Sukses

Streaming adalah Pengiriman Data Online tanpa Mengunduh, Berikut Penjelasannya

Streaming adalah suatu siaran yang bisa kamu nikmati secara online, baik melalui website maupun aplikasi.

Liputan6.com, Jakarta Streaming adalah salah satu istilah yang sering kali kamu temui di internet sekarang ini. Streaming adalah menikmati suara atau video yang diunggah di internet. Kamu bisa streaming menggunakan perangkat smartphone dan laptop atau komputer menggunakan internet. 

Streaming memang harus menggunakan internet karena kamu hanya bisa menikmati siaran tersebut secara online. Layanan streaming ini membuat kamu tidak perlu lagi mengunduh sebuah video terlebih dahulu untuk menontonnya.

Streaming adalah suatu siaran yang bisa kamu nikmati secara online, baik melalui website maupun aplikasi. Kamu tentunya mengenali beberapa aplikasi atau website streaming seperti YouTube, Netflix, Disney+, hingga Vidio.

Berikut Liputan6.com rangkum dari Baktikominfo dan Fimela, Jumat (25/6/2021) tentang streaming adalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Streaming adalah

Streaming adalah proses transfer data atau informasi dari satu pengguna ke pengguna lain, baik secara langsung atau melalui aplikasi tertentu, yang sifatnya tidak perlu melakukan pengunduhan dan akan secara langsung ditampilkan untuk data yang sudah berhasil dipindahkan.

Sederhananya, streaming adalah cara menikmati suara atau video yang diunggah di internet yang bisa diputar dan dinikmati terus menerus, tanpa harus mengunduh video atau suaranya terlebih dahulu. Jadi ketika menggunakan media sosial seperti YouTube atau Instagram, kamu tidak perlu mengunduh untuk menyaksikan video yang ada pada platform tersebut.

Kamu tinggal mengklik video yang akan disaksikan, dan secara langsung akan dapat menikmati video tersebut secara bertahap sesuai dengan kecepatan transfer data yang dimiliki. Sekarang ini streaming adalah layanan yang juga digunakan pada radio-radio untuk mengudara. Radio online juga cukup marak eksistensinya sekarang ini.

Untuk membuat video streaming, biasanya pembuat video merekamnya terlebih dahulu kemudian diunggah ke situs online untuk dinikmati penontonnya. Video yang diunggah ke situs bisa berupa konten milik pribadi yang diabadikan dan bisa ditonton berulang kali, atau sebuah film atau drama yang diproduksi oleh perusahaan produksi film.

Streaming adalah layanan yang menggunakan kuota internet kamu saat melakukannya. Menonton YouTube, mendengar radio secara online, hingga menonton di Netflix tentunya akan mengurangi kuota kamu, tapi kamu bisa menontonya dengan gratis. Beberapa media memiliki fitur untuk menikmati dan menyimpan video tersebut lalu ditonton secara offline atau tanpa jaringan internet.

3 dari 4 halaman

Jenis Streaming

Streaming adalah salah satu kegiatan favorit banyak orang di kala pandemi ini. Streaming film tentunya menjadi pilihan utama karena bioskop sedang tutup. Ada dua jenis streaming yang digunakan masyarakat saat ini, yaitu Prerecord Streaming dan Live Streaming.

- Prerecord Streaming, dijalankan dengan terlebih dahulu merekam video atau konten yang akan disiarkan, kemudian menyimpannya pada media tertentu (bisa media online atau media fisik seperti hardisk). Setelah disimpan, baru kemudian host dapat melakukan akses pada konten tersebut jika akses diberikan secara bebas oleh pemilik konten.

- Live Streaming, dilakukan dengan konsep kerja seperti siaran langsung pada televisi. Pemilik konten melakukan kegiatan perekaman pada suatu konten dan secara langsung disiarkan pada media yang dimilikinya. Nantinya host dapat melihat secara langsung setiap detik yang dilalui oleh pemilik konten tersebut, sehingga engagement yang terjalin dapat lebih erat.

Meski streaming adalah layanan yang memiliki kesan mengonsumsi banyak data, nyatanya cara ini dipilih oleh sebagian besar masyarakat untuk menikmati konten dari berbagai media baru.

Hal ini dikarenakan dengan melakukan streaming, host dapat menyaksikan konten apapun tanpa perlu menunggu proses pengunduhan. Penerapan streaming yang paling terasa mungkin adalah pada industri esports, dimana hampir setiap turnamen yang diadakan akan disiarkan secara langsung pada media yang dipilih agar dapat dinikmati oleh penggemarnya.

4 dari 4 halaman

Aplikasi Streaming Populer

Youtube

Youtube adalah aplikasi streaming yang sangat populer di seluruh dunia. Melalui aplikasi Youtube, kamu bisa menikmati streaming video secara legal. Youtube bisa diakses secara gratis dan berbayar melalui web atau aplikasi. Bahkan video yang ada di Youtube juga bisa diunduh oleh penonton, dan ditonton secara offline.

Namun zaman sekarang, Youtube menyediakan fitur baru yaitu live streaming, yang bisa dinikmati oleh banyak penonton, dan bisa digunakan oleh pemilik akun Youtube. Melalui fitur live streaming Youtube, kamu bisa menikmati tayangan dan siaran secara langsung dari youtuber kesayanganmu, seperti menonton live streaming video game, acara musik, tutorial merias wajah, podcast dan lain sebagainya.

Netflix

Netflix merupakan salah satu aplikasi legal, yang menyediakan layanan streaming. Netflix memiliki banyak sekali konten video yang bisa dinikmati secara online, maupun diunduh terlebih dahulu dan dinikmati secara offline. 

Netflix terkenal dengan menyajikan berbagai film yang populer dan original yang digemari banyak orang. Untuk menikmati streaming menggunakan aplikasi Netflix, kamu harus membuat akun terlebih dahulu, dan membayar biaya langganan dengan menggunakan kartu kredit.

Vidio

Vidio adalah aplikasi untuk menonton streaming maupun live streaming secara legal. Vidio merupakan aplikasi lokal yang lahir pada tanggal Oktober 2014. Aplikasi Vidio ini diciptakan untuk dijadikan wadah bagi karya kreatif anak bangsa Indonesia tentang musik, seni, budaya, film, olahraga dan beragam karya video lainnya.

Awalnya aplikasi Vidio ini hanya berisikan konten dari SCTV, Indosiar dan dari pengguna Vidio. Tetapi pada akhir 2015, aplikasi Vidio ini bisa digunakan untuk menikmati acara live streaming, dan juga untuk streaming film populer.

Aplikasi Vidio ini bisa diakses secara gratis dan bisa diakses premium, dengan membayar biaya langganan yang tergolong murah dan ekonomis. Di aplikasi Vidio ini, kamu bisa menonton live streaming acara TV, olahraga, konser musik, berita lokal dan luar negeri hingga mendengarkan radio.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini