Sukses

Fandom Adalah Komunitas Fans Berat, Pahami Makna dan Perannya di Dunia Hiburan

Makna fandom adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti kumpulan atau basis penggemar.

Liputan6.com, Jakarta Fandom berasal dari bahasa Inggris yang berarti komunitas fans berat. Secara umum, pengertian fandom adalah subkultur yang terdiri dari sekelompok penggemar yang ditandai oleh perasaan empati dan persahabatan terhadap orang lain yang memiliki minat yang sama.

Istilah fandom sering kali dipakai untuk kelompok apa saja seperti fandom film, komik, anime, acar televisi, dan cosplay. Namun, seiring berjalannya waktu, istilah fandom sangat populer dan menjadi ciri khas di dunia K-Pop. 

Di dunia K-Pop, istilah fandom adalah akronim dari fans kingdom yang merujuk pada fans club dari idol Korea. Tak hanya untuk idol grup saja, namun para solois juga memiliki nama fandom beserta artinya.

Berikut ini ulasan mengenai makna fandom, peran, dan deretan nama fandom K-Pop serta artinya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (5/1/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Makna Fandom dan Perannya di Dunia Hiburan

Fandom adalah fans club atau nama kelompok fans dari grup tertentu. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, makna fandom adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris yang memiliki arti kumpulan atau basis penggemar.  Kata fandom berperan untuk kelompok apa saja, namun lebih populer di dunia K-Pop untuk menjelaskan identitas para fans dari grup band atau idol K-Pop tertentu. Banyak juga yang berpendapat bahwa fandom memiliki tingkat loyalitas yang lebih tinggi dari fans biasa. 

3 dari 7 halaman

Deretan Nama Fandom K-Pop dan Artinya

Berikut ini deretan nama fandom K-Pop dan artinya yang dikutip dari Koreaboo, antara lain?

1. BTS, Istilah Fandomnya ARMY

Para fans K-Pop tentu tak asing lagi dengan nama fandom satu ini. BTS merupakan kependekan dari 'Bangtan Sonyeondan' atau 'Bulletproof Boyscouts'.Artinya adalah BTS akan menghadang segala stereotip, kritik, dan harapan yang mewakili remaja masa kini. Dari konsep bulletproof (pelindung tubuh) itulah muncul nama ARMY yakni Adorable Representative M.C. for Youth. Selain itu, ARMY dalam bahasa Inggris berartikan tentara.

2. TWICE, Istilah Fandomnya ONCE

TWICE pernah mengatakan kepada fans mereka, "Kalau kamu mencintai kami sekali saja (ONCE), kami akan membalas cintamu dengan dua kali (TWICE) cinta kami." Mereka juga menambahkan bahwa ONCE dan TWICE akan berjalan bersama seperti jarum dan benang.

3. BLACKPINK, Istilah Fandomnya BLINK

Kreatif banget, ternyata nama BLINK merupakan kombinasi dari kata 'Bl'ack dan 'Pink' dalam BLACKPINK.

4. SEVENTEEN, Istilah Fandomnya Carat

Sebelum memulai debutnya pada 2015, grup asuhan Pledis Entertainment ini membawakan lagu berjudul Shining Diamond. Jadi, untuk menghormati momen-momen awal karier, mereka memanggil penggemar dengan sebutan Carat yang telah membantunya bersinar.

5. MONSTA X, Istilah Fandomnya Monbebe

Dalam bahasa Prancis, Monbebe berarti my baby atau sayangku dalam bahasa Indonesia. Pastinya para member MONSTA X akan memperlakukan fans sebagai kesayangan mereka.

 

 

 

4 dari 7 halaman

Deretan Nama Fandom K-Pop dan Artinya

6. GOT7, Istilah Fandomnya iGOT7 (AhGaSe)

Tujuh merupakan angka keberuntungan dan mewakili jumlah anggota dalam grup ini. Sementara iGOT7 memiliki arti yaitu beruntung memiliki satu sama lain. Di Korea, nama fandom ini disingkat menjadi AhGaSe yang berarti bayi burung, seperti yang terlihat pada light stick-nya.

7. TXT, Istilah Fandomnya M.O.A

Kepanjangan dari M.O.A adalah Moments of Alwaysness. Para member TXT berharap jika mereka dan fans bisa selalu bersama hingga selamanya.

8. Red Velvet, Istilah Fandomnya ReVeluv

Nama fandom ini merupakan kombinasi dari Red Velvet dan luv. Para member mengatakan jika nama fandom ini bisa mewakili rasa cinta Red Velvet kepada para penggemar. Mereka juga berharap agar mereka saling mencintai dalam waktu yang lama.

9. ITZY, Istilah Fandomnya MIDZY

MIDZY juga berasal dari ITZY, hanya saja ditambahkan kata 'midji' yang berarti kepercayaan dalam bahasa Korea.

10. NCT, Istilah Fandomnya NCTzen

NCTzen merupakan kombinasi dari NCT dan citizen. Jadi, jika anda merupakan NCTzen maka sudah dipastikan akan loyal dengan boygroup satu ini.

5 dari 7 halaman

Deretan Nama Fandom K-Pop dan Artinya

11. Stray Kids, Istilah Fandomnya STAY

STAY berarti harapan dan perasaan Stray Kids yang ingin selalu berada di sisi penggemarnya.

12. MAMAMOO, Istilah Fandomnya MooMoo

Terbilang imut, Moo ternyata memiliki arti lobak dalam bahasa Korea. Bahkan hal ini bisa dibuktikan dengan light stick MAMAMOO yang juga berbentuk lobak.

13. ATEEZ, Istilah Fandomnya ATINY

Para member mengatakan ATINY merupakan gabungan dari ATEZZ dan destiny (takdir). Artinya, para member berharap bisa selalu bersama para penggemar.

14. Wonho, Istilah Fandomnya Wenee

Wenee merupakan kependekan dari WE are New Ending atau lebih gampangnya juga bisa berarti 'we need'. Hal ini menunjukkan bahwa Wonho dan penggemar memiliki hubungan spesial terutama saat mereka bersama.

15. EXO, Istilah Fandomnya EXO-L

Bikin baper, ternyata huruf L dalam EXO-L singkatan dari Love. Hal ini tentu saja sebagai tanda bahwa betapa besarnya cinta para member EXO kepada penggemar. Selain itu, dalam alfabet huruf L terletak di tengah K dan M, sehingga para EXO-L bisa dilindungi dan dikelilingi oleh sub unit EXO-K dan EXO-M.

6 dari 7 halaman

Deretan Nama Fandom K-Pop dan Artinya

16. Super Junior, Istilah Fandomnya E.L.F

Merupakan fandom tertua dan paling setia, E.L.F merupakan kependekan dari Everlasting Friend. Hal ini menandakan bahwa member Super Junior terasa lebih dekat dengan para penggemar.

17. IZ*ONE, Istilah Fandomnya WIZ*ONE

WIZ*ONE merupakan gabungan dari kata wizard (penyihir) dan IZ*ONE yang berartikan para penggemar akan menjadi masa depan yang ajaib untuk IZ*ONE.

18. (G)I-DLE, Istilah Fandomnya Neverland

Belum banyak yang tahu, ternyata nama girl group ini berartikan Girl Idle yang merupakan perpaduan dari kata Girl dan Children. Seperti diketahui, bahwa Neverland merupakan cerita dongeng di mana para anak kecil akan tetap muda selamanya. Para member G-IDLE menjelaskan jika mereka berharap bisa bersama fans dalam waktu yang lama.

19. WINNER, Istilah Fandomnya Inner Circle

Orang-orang yang anda anggap paling dekat dengan anda berada dalam lingkaran anda. Makanya Inner Circle dianggap nama yang cocok untuk para penggemar WINNER, yang selalu ada untuk mereka.

20. LOONA, Istilah Fandomnya Orbit

Dalam bahasa Korea, kata Bits berartikan cahaya. Jadi, kata orbit menurut LOONA adalah penggemar akan menyinari dan mengelilingi perjalanan mereka.

7 dari 7 halaman

Deretan Nama Fandom K-Pop dan Artinya

21. SHINee, Istilah Fandomnya Shawol

Shawol merupakan gabungan dari nama SHINee dan world yang berartikan Shawol adalah dunia bagi mereka.

22. MOMOLAND, Istilah Fandomnya Merry Go Round

MOMOLAND pernah mengatakan ingin punya fans berasal dari segala umur, jenis kelamin, suku, dan sebagainya yang menyukai lagu mereka. Jadi mereka memanggil fans dengan sebutan Merry Go Round yang berartikan komedi putar. Para member mengatakan saat datang ke taman bermain, komedi putar adalah permainan yang biasa dinaiki jika seseorang tak dapat naik permainan lainnya. Mereka berharap adanya nama fandom ini bisa membawa banyak orang bisa 'menaiki' MOMOLAND.

23. Apink, Istilah Fandomnya Pink Panda

Pink Panda adalah kombinasi dari kata Korea untuk 'fan' (paen) dan nama grup A Pink. Nama fandom ini terinspirasi dari mantan atasan mereka yang mereka panggil dengan sebutan 'Kung Fu Panda'.

24. The Boyz, Istilah Fandomnya The B

B dalam The B berartikan vitamin B sebagai penambah energi untuk The Boyz.

25. EVERGLOW, Istilah Fandomnya Forever

Arti nama fandom EVERGLOW ini punya makna sederhana, yakni mereka berharap agar bisa bersama para penggemar selamanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.