Sukses

Cara Belajar Iqro dari Nol Hingga Lancar, Bisa Diterapkan untuk Anak-Anak

Metode Iqro adalah metode pembelajaran membaca huruf-huruf Hijaiyah dari permulaan dengan disertai atura bacaan.

Liputan6.com, Jakarta Cara belajar Iqro penting untuk diketahui oleh para orang tua yang ingin mengajari anak-anaknya mengaji. Iqro adalah  buku teks yang digunakan komunitas Muslim di Indonesia dan Malaysia untuk belajar membaca huruf-huruf Arab dan melafalkan bahasa tersebut. 

Menurut Kementerian Agama RI, metode Iqro adalah cara cepat belajar membaca Al-Qur’an yang menekankan langsung pada latihan membaca. Buku Iqro sendiri terdiri dari 6 jilid dimulai dari tingkat yang sederhana, tahap demi tahap sampai pada tingkatan yang sempurna.

Dengan mengetahui cara belajar Iqro, anda akan lebih mudah untuk menerapkannya kepada anak-anak atau orang dewasa yang baru mengaji dari nol. Bahkan cara belajar Iqro sendiri ada pada masing-masing buku panduan Iqro’.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai cara belajar Iqro dari nol hingga lancar yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (18/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Belajar Iqro

Iqro sendiri terdiri dari 6 jilid dimulai dari tingkat yang sederhana, tahap demi tahap sampai pada tingkatan yang sempurna. Bagi anda yang masih pemula dan baru pengenalan bacaan huruf Hijaiyah perlu memulainya dari Iqro jilid 1. Dalam Iqro jilid 1 terdiri dari huruf Hijaiyah dari Alif hingga Ya. Bahkan dalam buku ini juga semua huruf Hijaiyah sudah dilengkapi dengan tanda bacaan fathah, kasrah, dan damah. Selain itu, jika sudah menguasai Iqro jilid 1, maka anda bisa lanjut pada pengenalan huruf Hijaiyah bersambung yang terdapat pada Iqro jilid 2-6.

Namun, sebelum itu anda perlu mengetahui cara belajar Iqro dari nol sampai lancar, yakni:

  1. Cara belajar Iqro yang pertama adalah berdoalah sebelum memulai belajar.
  2. Cara belajar Iqro selanjutnya adalah baca dengan cara langsung, A-Ba-Ta, dan seterusnya.
  3. Cara belajar Iqro selanjutnya adalah baca dengan pendek dan tidak dipanjang-panjangkan.
  4. Cara belajar Iqro selanjutnya adalah baca dari kanan atas ke kiri, lalu baca bawahnya.
  5. Cara belajar Iqro selanjutnya adalah baca hingga lancar, baru lanjutkan ke halaman berikutnya.
  6. Cara belajar Iqro selanjutnya adalah ulangi ketika masih belum lancar hingga lancar.
  7. Cara belajar Iqro selanjutnya adalah belajarlah dengan guru yang lebih tahu untuk lebih memahami dan lebih baik dalam belajar huruf Arab.
3 dari 5 halaman

Mengenal Iqro

Iqro adalah buku teks yang digunakan komunitas Muslim di Indonesia dan Malaysia untuk belajar membaca huruf-huruf Arab dan melafalkan bahasa tersebut. Buku ini disusun oleh As'ad Humam bersama Team Tadarus Angkatan Muda Masjid-Musholla (AMM) yang berbasis di Yogyakarta. Diterbitkan pada awal 1990-an, Iqro ditujukan sebagai batu loncatan awal untuk dapat membaca Al-Qur'an dalam bahasa aslinya serta keterampilan dalam membaca Al-Qur'an. Iqro biasanya dipelajari oleh anak-anak TK sampai awal sekolah dasar, dan sering digunakan di sekolah khusus pembacaan Al-Qur'an, pesantren, surau, dan sekolah rumah (homeschooling) untuk pendidikan agama. Namun, tak jarang Iqro juga digunakan oleh orang dewasa hingga lansia yang baru memulai belajar membaca Al-Qur’an.

Metode Iqro adalah metode pembelajaran membaca huruf-huruf Hijaiyah dari permulaan dengan disertai atura bacaan, tanpa makna dan tanpa lagu dengan tujuan agar pembelajar dapat membaca Al-Qur’an sesuai kaidahnya.  Metode iqro adalah metode cepat belajar membaca Al-Qur'an yang dalam waktu relatif singkat dapat dengan mudah mengantarkan santri, remaja, dan orang dewasa bisa membaca Al-Qur'an.

Dalam metode ini cara membaca huruf-huruf Hijaiyyah telah dimodifikasi yaitu dengan mencari padanan huruf- huruf latin. Misalnya diajarkan tanda baca fathah = a, kasrah = i, dlammah = u. fathah tanwiin = an, kasrah tanwin = in, dlammah tanwin = un.

4 dari 5 halaman

Tujuan dari Metode Iqro

Metode iqro ini dalam prakteknya tidak membutuhkan alat yang bermacam-macam, karena ditekankan pada bacaannya (membaca huruf Al-Qur'an dengan fasih). Bacaan langsung tanpa dieja. Artinya diperkenalkan nama-nama huruf hijaiyah dengan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) dan lebih bersifat individual.

Tujuan dari metode iqro' adalah untuk menyiapkan anak didik menjadi generasi yang qur'ani yaitu generasi yang mencintai Al-Qur'an, komitmen dengan Al-Qur'an dan menjadikannya sebagai bacaan dan pandangan hidup sehari-hari.

5 dari 5 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Metode Iqro

Dalam buku Proof Of Love For The Qur’an Bukti Cinta Terhadap Al-Qur’an (2022) karya Nurlizam, dkk., berkut kelebihan dan kekurangan menggunakan metode Iqro’,

a. Kelebihan

  • Anak didik mudah menerima yang telah diberikan oleh ustadz melalui buku-buku pelajaran Iqro’.
  • Anak didik dapat membaca huruf Al-Qur’an dengan lancar dan sesuai dengan makhrojnya.
  • Anak didik dapat membaca Al-Qur’an dengan lancar sesuai dengan bacaan kalimatnya atau tajwid.

b. Kekurangan

  • Anak didik hanya bisa membaca huruf Al-Qur’an dengan baik dan lancar.
  • Anak didik kurang dapat menulis Al-Qur’an terutama pada huruf atau kalimat yang pendek dari surat Al-Qur’an.
  • Bagi anak didik yang lemah berfikir maka lemah sekali menerima pelajaran yang diberikan oleh ustadz.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.