Sukses

5 Doa Abis Sholat Subuh, Lengkap Dzikirnya

Membaca doa abis sholat Subuh adalah anjuran Rasulullah SAW.

Liputan6.com, Jakarta - Doa abis sholat Subuh menjadi amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Setelah selesai sholat Subuh, membaca doa dan dzikir bisa mendatangkan keberkahan dari Allah SWT dan menjadikan ibadah sholat Subuh lebih sempurna.

Membaca doa abis sholat Subuh adalah anjuran Rasulullah SAW dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dari Anas sebagai berikut:

“Barangsiapa yang shalat subuh berjamaah, kemudian ia duduk dan berdzikir hingga terbit matahari. Setelah itu, ia shalat dua rakaat. Sungguh ia akan memperoleh ganjaran seperti orang yang mengerjakan haji dan umrah secara sempurna.” (HR Tirmidzi dari Anas)

Dalam buku berjudul Dzikir Pagi & Petang dan Sesudah Shalat Fardhu, doa abis sholat Subuh yang dianjurkan dibaca adalah doa-doa memohon ilmu yang bermanfaat, kelapangan rezeki, hingga memohon perlindungan dari api neraka.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an surat al-Isra ayat 78 yang artinya:

“Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) Subuh. Sesungguhnya Sholat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (QS. al-Isra ayat 78)

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang doa abis sholat Subuh yang dimaksudkan lengkap dzikirnya, Minggu (14/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Memohon Ilmu

Ummu Salamah RA meriwayatkan, Rasulullah memanjatkan doa abis sholat Subuh sebagai berikut:

 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ رِزْقًا طَيِّبًا وَعِلْمًا نَافِعًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allaahumma inni as-aluka rizqan thayyiban wa ilman naa fi'aan wa amalan mutaqabbalaa

Artinya: "Ya Allah, hamba mohon rezeki yang halal, ilmu yang bermanfaat, dan usaha yang sukses." (HR. Tabrani)

 

2. Rezeki yang Halal

“Dirikanlah sholat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula sholat) Subuh. Sesungguhnya Sholat Subuh itu disaksikan (oleh malaikat).” (QS. al-Isra ayat 78)

 

اللّٰهُمَّكْفِنِيْ بِحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَأَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahummak-fini bi halaalika 'an haramika, wa agh-niniy bi fadhlika 'amman siwaak

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karuniaMu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi)

 

3. Membaca Surat Pendek

Doa abis sholat Subuh, juga dianjurkan untuk membaca surat pendek seperti Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas sebanyak 3x.

Al-Ikhlas

 

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ اللَّهُ الصَّمَدُ، لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Qul huwallāhu aḥad allāhuṣ-ṣamad lam yalid wa lam yūlad wa lam yakul lahū kufuwan aḥad

Artinya: “Katakanlah (Muhammad): Dia-lah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah Ilah yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan-Nya.”

 

 

Al-Falaq

 

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

Qul a‘ūżu birabbil-falaq min syarri mā khalaq wa min syarri gāsiqin iżā waqab wa min syarrin-naffāṡāti fil-‘uqad wa min syarri ḥāsidin iżā ḥasad

Artinya: "Katakanlah: 'Aku berlindung kepada Rabb Yang Menguasai Subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan (wanita-wanita) tukang sihir yang meniup pada buhul-buhul (talinya), dan dari kejahatan orang dengki apabila ia dengki."

 

An-Naas

 

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ مَلِكِ النَّاسِ إِلَٰهِ النَّاسِ مِن شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ.

Qul a‘ūżu bi rabbin-nās malkin-nās Ilāhin-nās min syarri-waswāsil-khannās allażī yuwas wisu fī ṣudūrin-nās minal jinnati wan-nās

Artinya: “Katakanlah (Nabi Muhammad), “Aku berlindung kepada Tuhan manusia, raja manusia, sembahan manusia dari kejahatan (setan) pembisik yang bersembunyi yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.”

 

3 dari 3 halaman

4. Berlindung dari Api Neraka

Wirid dibaca sebanyak 7 kali sebagai bagian dari rangkaian doa abis sholat Subuh.

 

اَللَّهُمَّ أَجِرْنِـى مِنَ النَّارِ

Allahumma ajirni minan naar

Artinya: “Ya Allah, lindungilah aku daripada api neraka.”

 

5. Dzikirnya

Tidak hanya membaca doa abis sholat Subuh, tetapi dianjurkan pula untuk menutup sholat dengan bacaan dzikir, sebagai berikut:

 

لا إلهَ إلا اللهُ وحدَهُ لا شريكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ، يُحْيي وَيُمِيتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ.

Laa ilaaha illallah wahdahu laa syarikalah lahul mulku walahul hamdu yuhyi wa yumitu wahuwa 'ala kulli syaiin qadir

Artinya: “Tak ada ilah yang berhak disembah selain Allah saja. la tidak memiliki sekutu. Milik-Nyalah kerajaan dan segala pujian. Dia Maha menghidupkan dan mematikan. Dia Maha kuasa atas segala sesuatu.”

 

Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda:

“Bahwa barangsiapa setelah shalat Subuh sebelum meninggalkan tempat duduknya dan belum berbicara sedikitpun mengucapkan dzikir doa tersebut 10 kali, ditulis baginya 10 kebaikan, dihapus sepuluh kesalahan, diangkat baginya 10 derajat. Satu hari penuh ia terlindungi dari dari sesuatu yang tidak disukai, terlindungi dari setan, tidak ada dosa yang akan mencelakainya, kecuali syirik.” (HR. Tirmidzi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.