Sukses

7 Manfaat Saffron untuk Tubuh, Bisa Tangkal Radikal Bebas

Dinobatkan sebagai rempah-rempah termahal di dunia, Saffron ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Kuma-kuma atau Saffron merupakan rempah-rempah yang diambil dari tanaman Crocus sativus L. Kini, di Saffron ini sedang menjadi rempah-rempah yang diincar oleh banyak orang di berbagai belahan dunia. Manfaat saffron untuk kesehatan cukup banyak. 

Sejak dahulu, Saffron sudah sering digunakan sebagai bumbu nasi biryani. Kini seiring dengan perjalanan waktu, ternyata banyak manfaat saffron untuk kesehatan yang bisa diperoleh saat mengonsumsinya. Salah satu manfaat Saffron yang paling digemari adalah antioksidannya yang tinggi sehingga mampu menangkal radikal bebas.

Kemudian, selain itu Saffron juga dipercaya dapat mengatasi bekas jerawat yang ada di kulit wajah. Saffron juga banyak dijual sebagai masker siap pakai. Dengan pemakaian kandungan Saffron secara rutin bisa membawa dampak yang baik untuk kulit.

Berikut ini merupakan manfaat Saffron untuk tubuh yang dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Senin (12/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Saffron untuk Tubuh

1. Mengandung antioksidan tinggi

Salah satu manfaat saffron untuk tubuh yakni memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Crocetin, kaempferol, crocin, dan safranal adalah beberapa jenis antioksidan dalam saffron yang mampu dijadikan sebagai penangkal radikal bebas. 

Radikal bebas merupakan senyawa yang bisa berbahaya apabila dibiarkan menumpuk akibat paparan lingkungan. Dengan tingginya radikal bebas dalam tubuh, bisa meningkatkan resiko kerusakan sel-sel pada kulit. Bahkan, radikal bebas juga dikenal sebagai pemicu penuaan dini. 

2. Mampu mengatasi iritasi kulit

Tak hanya efektif dalam menangkal radikal bebas, namun kandungan antioksidan crocin, crocetin, dan kaempferol yang terdapat pada Saffron juga mampu mengatasi iritasi kulit. Dengan konsumsi Saffron yang rutin bisa meningkatkan kekebalan tubuh sehingga kulit menjadi tidak mudah iritasi.

3 dari 5 halaman

Manfaat Saffron untuk Tubuh

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Dengan tingginya kandungan antioksidan seperti crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol membuat Saffron bisa meningkatkan daya tahan tubuh anda. Crocin dan Crocetin punya sidat antidepresan, sehingga mampu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan progresif dan peradangan. Safranal juga mampu meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik, sehingga mampu mempengaruhi kemampuan berpikir seseorang. 

4. Mampu meningkatkan gairah seksual

Konsumsi Saffron secara rutin juga mampu meningkatkan gairah seksual. Di jaman dahulu, bunga Saffron kerap digunakan sebagai bunga mandi oleh para bangsawan Mesir karena khasiatnya dipercaya mampu mengatasi semua permasalahan gastrointestinal. Kini berdasarkan penelitian terkini, Saffron dinyatakan mampu meningkatkan gairah seksual baik untuk laki-laki maupun perempuan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Saffron untuk Tubuh

5. Mengatasi bekas jerawat

Salah satu manfaat Saffron untuk kecantikan yakni rempah-rempah ini dipercaya bisa mengatasi bekas jerawat. Terlebih lagi jika Saffron diolah dan dicampur dengan susu sebagai masker wajah. Dengan menggunakan masker wajah Saffron dan susu juga membuat wajah menjadi lebih halus dan kencang. Cara membuat masker wajah saffron: 

- Siapkan 3-4 helai saffron dan ¼ gelas susu cair putih. 

- Rendam helaian saffron dalam susu dan biarkan saffron meresap dengan susu selama sekitar 2 jam. 

- Oleskan masker wajah saffron dan susu pada area wajah dan leher Anda. Tetapi, hindari area mata dan bibir. 

- Diamkan selama 10-15 menit. 

- Anda dapat menggunakan masker saffron dan susu untuk mengatasi bekas jerawat sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. 

 

6. Ampuh mengatasi lingkar hitam di bawah mata

Ketika mengalami insomnia atau kesulitan untuk tidur, biasanya membuat timbulnya lingkaran di sekitar mata menjadi menghitam. Hal ini biasanya bisa mengganggu penampilan karena membuat anda nampak lesu dan kurang tidur.

Untuk mengatasi hal ini, anda bisa menggunakan Saffron untuk mencerahkan kulit di sekitar area mata akibat kurang tidur.  Anda hanya perlu menyiapkan 2-3 helai saffron dan 2 sendok makan air. Kemudian, lakukan cara membuat saffron untuk mengatasi lingkaran hitam di sekitar mata berikut ini. 

- Rendam saffron dalam air selama semalaman. Kemudian, pada keesokan paginya, haluskan saffron sampai lembut dan larut sepenuhnya dengan air. 

- Oleskan pada area bawah mata dan diamkan selama 15-20 menit. 

- Jika sudah, bilas dengan air bersih. 

5 dari 5 halaman

Manfaat Saffron untuk Tubuh

7. Bisa mencerahkan kulit

Rutin mengonsumsi Saffron juga mampu membuat kulit anda lebih bercahaya. Dengan Saffron yang sudah diekstrak menjadi minyak esensial mampu melancarkan sirkulasi pada darah sehingga kulit menjadi lebih cerah dan tampak bercahaya. 

Hal ini terjadi lantaran dengan diubahnya Saffron menjadi minyak esensial bisa membuatnya lebih mudah diserap oleh kulit. Anda bisa menyiapkan 3-4 helai saffron dan 1 sendok makan minyak zaitun. Selain minyak zaitun, Anda juga dapat menggunakan minyak esensial lainnya, seperti minyak almond, minyak wijen, atau minyak kelapa. Kemudian, lakukan langkah pengaplikasiannya pada wajah berikut ini:

- Campurkan helaian saffron dan minyak zaitun. 

- Oleskan campuran saffron dan minyak zaitun ke seluruh permukaan wajah seraya memijatnya dengan gerakan memutar searah jarum jam.

-. Anda dapat mendiamkan masker saffron selama 1 jam lalu bilas menggunakan air bersih. Atau Anda bisa menggunakannya sebagai masker overnight di malam hari, lalu membilasnya dengan air bersih pada keesokan paginya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini