Sukses

13 Jenis Bunga Hias Kecil, Cocok untuk Pot Mini dan Media Air

Ada tanaman udara, baby tears, bambu hoki, pakis, begonia, dan masih banyak lagi.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rencana mempercantik ruangan, simak apa saja jenis bunga hias kecil yang cocok ditanam di pot mini dan media air. Pot mini dan media air membuat perawatan jenis bunga hias kecil dalam ruangan mudah dilakukan dan menghemat tempat.

Apa saja jenis bunga hias kecil itu? Kolektor perlu memahami, mayoritas jenis bunga hias kecil ini memiliki karakteristik daun kecil, tebal, dan menyukai cahaya matahari tidak langsung yang cukup. Ada tanaman udara, baby tears, bambu hoki, pakis, begonia, dan masih banyak lagi.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang jenis bunga hias kecil, Senin (24/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jenis Bunga Hias Kecil di Pot Mini dan Media Air

1. Tanaman Udara (Tillandsia)

Tillandsia atau tanaman udara adalah jenis bunga hias kecil yang cocok digantung atau diletakkan di terarium. Saat memutuskan menanam, pastikan sirkulasi udara baik dan cahaya terang tidak langsung tercukupi.

Melansir Pro Flowers, tanaman udara memiliki beragam varietas dengan beragam ukuran. Paling populer dari jenis bunga hias kecil ini dijual mulai dari yang ukuran 5-12 cm.

2. Baby Tears

Baby tears adalah jenis bunga hias kecil yang punya banyak daun kecil merambat dan membentuk alur padat namun halus di sepanjang batangnya. Melansir The Spruce, baby tears adalah salah satu tanaman hias yang bisa ditanam di air.

Saat memutuskan menanam, perhatikan daun yang terendam dalam waktu lama mungkin akan membusuk secara perlahan.

Dianjurkan mengganti air setiap minggu untuk menghilangkan daun yang mengambang di air. Setelah akar terbentuk dengan baik, biarkan ketinggian airnya turun dan memberikan kelembapan ke tanaman.

3. Bambu Hoki

Bambu hoki adalah jenis bunga hias kecil yang bisa ditanam di tanah dan air. Kolektor biasa membentuk bambu hoki menjadi spiral atau bentuk anyaman.

Melansir The Sprice, bambu hoki bisa semakin berat dan membutuhkan lebih dari sekadar air untuk tetap kokoh.

Direkomendasikan menambah media kerikil atau batu berwarna-warni. Selain mengokohkan, ini menambah nilai ornamen agar semakin cantik dan enak dipandang.

4. Pakis Asparagus (Asparagus Fern)

Pakis asparagus adalah jenis bunga hias kecil yang punya daun hijau lebat yang tumbuh menyebar mirip miniatur hutan. Tanaman ini memiliki tinggi rata-rata hanya sekitar 30 cm sampai 1 meter saja.

Melansir House Beautiful, pakis asparagus adalah jenis bunga hias kecil yang menyukai sinar matahari tidak langsung dan menyukai air. Kolektor biasa menaruhnya pada pot gantung, standing pot, atau pada pot keranjang anyaman untuk memberi kesan boho.

3 dari 4 halaman

Jenis Bunga Hias Kecil di Pot Mini dan Media Air

5. Sirih Gading (Pothos)

Golden pothos adalah jenis bunga hias kecil. Melansir CNN, Sirih gading mampu menghasilkan oksigen secara cepat, cocok diletakkan dalam ruangan. Jenis bunga hias kecil satu ini cocok diletakkan di kantor, ruang kerja, maupun ruang tamu.

6. Echeveria

Echeveria adalah jenis bunga hias kecil yang memiliki karakter daun bertumpuk mirip kubis dan corak warna-warni. Melansir CNN, echeveria bisa tumbuh mencapai 30 cm bergantung dari varietasnya.

Jenis bunga hias kecil satu ini tidak terlalu menyukai air, jadi siram secukupnya saat memutuskan menanamnya. Echeveria bisa diletakkan pada terarium atau wadah kaca transparan. Tertarik mengoleksinya?

7. Begonia

Begonia adalah jenis bunga hias kecil yang punya batang tebal dan segar, cocok ditanam di air. Melansir The Spruce, begonia rex dan tuberous bisa tumbuh di air hanya dengan satu daun untuk memulai tanaman baru.

Perhatikan, apabila ditanam dengan air direkomendasikan mengganti air setiap minggu untuk mencegah bakteri yang dapat menyebabkan pembusukan dan menghambat pertumbuhan tanaman.

8. Tanaman Giok (Jade Plant)

Tanaman giok adalah jenis bunga hias kecil yang daunnya tebal, hijau tua mengilap, dan berbentuk oval. Melansir CNN, tanaman giok merupakan simbol kekayaan dan kemakmuran. Dibandingkan dengan banyak tanaman lain, tanaman giok tergolong tumbuh lambat, sekitar 5-20 cm saja per tahun.

4 dari 4 halaman

Jenis Bunga Hias Kecil di Pot Mini dan Media Air

9. Coleus

Coleus adalah jenis bunga hias kecil yang cocok ditanam di air dan banyak varietasnya. Melansir The Spruce, cara menanamnya ambil potongan tanaman sepanjang sekitar 15 cm, kemudian lepaskan daun-daun di 10 cm bagian bawahnya.

Tempatkan potongan dalam gelas atau vas air dan akan terlihat akar mulai terbentuk dalam beberapa minggu. Tambahkan sedikit teh kompos ke dalam air setiap bulan untuk membantu tanaman coleus berkembang lebih subur.

10. Chinese Money Plant (Pilea)

Pilea adalah jenis bunga hias yang punya bentuk daun bulat, mirip uang koin. Pilea bisa tumbuh hingga mencapai tinggi maksimal sekitar 30 cm. Melansir CNN, merawat pilea susah-susah gampang.

Pemilik atau kolektor jenis bunga hias kecil satu ini, harus memantau kondisi tanah agar tidak terlalu kering maupun lembap. Pilea adalah jenis bunga hias kecil yang sangat menyukai sinar matahari tak langsung agar bisa tumbuh lebih subur.

11. Peperomia

Peperomia adalah jenis bunga hias kecil yang berbatang tebal dan daun berdaging. Melansir CNN, Daun peperomia tumbuh rapat dan berkelompok, memiliki rata-rata tinggi mencapai 15-30 cm saja. Jenis bunga hias kecil satu ini mampu bertahan dalam waktu lama meski jarang mendapatkan air.

12. Philodendron

Philodendron adalah jenis bunga hias kecil yang cocok ditanam di air. Melansir The Spruce, Philodendron dapat tumbuh di semua kondisi cahaya, tetapi jika pertumbuhan batangnya terlihat lebih banyak daripada daun, jangan abaikan. Direkomendasikan untuk menempatkan jenis bunga hias kecil di posisi dengan cahaya lebih terang akan meningkarkan meningkatkan pertumbuhannya.

13. Tradescantia

Tradescantia adalah jenis bunga hias kecil yang mudah tumbuh di air, cocok ditaruh dalam ruangan. Melansir The Spruce, saat memutuskan menanamnya perhatikan baik-baik simpul daun di sepanjang batang. Akan terlihat inti akar siap untuk tumbuh. Masukkan beberapa batang ke stoples, vas atau wadah lainnya yang berisi air untuk menjaga tanaman ini tetap tumbuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.