Sukses

14 Jenis Makanan Kelinci yang Bantu Jaga Kesehatan dan Pertumbuhannya

Simak aneka jenis makanan kelinci yang ada baiknya diberikan agar pertumbuhannya optimal.

Liputan6.com, Jakarta Hewan yang memiliki telinga panjang ini salah satu hewan favorit sebagai peliharaan. Agar kesehatannya selalu terjaga, perlu diperhatikan cara pemberian pakan yang benar. Salah-salah, justru membuat kesehatan kelinci bermasalah.

Sebenarnya, ada beragam jenis makanan kelinci yang umumnya mudah untuk didapat. Bahkan, beberapa jenis makanan kelinci bisa didapatkan dengan cuma-cuma. Salah satunya adalah rumput yang banyak tumbuh di lingkungan tempat tinggal.

Kendati mudah mendapatkan jenis makanan kelinci, bukan berarti satu jenis makanan kelinci cukup untuk memenuhi kebutuhan akan nutrisinya. Perlu adanya kombinasi jenis makanan kelinci. Sebab, tiap jenis makanan kelinci memiliki kandungan yang berbeda-beda di dalamnya.

Bahkan, dengan memberi makanan dengan jenis yang berbeda-beda, bisa mencegah kelinci peliharaan jadi bosan terhadap tekstur dan rasa makanan tertentu. Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, aneka jenis makanan kelinci yang bernutrisi dan mudah didapatkan, Jumat (15/1/2021).

2 dari 8 halaman

Jenis Makanan Kelinci

1. Wortel

Salah satu jenis makanan kelinci yang pertama yaitu wortel. Makanan ini sangat identik dengan kelinci. Di dalam wortel sangat banyak mengandung vitamin A yang ternyata dibutuhkan oleh seekor kelinci. Maka tidak heran, jika sangat dianjurkan untuk memberi kelinci wortel terutama yang masih muda. Pemberian makanan ini akan membantu untuk membuat nafsu makan kelinci meningkat.

 

2. Rumput atau Hay

Selanjutnya, rumput atau hay adalah jenis makanan kelinci yang juga banyak diberikan. Jika sulit mendapatkan rumput segar, maka Anda bisa memberi hay. Hay sendiri merupakan jerami. Jerami atau rumput kering masih memiliki banyak kandungan nutrisi, maka bisa jadi pilihan yang tepat bagi kelinci. Salah satu jenis makanan kelinci ini mengandung vitamin A, D, kalsium, protein serta banyak nutrisi lainnya.

Namun, pemberian rumput atau jerami tergantung pada usia dan berat kelinci. Kelinci dewasa butuh lebih sedikit kalori dan protein dibanding bayinya. Bayi kelinci harus diberi makan rumput alfalfa lebih banyak. Sedangkan untuk kelinci dewasa, beri campuran rumput kebun, timothy (keduanya kaya serat), oat, rumput kering, serta rumput Bermuda.

3 dari 8 halaman

Jenis Makanan Kelinci

3. Selada

Selada adalah salah satu jenis makanan kelinci yang bisa diberikan baik mentah atau matang. Kandungan mineral dan vitamin di dalam jenis makanan kelinci ini sangat tinggi. Maka, akan sangat cocok dijadikan sebagai salah satu makanan kelinci.

 

4. Kangkung

Kangkung bisa jadi alternatif jenis makanan kelinci yang bagus untuk menunjang kesehatannya. Dapat semakin baik apabila kangkung diberikan sebanyak satu kali seminggu agar kebutuhan gizinya tercukupi.

4 dari 8 halaman

Jenis Makanan Kelinci

5. Tomat

Berikutnya adalah tomat yang sarat dengan vitamin dan antioksidan yang berguna bagi pertumbuhan serta kesehatan kelinci. Selain itu, jenis makanan kelinci ini juga sangat baik untuk mengatasi sembelit pada kelinci. Beri tomat sebanyak satu kali pada pagi atau siang hari.

 

6. Ubi Jalar

Di dalam ubi jalar sangat kaya akan kandungan kalori, serat, vitamin juga mineral. Konsumsi jenis makanan kelinci ini mampu mencegah kelebihan lemak pada kelinci. Selain itu, ubi jalar juga ampuh untuk mengobati kelinci yang sembelit. Dosis pemberian pakan berupa ubi jalar ini, cukup seminggu sekali.

5 dari 8 halaman

Jenis Makanan Kelinci

7. Biji-bijian

Aneka jenis biji bunga matahari, biji jagung, serta biji kacang-kacangan, cocok dijadikan makanan kelinci. Tapi, sebelum diberikan pada kelinci, jangan lupa untuk menghaluskannya terlebih dahulu. Jangan terlalu berlebihan dalam memberikannya, cukup 200-300 gram per hari.

 

8. Apel

Selain itu, buah apel juga cocok sebagai makanan kelinci. Di dalam jenis makanan kelinci ini sangat kaya akan serat. Tapi, jangan terlalu sering memberi apel, karena tinggi gula. Selain itu, potong dahulu apel yang akan diberikan dan bersihkan dari biji serta batang.

6 dari 8 halaman

Jenis Makanan Kelinci

9. Brokoli

Brokoli mengandung nutrisi yang bagus bagi kesehatan kelinci. Beberapa kandungan di dalam brokoli seperti glucoraphanin, vitamin A, kalium, vitamin E, magnesium, vitamin B6, vitamin C dan serat.

 

10. Kulit Pepaya

Ternyata, kulit pepaya bisa jadi salah satu jenis makanan kelinci. Namun, jenis makanan kelinci ini bukan sebagai pakan utama. Kulit pepaya bisa dijadikan kudapan kelinci. Tapi, pemberian kulit pepaya harus dibatasi. Ditakutkan bisa memengaruhi selera makan kelinci, terutama jika kulit pepaya dicampur ke dalam ransum yang diberikan.

7 dari 8 halaman

Jenis Makanan Kelinci

11. Daun Pepaya atau Lobak

Jenis makanan kelinci selanjutnya adalah daun pepaya dan daun lobak. Daun pepaya memiliki kandungan mineral dan vitamin yang bagus untuk kesehatan kelinci, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalori, lemak, besi, kalsium serta fosfor. Kemudian, daun lobak baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh kelinci.

 

12. Kulit nanas

Kulit nanas bisa dimanfaatkan sebagai salah satu jenis makanan kelinci. Caranya dengan memotong kulit nanas agar sesuai ukuran mulut kelinci. Lalu dicuci dengan air garam dan rendam kurang lebih 20 menit. Jangan lupa untuk ditiriskan kemudian dijemur hingga kering.

8 dari 8 halaman

Jenis Makanan Kelinci

13. Seledri

Seledri merupakan salah satu jenis makanan kelinci yang kaya vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan dan pertumbuhan kelinci. Tekstur batang seledri yang renyah, juga membuat salah satu jenis sayuran ini digemari kelinci.

 

14. Pelet Khusus

Selain jenis makanan kelinci dari bahan alami, ada juga jenis makanan kelinci buatan seperti pelet Pelet mampu membantu penyembuhan serta meningkatkan berat badan kelinci. Tapi jangan diberikan pada kelinci terlalu sering. Pasalnya, apabila ada tekstur pelet yang kurang sesuai dengan sistem pencernaan kelinci, kualitas kurang terjamin, serta memberi pelet berlebihan, bisa menyebabkan kelinci mencret dan dehidrasi. Jika dibiarkan, bisa berakibat fatal berupa kematian.

Video Terkini