Sukses

5 Cara Merawat Tote Bag Kanvas agar Awet

Ikuti beberapa cara merawat tote bag kanvas yang mudah ini agar tote bagmu semakin awet.

Liputan6.com, Jakarta Jika kamu suka memakai tote bag dengan bahan kanvas, maka harus kamu perhatikan bagaimana cara merawat tote bag kanvas yang benar. Kalau salah dalam cara merawat tote bag kanvas, justru bisa merusak tote bag kesayanganmu.

Memang sayang sekali, bahan kanvas yang biasa jadi bahan pembuatan tote bag cukup mudah terkena kotoran. Terutama jika warna kanvas yang digunakan putih atau warna-warna cerah lainnya. Semakin sering digunakan tentu akan semakin kotor bahkan terlihat kusam layaknya saat membeli baru.

Beda tentunya cara merawat tote bag kanvas dengan jenis tote bag yang menggunakan bahan seperti jeans atau bahan sintetis lainnya. Sebab, jenis kain lain seperti jeans membutuhkan cara perawatan tersendiri agar semakin awet dari hari ke hari.

Sebenarnya untuk mempraktikkan cara merawat tote bag kanvas tidak sulit dan tidak butuh mengeluarkan biaya banyak, kok. Selain itu, dengan mempraktikkan cara merawat tote bag kanvas yang benar, setidaknya bisa menghemat pengeluaramu juga untuk membeli tote bag baru.

Nah, jadi bagaimana sih cara merawat tote bag kanvas yang benar? Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum informasi mengenai cara merawat tote bag kanvas tersebut yang bisa kamu gunakan sebagai panduan, Jumat (14/8/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Cuci tote bag secara rutin

Cara merawat tote bag kanvas yang pertama, yaitu dengan mencucinya secara rutin. Hal ini untuk menghindari timbulnya noda membandel yang terlanjur sulit untuk dihilangkan. Kamu bisa melakukan pencucian dengan bantuan mesin cuci atau manual.

Namun akan jika ingin mencuci tote bag, jangan campur dengan jenis pakaian lain. Sebab, dikhawatirkan apabila tote bag kelunturan warna dari pakaian lainnya. Maka dari itu, akan lebih disarankan jika kamu mencuci tote bag dengan cara manual dengan tangan.

3 dari 6 halaman

2. Hati-hati saat menyikat noda

Lalu, langkah selanjutnya kamu bisa menggunakan bantuan sikat halus untuk menghilangkan noda dan kotoran yang membandel pada tote bag kanvasmu. Biasanya jenis kotoran yang ada di tote bag kanvas berupa bercak tanah atau debu, dan untuk menghilangkannya perlu dilakukan penggosokan perlahan.

Tidak perlu terlalu menggunakan tenaga berlebih saat melakukan proses penyikatan. Selalu usahakan saat menyikat cukup satu arah, agar bahan tote bag kanvas tetap terjaga dan tidak cepat rusak. Sebab, serat kain yang digunakan pada kanvas tote bag cukup riskan rusak apabila terkena gesekan yang berlebih.

4 dari 6 halaman

3. Gunakan deterjen untuk membersihkan noda

Apabila penggunaan air dan menyikat saja tidak cukup, bahkan noda masih membandel. Maka, coba gunakan bantuan deterjen untuk membersihkannya. Tapi kamu perlu memperhatikan desain dari tote bag, apakah terdapat sablonan atau gambar yang bahannya aman apabila terkena deterjen.

Jika kamuy akin aman, maka selanjutnya kamu bisa memberi sedikit deterjen ke bagian yang terkena noda membandel. Selanjutnya gosok perlahan dan usahakan tidak terlalu keras. Jika sudah dirasa hilang, selanjutnya jangan lupa untuk membilas tote bag dengan air bersih.

5 dari 6 halaman

4. Hindari menjemur di bawah matahari langsung

Pernahkan kamu memiliki pakaian berwarna hitam dan sudah mulai kemerah-merahan? Hal ini bisa terjadi karena warna sering terkena panas. Apabila tote bag milikmu berwarna hitam atau gelap, maka jangan langsung jemur tote bag di bawah sinar matahari langsung. Cukup angin-anginkan saja dan biarkan tote bag kering dengan sendirinya.

Selain itu, menjemur tote bag langsung di bawah terik sinar matahari juga berpotensi membuat printing pada tote bag menjadi kaku dan pecah-pecah. Tentu kamu tidak ingin hal tersebut terjadi bukan?

Sebelum menjemur tote bag, jangan juga lakukan proses memeras tote bag agar air cucian habis dengan terlalu keras, ya. Sebab, memelintir kanvas tote bag terlalu keras akan merusak serat kain tote bag. Maka dari itu setelah cuci, cukup remas-remas tanpa perlu mengeluarkan tenaga lebih.

6 dari 6 halaman

5. Simpan tote bag di tempat yang tidak lembap

Lalu cara merawat tote bag yang terakhir dengan menyimpan tote bag di tempat yang tidak telalu lembap. Hal ini penting diperhatikan apabila totebag tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Agar tote bag tetap bagus dan terhindar dari timbulnya jamur, maka hendaknya kamu memasukkan totebag ke dalam plastik ketika sudah kering.

Setelah itu, kamu bisa menutup rapat dan bungkus tote bag dengan rapat, sehingga totebag anti air dan anti embun yang menyebabkan lembap. Apabila ingin mendapatkan perlindungan yang maksimal, maka kamu bisa meletakkan silica gel ke dalam plastik tote bag tersebut. hal ini berguna agar tote bag tidak mengalami lembap ketika disimpan.

Nah, cukup mudah bukan cara merawat tote bag kanvas. Jadi kamu tidak perlu takut untuk menggunakan tote bag milikmu kemana saja. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.