Sukses

Pengertian Asimilasi adalah Proses Sosial, Simak Menurut Para Ahli dan Faktornya

Pengertian asimilasi adalah bagian dari proses sosial untuk mempertahankan budaya.

Liputan6.com, Jakarta Apa arti asimilasi? Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian asimilasi adalah penyesuaian sifat asli yang dimiliki dengan sifat lingkungan sekitar. Para ahli sepakat, pengertian asimilasi adalah bagian dari proses sosial untuk mempertahankan budaya.

Dalam buku berjudul IPS Terpadu oleh Nana Supriatna, Mamat Ruhimat, dan Kosim, menjelaskan pengertian asimilasi adalah proses sosial yang ditandai dengan usaha-usaha mengurangi perbedaan pada setiap individu maupun kelompok untuk mencapai tujuan bersama.

“Saling bergaul langsung secara intensif untuk waktu yang lama sehingga kebudayaan-kebudayaan golongan tadi masing-masing berubah sifatnya yang khas dan unsurnya masing-masing berubah wujud menjadi unsur-unsur kebudayaan campuran,” dicontohkan Antrolopog Indonesia, Prof. Dr. Koentjaraningrat.

Apa saja yang menjadi penyempurna proses sosial asimilasi itu? Melansir dari laman jurnal Universitas BINUS, penyempurna asimilasi adalah kelompok budaya berbeda, pergaulan intensif, dan budaya setiap kelompok saling menyesuaikan diri. Itulah pengertian asimilasi adalah proses sosial yang bisa dipahami.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang asimilasi, pengertian asimilasi menurut para ahli, faktor penghambat, dan pendorong asimilasi, Sabtu (26/2/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Asimilasi Menurut Para Ahli

1. Soekanto (1990: 88)

Pengertian asimilasi adalah proses sosial dalam taraf lanjut yang ditandai dengan adanya usaha-usaha mengurangi perbedaan yang terdapat antara orang perorangan atau kelompok-kelompok manusia.

Pengertian asimilasi adalah meliputi usaha-usaha untuk mempertinggi kesatuan tindak, sikap dan proses-proses mental dengan memperhatikan kepentingan dan tujuan bersama.

Secara singkat, proses pengertian asimilasi adalah adalah ditandai dengan pengembangan sikap-sikap yang sama walau kadangkala bersifat emosional dengan tujuan untuk mencapai kesatuan.

2. Ogburn and Nimkoff

Pengertian asimilasi adalah proses dari interpenetration dan perpaduan individu dan kelompok anquires kenangan, sentimen, dan sikap orang lain atau kelompok, dan dengan berbagi pengalaman dan sejarah, digabungkan dengan mereka dalam kehidupan budaya.

3. Robert E. Park dan Ernest W. Burgess (1921: 735)

Pengertian asimilasi adalah proses interpretasi dan fusi di mana orang-orang dan kelompok memperoleh kenangan, sentimen, dan sikap orang lain atau kelompok, dan, dengan berbagi pengalaman dan sejarah, digabungkan dengan mereka dalam kehidupan kebudayaan bersama.

4. Garbarino (1983)

Pengertian asimilasi adalah penyerapan kelompok ke dalam masyarakat dominan dan memuat hilangnya kekhasan budaya sebagai akibatnya.

5. Prof. Dr. Koentjaraningrat (1990: 248)

Pengertian asimilasi adalah proses sosial yang timbul bila golongan-golongan manusia dengan latar belakang kebudayaan yang berbeda-beda, saling bergaul langsung secara intensif untuk waktu yang lama sehingga kebudayaan-kebudayaan golongan tadi masing-masing berubah sifatnya yang khas dan unsurnya masing-masing berubah wujud menjadi unsur-unsur kebudayaan campuran.

6. Vander Zanden

Pengertian asimilasi adalah proses interaksi sosial yang dilakukan oleh antarkelompok, mulai dari berpikir, saling menghargai, dan bertindak, yang memungkinkan mereka untuk berbaur dengan satu identitas baru sebagai kesatuan sosial.

3 dari 4 halaman

Pengertian Asimilasi Menurut Para Ahli Selanjutnya

7. Seymour Smith

Pengertian asimilasi adalah tahap kedua dari proses perubahan sosial budaya dalam masyarakat yang dilatarbelakangin dengan akulturasi terlebih dahulu sehingga menciptakan kebudayaan baru yang diterima masyarakat tanpa adanyak konflik sosial.

8. James Garbarino

Pengertian asimilasi adalah penggabungan dua unsur kebudayaan dalam suatu masyarakat.

9. Alvin L. Bertrand

Pengertian asimilasi adalah proses tingkatan sosial lanjut yang timbul karena adanya kelompok ataupun golongan masyarakat yang memiliki perbedaan antar budaya saling berinteraksi secara langsung dalam jangka waktu yang cukup lama yang kemudian menghasilkan perubahan kebudayaan baik dari unsur maupun secara keseluruhannya dan menjadi sebuah budaya yang baru.

10. Nana Supriatna, Mamat Ruhimat, dan Kosim

Pengertian asimilasi adalah proses sosial yang ditandai dengan usaha-usaha mengurangi perbedaan yang terdapat dalam individu maupun kelompok untuk mencapai tujuan bersama.

11. Dr. Trina Harlow

Pengertian asimilasi adalah cara untuk mempertahankan budaya sendiri sekaligus belajar memahami keberadaan budaya lain.

12. Raymond H. C. Teske, Jr., dan Bardin H. Nelson

Pengertian asimilasi adalah suatu proses penggabungan dua kebudayaan berbeda menjadi suatu kebudayaan baru. Proses ini juga dapat diartikan sebagai suatu peleburan budaya dengan menghilangkan budaya asli menjadi suatu budaya baru yang lebih dominan.

4 dari 4 halaman

Faktor Pendorong dan Penghambat Asimilasi

Memahami asimilasi adalah proses sosial yang dapat diandalkan untuk mempertahankan budaya. Apa saja faktor pendorong dan penghambat asimiliasi itu? Ini penjelasan faktor pendorong dan penghambat asimiliasi yang Liputan6.com lansir dari berbagi sumber.

Faktor Pendorong Asimilasi:

1. Faktor pendorong asimilasi adalah kesempatan yang sama pada bidang ekonomi.

2. Faktor pendorong asimilasi adalah sikap terbuka dari golongan berkuasa pada masyarakat.

3. Faktor pendorong asimilasi adalah perkawinan antara kelompok berbeda budaya.

4. Faktor pendorong asimilasi adalah toleransi di antara sesama kelompok berbeda kebudayaan.

5. Faktor pendorong asimilasi adalah kesediaan menghormati serta menghargai orang asing khususnya kebudayaan yang dibawa.

6. Faktor pendorong asimilasi adalah persamaan pada unsur-unsur kebudayaan universal

Faktor Penghambat Asimilasi:

1. Faktor penghambat asimilasi adalah perasaan takut pada kekuatan suatu kebudayaan yang dihadapi.

2. Faktor penghambat asimilasi adalah kehidupan suatu golongan tertentu terisolasi dalam masyarakat, seperti golongan minoritas.

3. Faktor penghambat asimilasi adalah in-group feeling yang kuat juga bisa menjadi penghalang berlangsungnya asimilasi.

4. Faktor penghambat asimilasi adalah perasaan jika suatu kebudayaan golongan tertentu lebih tinggi dibanding kebudayaan kelompok lainnya.

5. Faktor penghambat asimilasi adalah kurangnya pengetahuan akan kebudayaan yang dihadapi.

6. Faktor penghambat asimilasi adalah pada batas-batas tertentu, perbedaan ciri fisik atau warna kulit bisa menjadi salah satu penghalang terjadinya asimilasi.

7. Faktor penghambat asimilasi adalah perasaan superioritas pada individu-individu dari satu kebudayaan ke kebudayaan lain.

8. Faktor penghambat asimilasi adalah gangguan dari golongan berkuasa pada golongan minoritas lain juga bisa mengganggu proses asimilasi. Terlebih bila golongan minoritas mengalami sejumlah gangguan dari golongan berkuasa.

9. Faktor penghambat asimilasi adalah adanya faktor penyebab kepentingan dan ditambah dengan pertentangan pribadi bisa menghambat proses asimilasi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.