Sukses

10 Tempat Wisata di Ambon yang Terkenal, Alam dan Kotanya Indah

Destinasi wisata Kota Ambon dan sekitarnya didominasi dengan keindahan pantai dan peninggalan sejarah.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Ambon saat ini sudah semakin terkenal. Hal ini dikarenakan memang Ambon memiliki pesona alam yang indah. Selain wisata alam, berwisata ke bagian Kota Ambon juga sangat menyenangkan.

Tempat wisata di Ambon yang terkenal terdapat pada keindahan pantainya yang. Sedangkan wisata Kota Ambon sarat akan nilai sejarah. Jadi, liburan ke Kota Ambon menjadi paket wisata lengkap dengan pengalaman yang seru.

Namun, keindahan alam di tempat wisata di Ambon masih belum banyak diketahui. Untuk itu, bagi kamu yang berencana menghabiskan waktu liburan dengan nuansa alam dan kota yang memukau, tempat wisata di Ambon bisa dijadikan pilihan.

Berikut tempat wisata di Ambon yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (1/1/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jembatan Merah Putih dan Benteng Ferangi

Jembatan Merah Putih

Tempat wisata di Ambon pertama yang wajib dikunjungi adalah Jembatan Merah Putih. Sebelum atau sesudah menikmati alam Ambon yang memesona, kamu wajib menyempatkan diri menikmati keindahan Jembatan Merah Putih (JMP).

Layaknya jembatan pada umumnya, JMP berfungsi sebagai penghubung antara lintas Poka dan Galala. Keberadaannya memudahkan akses transportasi bagi masyarakat Ambon.

Selain akses transportasi, JMP juga dijadikan sebagai pusat rekreasi bagi masyarakat lokal maupun luar kota. Banyak wisatawan yang mengabadikan momen dengan latar belakang JMP karena memiliki pemandangan yang sangat indah.

Keindahan diakibatkan oleh adanya lampu-lampu yang menyala menghiasi malam. Hal ini membuat JMP semakin enak untuk dinikmati.

Benteng Ferangi

Tempat wisata di Ambon bagian kota yang bisa kamu kunjungi selanjutnya adalah Benteng Ferangi. Benteng Ferangi Ambon merupakan salah satu penyebab terbentuknya Kota Ambon.

Benteng ini dibangun pada tahun 1575 pada masa penjajahan oleh Bangsa Portugis. Nama lain benteng ini adalah Benteng Victoria atau Benteng Kota Laha. Saat itu bangsa Portugis membangun Benteng Ferangi digunakan sebagai pusat pemerintahan.

3 dari 6 halaman

Museum Siwalima dan Masjid Wapauwe

Museum Siwalima

Apabila kamu ingin mengetahui cerita sejarah Kota Ambon, kamu bisa mengunjungi Museum Siwalima. Museum ini berisikan koleksi benda-benda seni budaya yang terdiri dari dua bangunan utama, yaitu museum etnografi dan museum kelautan.

Bangunan pertama berisikan dengan koleksi etnografi. Di sini kamu dapat melihat benda-benda yang berhubungan dengan seni dan budaya dari suku asli Maluku, mulai dari miniature rumah adat, pakaian tradisional, peralatan rumah tangga, hingga guci-guci peninggalan Jepang.

Kedua museum kelautan yang berjarak 500 meter dari museum koleksi etnografi. Bangunan ini berisikan benda-benda yang berhubungan dengan kehidupan laut masyarakat Maluku. Bagian bangunan ini memiliki koleksi tiga buah kerangka ikan raksasa yang berukuran sangat besar, berkisar 9 hingga 19 meter.

Masjid Wapauwe

Tempat wisata di Ambon selanjutnya merupakan destinasi bersejarah sekalgus objek wisata religi. Masjid Wapauwe merupakan masjid tertua di Maluku yang menjadi saksi persebaran Islam di Maluku dan sekitarnya.

Masjid Wapauwe sudah diabngun sejak 1414 Masehi juga menjadi masjid tertua kedua di Indonesia. Masjid ini dibuat dari pelepah sagu yang dikeringkan atau gaba-gaba dn beratapkan daun rumbia. Bentuk bangunan masjid ini bujur sangkar, dengan konstruksi bangunan induknya dirancang tanpa paku atau pasak.

4 dari 6 halaman

Pantai Pintu Kota dan Pantai Liang

Pantai Pintu Kota

Tempat wisata di Ambon bernuansa alam yang sudah terkenal adalah Pantai Pintu Kota. Bukan sekedar pantai biasanya, melainkan pantai ini memiliki karang raksasa.

Uniknya, ada lubang pada bagian tengah karang raksasanya tersebut. Megahnya karang raksasa dengan lubang di tengahnya menjadi pusat perhatian banyak wisatawan. Dari karang berlubang ini, kamu bisa melihat pamandangan laut Banda yang memesona.

Pantai Liang

Pantai Liang merupakan salah satu pantai favorit orang Ambon. Pantai ini berjarak skitar 30 kilometer dari Kota Ambon. Walaupun cukup jauh, pantai ini wajib dikunjungi, karena memiliki hamparan pasir putih yang memesona.

Pantai Liang memiliki akses yang dekat dengan pelabuhan, sehingga banyak yang menjadikannya lokasi untuk piknik. Selain menikmati keindahan Pantai Liang, kamu juga bisa berburu beragam kuliner sambil menikmati pemandangan pantai yang asri.

5 dari 6 halaman

Pulau Bair dan Goa Hawang

Pulau Bair

Tempat wisata di Ambon lainnya yang menawarkan keindahan alam adalah Pulai Bair. Pulau Bair sangat terkenal karena memiliki keindahan alam mirip dengan Raja Ampat yang ada di Papua. Pulau Bair juga memiliki gugusan pulau-pulau kecil.

Walaupun letaknya jauh dari Kota Ambon, namun kamu harus menyempatkan diri untuk mengunungi pulau ini. Kamu bisa menikmati keindahannya di pinggir pantai sambil menimmati keindahan laut dan pemandangan sekitarnya. Tanpa melakukan banyak aktivitas pun, kamu sudah merasa terpuaskan dengan menikmati pemandangannya yang benar-benar memesona.

Goa Hawang

Goa Hawang merupakan tempat wisata di Ambon yang tidak boleh terlewatkan. Goa ini terendam air laut memiliki keunikan yang wajib untuk dinikmati. Goa ini terendam di air laut dengan struktur bebatuan yang sangat memukau.

Di dalam goa terdapat sebuah kolam jernih berwarna kebiruan yang menjadi spot paling banyak diminati oleh wisatwan. Di sini kamu juga bisa menikmati pemandangan bawah permukaan air.

6 dari 6 halaman

Pulau Molana dan Pantai Ora

Pulau Molana

Destinasi selanjutnya yang menawarkan keindahan serta keunikan adalah Pulau Molana. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya terumbu karang, luasnya pasir putih, air laut yang jernih, dan koral yang menawan.

Pulau ini tergolong sebagai pulau tropis yang memiliki pesona hijau yang sangat memukau. Di tempat ini, terdapat tanaman bakau dan pepohonan yang rindang.

Pantai Ora

Pantai Orang memang bukan tempat wisata di Ambon. Namun, berkat keindahannya, pantai ini mengangkat nama Kota Ambon. Pantai ini terbilang masih sangat sepi.

Pantai Ora menawarkan pemandangan yang dhiasi oleh pegunungan di sekitarnya, air laut biru yang masih jernih, dan pepohonan yang rindang. Pemandangan ini membuat kamu dan pengunjung lainnya terpesona dan jatuh cinta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.