Sukses

Pasteurisasi adalah Proses Pemanasan Makanan, Kenali Cara Kerjanya

Pasteurisasi adalah salah satu teknik pengawetan makanan modern.

Liputan6.com, Jakarta Pasteurisasi adalah salah satu jenis pengolahan makanan dan minuman. Tujuan pasteurisasi adalah untuk membunuh mikroba berbahaya dalam makanan. Pasteurisasi adalah proses yang memanfaatkan energi panas untuk proses pengolahan.

Biasanya, pasteurisasi adalah proses yang diterapkan pada bahan makanan atau minuman mentah seperti susu dan telur. Selain membunuh patogen, pasteurisasi adalah cara untuk membuat makanan atau minuman lebih tahan lama.

Pasteurisasi adalah salah satu teknik pengawetan makanan modern. Manfaat pasteurisasi membuat makanan terhindar dari patogen berbahaya. Berikut pengertian tentang pasteurisasi, cara kerja, dan manfaatnya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (10/12/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Mengenal pasteurisasi

Melansi Britannica, pasteurisasi adalah proses perlakuan panas yang menghancurkan mikroorganisme patogen pada makanan dan minuman tertentu. Melansit ThpughtCo, Pasteurisasi adalah proses penerapan panas rendah untuk membunuh patogen dan menonaktifkan enzim pembusuk.

Menurut Food and Drug Administration, pasteurisasi adalah proses pemanasan setiap partikel susu atau produk susu dalam peralatan yang dirancang dan dioperasikan dengan benar ke salah satu kombinasi waktu-suhu pasteurisasi yang ditentukan.

Menurut International Dairy Foods Association, pasteurisasi adalah proses yang menerapkan panas untuk menghancurkan patogen dalam makanan. Untuk industri susu, "pasteurisasi" dan istilah serupa berarti proses pemanasan setiap partikel susu atau produk susu, dalam peralatan yang dirancang dan dioperasikan dengan benar, ke salah satu suhu yang diberikan dalam bagan berikut dan ditahan terus menerus pada atau di atas suhu tersebut untuk setidaknya waktu tertentu yang sesuai.

3 dari 7 halaman

Sejarah penemuan pasteurisasi

Pasteurisasi adalah teknik yang ditemukan pada abad ke-19. Proses pemanasan rendah ini dinamai sesuai dengan nama ilmuwan Louis Pasteur, yang menerapkan panas untuk menghancurkan patogen dalam makanan. Pada 1864, Pasteur mengembangkan teknik untuk memanaskan anggur hingga 50–60 °C sebelum menua untuk membunuh mikroba dan mengurangi keasaman.

Eksperimen Pasteur menunjukkan partikel di udara, sebagai lawan dari udara murni, menyebabkan pembusukan makanan. Penelitian Pasteur menunjukkan mikroorganisme sebagai penyebab pembusukan dan penyakit, yang pada akhirnya mengarah pada Teori Kuman Penyakit.

4 dari 7 halaman

Produk yang dipasteurisasi

Pasteurisasi dapat diterapkan pada padatan dan cairan yang dikemas dan tidak dikemas. Pasteurisasi umumnya digunakan untuk jenis makanan seperti telur dan susu. Contoh produk yang menerapkan pasteurisasi adalah:

- Bir

- Produk kalengan

- Produk susu

- Telur

- Jus buah

- susu

- Kacang-kacangan

- Sirup

- Cuka

- Air

- Anggur

5 dari 7 halaman

Cara kerja pasteurisasi

Konsep dasar di balik pasteurisasi adalah bahwa panas membunuh sebagian besar patogen dan menonaktifkan beberapa protein, termasuk enzim yang bertanggung jawab atas pembusukan makanan. Pasteurisasi paling umum dilakukan dalam suhu 72°C selama 15 detik. Proses perlakuan panas rendah dan pendinginan dirancang untuk menghambat perubahan fasa produk.

Waktu dan suhu pasteurisasi bergantung pada komposisi kimia makanan yang dipasteurisasi. Tetapi pasteurisasi jarang membutuhkan produk untuk dipanaskan melebihi 100 C. Periode panas tinggi yang singkat ini cukup untuk membunuh hampir semua spora bakteri yang hidup dalam produk makanan atau minuman.

Makanan dapat dipasteurisasi dengan dua cara: sebelum atau setelah dikemas ke dalam wadah. Dalam kebanyakan kasus, proses pasteurisasi melibatkan produk perlakuan panas, biasanya dengan uap atau perendaman dalam air panas. Proses pemanasan dikontrol dengan sangat hati-hati. Ini harus cukup panas untuk menyelesaikan pekerjaan, tetapi tidak terlalu panas sehingga mengubah produk.

Setelah suatu produk mencapai suhu targetnya, suhu tersebut ditahan untuk waktu yang ditentukan. Sekali lagi, ini diatur dengan sangat hati-hati untuk menjaga kualitas produk. Setelah periode waktu berakhir, suhu diturunkan kembali ke tingkat yang diinginkan. Pasteurisasi adalah metode yang efektif dalam menghancurkan patogen manusia atau mengurangi kehadirannya ke tingkat yang aman.

 

6 dari 7 halaman

Manfaat pasteurisasi

Umur simpan yang lebih lama

Beberapa bakteri dan mikroorganisme lainnya dapat menyebabkan produk makanan memburuk lebih cepat. Pasteurisasi mampu menonaktifkan bakteri dan mikroorganisme penyebab makanan cepat membusuk. Ini pada akhirnya bisa memperpanjang masa simpan makanan atau minuman.

Menghilangkan bakteri berbahaya

Pasteurisasi bermanfaat untuk menghilangkan bakteri berbahaya seperti Listeria, Salmonella, Listeria, Staphylococcus aureus, Yersinia, Campylobacter, dan Escherichia coli. Ini dapat mencegah penyakit seperti demam berdarah, TBC, brucellosis, dan difteri.

Mencegah penyakit

Beberapa produk makanan adalah tempat berkembang biaknya mikroba, yang berarti bahwa pasteurisasi adalah cara untuk mencegahnya berkembang. Menghilangkan organisme yang menyebabkan penyakit tersebut sangat penting untuk memastikan produk aman untuk konsumsi umum. Misalnya, telur diketahui menyebarkan salmonella dan flu burung, dan pasteurisasi membunuh organisme penyebab penyakit tersebut.

7 dari 7 halaman

Manfaat pasteurisasi

Pensterilan makanan yang aman

Ada banyak cara untuk membersihkan produk makanan, tetapi hanya sedikit yang secepat atau seaman pasteurisasi. Dengan pasteurisasi, suhu produk dinaikkan cukup untuk menghancurkan mikroorganisme yang mungkin ada. Metode lain mungkin melibatkan perawatan kimia atau radiasi.

Kualitas produk yang konsisten

Dengan menghilangkan kontaminan yang mudah menguap, produk menjadi lebih stabil. Ini membuat kualitas produk tidak berubah. Karena perlakuan panas yang relatif ringan, pasteurisasi menyebabkan perubahan kecil pada karakteristik nutrisi dan sensorik sebagian besar makanan. Pasteurisasi hanya menyebabkan kehilangan nutrisi kecil dalam susu dan tidak dianggap signifikan bagi kesehatan manusia.

Potensi peningkatan rasa dan aroma

Dalam beberapa kasus, proses pasteurisasi dapat meningkatkan bau dan rasa produk. Seringkali, makanan dan produk lain mungkin memiliki bakteri yang menghasilkan bau tidak sedap dari waktu ke waktu, tetapi tidak selalu berdampak pada kualitas produk. Menghilangkan bakteri tersebut dapat menciptakan rasa dan aroma yang berbeda.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.