Sukses

5 Fakta Menarik Kemenangan Timnas Indonesia U-22, Unik Serba 32

Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan usai 32 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Pertandingan final sepak bola SEA Games 2023 antara Indonesia Vs Thailand berlangsung seru dan menegangkan serta menguras emosi penonton. Kendati demikian, pertandingan final sepak bola putra SEA Games ke-32 di Olympic Stadium, Phnom Penh pada Selasa (16/5/2023) berhasil dimenangkan oleh Indonesia.

Meski pertandingan sempat diwarnai kericuhan antara pemain dan juga tim official kedua tim, dan hujan kartu merah. Garuda Muda sukses membantai Gajah Perang Muda dengan skor telak 5-2 melalui babak extra time. Kemenangan Indonesia pada ajang SEA Games ini mencetak sejarah baru untuk sepak bola Tanah Air.

Indonesia berhasil merebut kembali medali emas yang sudah 32 tahun diperjuangkan. Kemenangan fantastis bagi Timnas Indonesia atas Thailand di SEA Games 2023 kali ini mengingatkan kembali momen terakhir skuad Garuda meraih emas pada 1991.

Atas kemenangan ini, ucapan selamat dan pujian untuk Timnas Indonesia U-22 tidak henti-hentinya di media sosial.Namun ternyata di balik kemenangan Timnas Indonesia ini menyimpan beberapa fakta unik yang tak terduga. Berikut 6 fakta menarik kemenangan Timnas Indonesia U-22, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (17/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Unggul di Babak Pertama

Indonesia berhasil mengawali laga dengan baik. Ramadhan Sananta berhasil mencetak dua gol pada babak pertama pertandingan final Indonesia vs Thailand. Gol pertama Sananta membobol gawang lewat lemparan ke dalam oleh Alfeandra Dewangga pada menit ke-21. Lemparan jauh Rizky Ridho juga berhasil mengantarkan Indonesia mendapatkan skor 2-0 lewat tendangan Sananta.

3 dari 6 halaman

2. Sempat Memanas hingga Mendapat Kartu Merah

Laga final ini memanas penuh drama lantaran terjadi keributan antara pemain dan staf dari kedua tim negara. Usai Irfan Jauhari sukses cetak gol untuk Indonesia, terjadi adu pukul di antara staf ofisial. Dalam insiden tersebut, Sumadji selaku manajer Timnas Indonesia terjatuh lantaran dipukul.

Keributan itu berujung dengan kartu merah untuk ofisial kedua tim. Wasit Ali Al Hatmi juga memberikan kartu merah kepada kiper Thailand Soponwit Rakyart dan bek Indonesia Komang Teguh.Tidak hanya itu, bek Thailand Jonathan Khemdee diganjar kartu kuning kedua lantaran berbenturan dengan Rio Fahmi.

Kartu merah tersebut membuat Thailand harus bermain dengan 9 pemain dengan Indonesia 10 pemain. Timnas Thailand kembali mendapatkan kartu merah untuk Theerasak.

4 dari 6 halaman

3. Indonesia Cetak 5 Gol

Permainan apik disusul oleh Irfan Jauhari yang mencetak gol ke gawang Thailand saat babak tambahan waktu. Hasil skor yang menjadi 3-2 tersebut memberikan semangat bagi Timnas Indonesia. Serangan bertubi-tubi dilakukan pemain Indonesia ke pertahanan Thailand.

Indonesia pun kembali mencetak gol dari Fajar Fathur Rahman pada menit ke-107, memperjauh skor menjadi 4-2. Pada menit-menit terakhir, Beckham Putra menutup laga Indonesia vs Thailand dengan skor 5-2 lewat tendangan mulusnya ke gawang lawan.

5 dari 6 halaman

4. Emas Ketiga

Medali emas SEA Games 2023 menjadi yang ketiga sepanjang sejarah yang diraih Timnas Indonesia. Sebelumnya, Indonesia meraih medali emas dari cabang olahraga sepak bola pada edisi 1987 dan 1991. Pencapaian ini cukup membanggakan karena mengakhiri perjalanan panjang.

Kini, Timnas Indonesia sejajar Vietnam yang juga meraih tiga medali emas pada SEA Games. Adapun Thailand masih menjadi tim tersukses di SEA Games. Thailand tercatat mengoleksi 16 medali emas sepanjang sejarah keikutsertaan SEA Games.

6 dari 6 halaman

5. Jadi Keberuntungan Serba 32

Tak hanya itu, fakta menarik lain kemenangan Timnas Indonesia U-22 ini pun dikaitkan dengan serba 32. Hal itu bermula dari cuitan akun Twiter @imanlagi yang menulis mengenai cocoklogi kemenangan Timnas Indonesia.

Dalam unggahannya itu, ia mengatakan kemenangan Indonesia melawan Thailand itu serba 32 dari penantian yang menunggu 32 tahun hingga Sea Games ke-32 tahun.

"32 ini banyak bener yes cocokloginya 😂

-32 tahun penantian-sea games ke 32-bulan mei, akhir kekuasaan 32 tahun orba-menpora umurnya 32-skor Indonesi 5, 3+2

Apa lagi yg kalian temuin?" tulis akun Twiter @imanlagi, Rabu (17/5/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.