Sukses

18 Nama Makanan Khas Italia yang Populer di Indonesia, Menggoda Selera

Makanan khas Italia sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa nama makanan khas Italia sudah tak asing di telinga masyarakat Indonesia. Hidangan khas Italia menjadi favorit banyak orang. Sebut saja pizza, spagheti, dan lasagna. Nama makanan khas Italia sudah banyak hadir di menu-menu restoran di Tanah Air.

Bagi kamu pencinta makanan khas Italia, tak lengkap jika tidak mengenal nama makanan khas Italia ini. Nama makanan khas Italia biasanya akan muncul di menu-menu restoran khas Italia. Agar tak bingung memilih menu, kamu perlu mengetahui nama makanan khas Italia ini.

Nama makanan khas Italia yang populer di Indonesia punya ragam cita rasa yang menguggah selera. Berikut 18 nama makanan khas Italia yang populer di Indonesia, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (24/7/2020).

2 dari 6 halaman

Nama makanan khas Italia: Pasta

Spaghetti

Spagheti adalah pasta yang berbentuk tabung yang ramping dan panjang. Jenis pasta ini merupakan jenis yang paling terkenal didunia. Spagheti yang sangat terkenal adalah spagheti ala bolognese yaitu spaghetti yang dihidangkan dengan saus daging cincang lalu ditaburi keju parmesan parut.

Lasagna

Lasagna berbentuk lembaran tipis dengan panjang sekitar 27 sentimeter dan lebar 5 cm. lasagna biasa diolah dengan diberi isi dan disusun sampai 7 lapis. Lasagna sendiri secara harfiah adalah lasagne yang berisikan daging. Selain daging bisa juga diisi sayur-sayuran, ayam, makanan laut dan sebagainya.

Carbonara

Carbonara merupakan olahan pasta, biasanya spagheti yang dimasak bersama saus telur, keju dan daging. Carbonara dikenal dengan krim kentalnya yang creamy yang didapat dari telur, susu, dan keju.

Fettucini Alfredo

Fettucini Alfredo merupakan olahan pasta fettucini yang dicampur dengan mentega dan keju Parmesan. Fettuccine merupakan pasta panjang berbentuk pipih seperti pita dengan lebar kira-kira 6,5 milimeter.

Ravioli

Ravioli merupakan nama makanan Khas Italia berupa pasta yang berbentuk mirip pastel. Ravioli biasa disajikan dalam kaldu atau dengan saus.

Macaroni

Macaroni adalah pasta kering yang dibuat dengan gandum durum. Macaroni bisa berbentuk lurus atau melengkung. Macaroni menjadi nama makanan khas Italia yang sangat dikenal di Indonesia. Makaroni biasa diolah bersama daging, sayur, keju, atau saus.

3 dari 6 halaman

Nama makanan khas Italia: Pizza

Calzone

Calzone merupakan jenis pizza yang dibuat dengan melipat adonan pizza, membuat topping pizza terutup dengan adonan tersebut. Calzone khas dibuat dari adonan roti asin, dipanggang dalam oven dan diisi dengan salami, ham atau sayuran, mozzarella, ricotta dan Parmesan atau keju pecorino, serta telur.

Pizza al taglio

Pizza al taglio adalah berbagai pizza yang dipanggang dalam nampan persegi panjang besar. Pizza ini mumnya dijual dalam irisan persegi panjang atau persegi.

Pizza Margherita

Pizza Margherita adalah pizza khas Neapolitan, dibuat dengan tomat San Marzano, keju mozzarella, basil segar, garam, dan minyak zaitun extra-virgin.

4 dari 6 halaman

Nama makanan khas Italia: Roti

Bruschetta

Merupakan jenis hidangan pembuka terbuat dari roti yang dioles dengan bawang putih, minyak zaitun, garam, dan lada, lalu dipanggang hingga agak kering. Bruschetta biasa disajikan dengan potongan tomat cheery, keju, dan sayuran.

Crostino

Crostino merupakan hidangan pembuka khas Italia. Crostino terbuat dari irisan kecil roti panggang yanga diberi topping berisi berbagai keju, daging, dan sayuran. Crostino juga bisa disajikan dengan olesan minyak zaitun, rempah, atau saus.

Panini

Panini merupakan sandwich yang menggunakan roti seperti baguette, ciabatta, rosetta, atau michetta, dipotong horizontal. Roti kemudian diisi dengan irisan daging olahan seperti salami, mortadella atau prosciutto beserta dengan keju, irisan tomat dan tuna.

5 dari 6 halaman

Nama makanan khas Italia: sup

Zuppa toscana

Di Indonesia, Zuppa toscana dikenal dengan Zuppa sup. Zuppa toscana klasik biasanya terbuat dari kale, zucchini, kacang cannellini, kentang, seledri, wortel, bawang, bubur tomat, minyak zaitun extra virgin, garam, cabai bubuk, roti Tuscan panggang, dan rigatino.

Garmugia

Garmugia merupakan sup berbahan dasar kaldu ayam atau sayuran, asparagus, hati artichoke, kacang fava, kacang polong, bawang merah dan daging, seperti pancetta dan daging sapi muda. Sup ini biasa disajikan dengan dituangkan di atas roti panggang atau crouton.

Ribollita

Ribollita terbuat dari roti dan sayuran dengan tekstur kental. Ada banyak variasi ribollita, tetapi bahan utama sup ini selalu termasuk roti sisa, kacang cannellini, lacinato kale, kubis, dan sayuran seperti wortel, kacang, chard, seledri, kentang, dan bawang.

6 dari 6 halaman

Nama makanan khas Italia: makanan manis

Tiramisu

Nama makanan khas Italia yang tak kalah populer adalah tiramisu. Tiramisu terbuat dari biskuit yang sudah direndam ke dalam larutan kopi dan keju mascarpone. Adonan biskuit kemudian disusun dan dilapisi dengan krim kocok dan didinginkan di dalam lemari es.

Gelato

Nama makanan khas Italia yang sering ditemukan di Indonesia lainnya adalah gelato. Bahan utama gelato adalah susu, krim, dan gula. Gelato biasa ditambahkan variasi rasa mulai dari buah-buahan, kacang, dan bahan perasa lainnya.

Crostata

Crostata adalah pai khas Italia. Crostata terdiri dari tiga lapis adonan pastry. Crostata biasanya berisi buah-buahan seperti aprikot, ceri, persik, atau berry.

 

Video Terkini