Sukses

9 Manfaat VCO yang baik untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Simak beragam manfaat VCO yang baik bagi tubuh berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat VCO atau virgin coconut oil cukup besar bagi kesehatan tubuh. Namun perlu diketahui, jika terdapat beberapa perbedaan mendasar VCO dengan minyak kelapa biasa. Perbedaan ini terutama ada pada sumber yang digunakan untuk membuat VCO dan metode ekstraksi yang digunakan.

Jika dilihat proses ekstrasinya, ada berbedaan yang cukup signifikan. Pasalnya, proses ekstrasi yang dilakukan pada minyak kelapa biasa diekstrak menggunakan metode kompresi dingin atau pemerasan dengan suhu dingin dari kopra. Lalu proses akhir dididihkan agar didapatkan minyak dari hasil didihan berupa uap air.

Beda halnya untuk mendapatkan manfaat VCO, di mana dari prosesnya saja sangat berbeda. Bahan mentah dan proses ekstraksinya tidak menggunakan atau melibatkan proses pemanasan. Maka dari itu, dari seluruh proses pembuatan VCO yang paling penting adalah memastikan bahwa seluruh bahan mentah tidak terkena panas atau sinar matahari.

Untuk mengetahui lebih jauh apa saja manfaat VCO, berikut ini Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Jumat (8/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat VCO

1. Menjaga sistem pencernaan

Manfaat VCO yang pertama yaitu untuk menjaga sistem pencernaan. Sebenarnya, manfaat VCO ini tidak lepas dari kandungan yang juga ada di minyak kelapa.

Sejak dahulu, minyak kelapa dipercaya sangat bermanfaat untuk masalah pencernaan seperti konstipasi. Maka tidak heran, jiak manfaat VCO sendiri juga akan sangat berguna untuk melawan bakteri tidak sehat yang ada dalam sistem pencernaan, dan juga akan membantu penyerapan nutrisi di dalam tubuh.

2. Jaga kesehatan kelenjar tiroid

Banyak orang yang percaya jika mengonsumsi virgin cocout oil atau VCO bisa membantu terhindar dari berbagai gejala hypothyroidism. Meski begitu, dari beberapa bukti ilmiah yang ada cukup berlawanan dengan hal tersebut. Pasalnya, banyak orang dengan hypothyroidism dapat sukses memperbaiki atau membalikkan hypothyroidism mereka dan berhenti menggunakan obat-obatan.

Akan tetapi, yang sangat perlu diingat adalah manfaat VCO tersebut bisa saja bekerja pada Anda namun tidak di orang lain. Maka, ada baiknya untuk konsultasi ke dokter sebelum konsumsi dari VCO tersebut.

3. Menyehatkan kulit

Salah satu manfaat VCO bisa menyehatkan dan menjaga kelembapan kulit. Lembapnya kulit sebenarnya menjadi salah satu kunci agar kulit tetap muda dan sehat. Menggunakan VCO bisa dijadikan alternatif pengganti lotion sebagai pelembab yang lebih sehat dan alami. Saat menggunakan virgin coconut oil, juga akan berperan untuk membantu melawan bakteri serta masalah kulit lainnya seperti ruam, dermatitis, jerawat, keriput, eczema, bahkan psoriasis.

3 dari 4 halaman

Manfaat VCO

4. Menjaga kesehatan rambut

Manfaat VCO juga bisa digunakan untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala serta rambut Anda. Pasalnya, manfaat VCO ini dihasilkan dari kandungan yang akan memperkuat kelenjar dan mencegah kehilangan protein saat rambut mengalami pencucian.

5. Turunkan berat badan

Dalam sebuah studi menemukan, bahwa wanita yang mengonsumsi virgin coconut oil setiap hari akan mendapat manfaat berupa pengurangan lemak yang signifikan terutama di daerah perut.

Mungkin Anda bingung, sebab minyak kelapa adalah salah satu jenis lemak. Kendati demikian, manfaat VCO justru akan membantu Anda dalam menurunkan berat badan dan mencegah lemak jahat yang ada di dalam tubuh.

Pasalnya, di dalam VCO ada kandungan jaringan lemak asam medium yang dapat digunakan oleh tubuh supaya dirubah jadi energi dan mecegah agar tidak tersimpan sebagai lemak. Lalu, dampaknya juga akan membantu peningkatan metabolisme sehingga pembakaran lemak semakin tinggi dan berat badan turun.

6. Mencegah infeksi

Apabila diaplikasikan pada luka dan lebam, manfaat VCO akan sangat membantu dalam mencegah paparan kuman dan bakteri lebih lanjut yang bisa saja menjangkiti luka. Dengan begitu, luka akan terhindar dari risiko infeksi yang tentu berbahaya.

4 dari 4 halaman

Manfaat VCO

7. Percepat penyembuhan luka

Selain mencegah infeksi, berdasarkan sebuah studi yang dilakukan pada tikus untuk merawat lukanya, manfaat VCO atau virgin coconut oil ternyata berdampak pada proses penyembuhan luka yang lebih cepat. Maka jika ingin luka cepat sembuh, ada baiknya untuk menggunakan VCO tersebut.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kkonsumsi minyak kelapa juga memiliki manfaat dalam membantu melawan penyakit. Pasalnya, manfaat VCO ini berasal dari kandungan anti-virus, anti-jamur, serta anti-bakterinya. Apabila Anda sedang berusaha melawan virus atau ingin terhindar dari berbagai jenis infeksi, ada baiknya untuk mengonsumsi minyak tersebut.

9. Bantu menyamarkan stretch mark

Selanjutnya, manfaat VCO yang terakhir, sangat berguna untuk mencegah dan menyamarkan stretch mark saat hamil. Apabila Anda memang sudah memiliki stretch mark di beberapa bagian tubuh, coba untuk mengoleskan virgin coconut oil pada area tersebut. Penggunaan minyak kelapa murni ini akan sangat membantu dalam menyamarkan bekas tidak sedap dipandang tersebut.

Nah, itu tadi berbagai manfaat VCO yang bisa didapatkan bagi tubuh. Selamat mencoba, ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.