunia menjadi tempat yang lebih baik. Itu salah satu manfaat utama dari kontribusi. Semakin ditingkatkan, semakin besar dampaknya dan kehidupan menjadi lebih baik.

5 dari 8 halaman

Manfaat kontribusi

Orang akan membalas kontribusi

Apa yang dikeluarkan, akan didapatkan kembali. Hukum timbal balik membuat sulit bagi manusia untuk tidak memberi kembali kepada mereka yang memberi. Bahkan jika itu tidak dibalas dengan cara yang diinginkan atau oleh orang yang diinginkan, orang yang memberi kontribusi masih menerimanya kembali dalam beberapa bentuk lain.

Memecahkan masalah

Salah satu manfaat dari kontribusi adalah dapat memecahkan masalah dan seringkali menjadi solusi sederhana untuk banyak konflik. Kontribusi adalah solusi sederhana dan mudah untuk banyak konflik. Bahkan ada begitu banyak konflik yang bisa dihindari jika ada kontribusi.

6 dari 8 halaman

Manfaat kontribusi

Lebih sukses

Ketika berkontribusi, orang-orang mengingat. Seseorang memiliki dampak positif yang bertahan lama pada mereka. Kesukarelawanan juga dapat memberi pengalaman karier dan dapat memaparkan pada peluang, orang, tempat, jaringan, organisasi, dan magang baru untuk kemajuan karier.

Merasa dihargai

Ketika berkontribusi, orang secara alami akan menghargai. Semua orang ingin menjadi dan merasa dihargai. Jika tidak merasa dihargai dalam suatu hubungan, hubungan itu kemungkinan besar tidak bahagia dan tidak memuaskan. Hal yang sama berlaku untuk pekerjaan.

7 dari 8 halaman

Manfaat kontribusi

Mengubah dan menumbuhkan

Melakukan sesuatu karena cinta, kemurahan hati, dan keinginan untuk memberi dan melayani, akan menumbuhkan diri. ni menantang dan membuat seseorang melangkah keluar dari zona nyaman.

Meningkatkan kepercayaan diri

Peningkatan kepercayaan diri adalah salah satu dari banyak manfaat kontribusi. Apa yang dilakukan dan bagaimana memperlakukan orang lain adalah cerminan diri sendiri. Berbuat baik kepada orang lain akan membuat seseorang melihat dirinya sebagai orang yang lebih baik yang meningkatkan kepercayaan diri.

8 dari 8 halaman

Pentingnya kontribusi

Inti dari kontribusi adalah hubungan. Karena melalui hubungan itulah sebagian besar dari orang memberikan kontribusi kepada dunia. Ketika tidak terlibat dalam komunitas melalui hubungan dan partisipasi, seseorang tidak dapat memberikan kontribusi penuh.

Bagian penting dalam membangun komunitas adalah keyakinan bahwa setiap orang memiliki kontribusi untuk diberikan. Kata kontribusi mengacu pada berbagi, memberi atau memberikan sesuatu yang bernilai kepada orang lain. Penting untuk menyadari bahwa semua orang memiliki hal-hal berharga untuk disumbangkan.

Setiap orang diperlukan agar komunitas mencapai kapasitas penuh mereka dan menjadi tempat tinggal yang hidup, aman dan menyenangkan. Kontribusi positif datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, tetapi yang terbaik membuat perbedaan material bagi kesuksesan tujuan.

Penting untuk memahami dan memfokuskan bakat, keterampilan, dan minat unik, dan kemudian mencari tempat di komunitas di mana dapat berbagi dan berkontribusi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.