Sukses

17 Ciri-Ciri Anak Indigo Dewasa, Kenali Lebih Dekat

Konsep anak indigo sangat kontroversial.

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri anak indigo dewasa bisa menarik untuk diketahui. Mengutip dari Wikipedia, anak indigo merupakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan anak yang diyakini memiliki kemampuan atau sifat yang spesial, tidak biasa, dan bahkan yang bersifat supranatural, serta memiliki pemikiran nalar di luar pemikiran anak-anak pada umumnya.

Belakangan ini anak indigo menjadi fenomena baru dalam perkembangan anak. Konsep anak indigo sebenarya sudah muncul sejak 1970an silam. Konsep ini terus berkembang dan makin menarik khalayak umum khususnya orangtua.

Ciri-ciri anak indigo dewasa bisa dilihat dari tingkah laku dan kebiasaannya. Anak-anak Indigo dianggap sebagai pemikir bebas dengan wawasan mendalam tentang kondisi manusia dan kemampuan untuk melihat kebenaran dengan jelas. Ciri-ciri anak indigo dewasa kerap kali dilihat dari sikapnya yang lebih dewasa dari anak seusianya.

Meski tak ada bukti atau penelitian ilmiah mengenai bagaimana tepatnya ciri-ciri anak indigo dewasa, ada banyak karakteristik berbeda dari seorang anak indigo. Ciri-ciri anak indigo dewasa juga dianggap memiliki intuisi yang kuat dan beragam karunia rohani seperti kemampuan berkomunikasi dengan pembimbing roh atau mendapat penglihatan khusus.

Ciri-ciri anak indigo dewasa sangat khusus dan kompleks sehingga tidak dapat diterapkan secara luas kepada setiap orang. Berikut ciri-ciri anak indigo dewasa yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa(24/9/2019).

2 dari 7 halaman

Mengenal anak indigo

Indigo adalah fenomena di mana manusia memiliki ketajaman indra keenam. Istilah indigo merujuk pada spektrum warna nila yang terletak di antara biru dan violet. Konsep anak indigo pertama kali dikemukakan oleh cenayang Nancy Ann Tappe pada tahun 1970-an. Dalam bukunya, Tappe menyadari bahwa ada banyak anak yang lahir dengan aura "indigo".

Sebelumnya, bidang aurik diharapkan menjadi warna pelangi, tetapi bidang Indigos didominasi oleh warna biru nila, membentuk perubahan arah bagi umat manusia.

Menurut Tappe, ada beberapa jenis anak indigo, meskipun mereka semua memiliki beberapa sifat yang sama, termasuk: rasa superioritas, kesulitan dengan figur otoritas, penolakan untuk melakukan hal-hal rutin, dan tidak responsif terhadap tindakan disipliner tertentu.

Tappe dan para pengikutnya percaya bahwa anak-anak indigo yang menunjukkan ciri-ciri anak indigo dewasa ini memiliki pengetahuan yang lebih unggul dari orang dewasa mana pun dan akan membantu membawa teknologi yang sampai saat ini tidak terbayangkan ke dunia. Namun, psikolog dan dokter percaya bahwa anak-anak yang menunjukkan sifat-sifat ini memiliki kelainan yang perlu diobati.

3 dari 7 halaman

Konsep anak indigo yang kontroversial

Banyak anak yang dilabeli indigo didiagnosis mengidap attention-deficit hyperactivity disorder (ADHD). Dalam bukunya Tober dan Carroll yang berjudul The Indigo Children, mereka menghubungkan konsep indigo dengan diagnosis ADHD.

Semua anak Indigo cenderung memiliki IQ tinggi dan kepercayaan diri, yang bertepatan dengan "resistensi terhadap otoritas" dan "kecenderungan yang mengganggu," sifat ini secara kebetulan, terlihat pada anak-anak dengan A.D.D. atau A.D.H.D. Bagi sebagian orang tua, lebih mudah mengaitkan masalah perilaku anak mereka dengan kualitas manusia super, daripada mendiagnosis mereka dengan kelainan.

Menurut psikolog Russell Barkley, pergerakan Zaman Baru belum menghasilkan satu bukti pun mengenai keberadaan anak indigo, dan 17 sifat yang dikaitkan dengan anak indigo terlalu umum sehingga dapat dikaitkan dengan banyak orang. Kurangnya dasar ilmiah untuk konsep indigo diakui oleh beberapa tokoh pendukung indigo seperti Doreen Virtue, pengarang buku The Care and Feeding of Indigos, dan James Twyman, pembuat film indigo.

Ahli kesehatan kejiwaan juga khawatir karena pelabelan indigo dapat menghambat diagnosis dan penanganan yang tepat pada masalah psikologis anak yang sesungguhnya. Ahli lain juga menyatakan bahwa sifat-sifat anak indigo dapat diinterpretasikan sebagai pembangkangan dan kewaspadaan belaka.

4 dari 7 halaman

Ciri-ciri anak indigo dewasa

1. Berkemauan keras

Kamu adalah orang yang bersemangat yang akan melakukan apa pun untuk mencapai tujuan atau impian. Bahkan jika orang lain mengkritik atau tidak mendukung, kamu tetap melanjutkan apa pun yang terjadi.

2. Memiliki jiwa tua (old soul)

Kamu merasa seolah-olah kamu telah menjalani banyak kehidupan, dan memiliki kebijaksanaan yang orang lain seusiamu belum miliki.

3. Seorang pemikir bebas

Tidak ada ide atau kepercayaan yang terlalu sulit bagimu untuk dibedah atau disangkal. Kamu lebih suka berpikir untuk diri sendiri daripada mengikuti orang banyak.

4. Seorang yang keras kepala

Sebagai seorang anak atau remaja, kamu mungkin dianggap sebagai "nakal," "menjengkelkan," tidak patuh, dan pelawan.

5 dari 7 halaman

Ciri-ciri anak indigo dewasa

5. Seorang pencari kebenaran yang bersemangat

Kamu selalu berusaha membedakan kebenaran dan kenyataan dari kebohongan dan tipuan. Ketika berada di sekitar orang lain, kamu dapat langsung mengetahui kapan seseorang berbohong atau menyembunyikan sesuatu.

6. Tanggap dan cerdas

Kamu dapat melihat dan memahami hal-hal tentang kemanusiaan dan kehidupan yang tidak dipahami oleh kebanyakan orang.

7. Sangat intuitif

Ciri-ciri anak indigo dewasa selanjutnya adalah memiliki intuisi yang tajam. Persepsimu yang tajam juga membuatmu sangat intuitif. Kamu dapat sering mengintuidasi tindakan terbaik serta mengetahui hal-hal tentang orang lain yang rahasia atau tersembunyi.

8. Kamu ingin mengubah dunia

Jauh di lubuk hatimu, kamu merasakan kekuatan pendorong untuk menciptakan perubahan positif di dunia dan tahu bahwa takdirmu adalah menjadi pengubah paradigma.

6 dari 7 halaman

Ciri-ciri anak indigo dewasa

9. Berempati dan berbelas kasih

Setiap kali kamu melihat atau mendengar kekerasan, kehancuran, dan kekejaman, kamu merasa sedih dan marah.

10. Pemimpin pembuat perubahan

Kamu mungkin kesulitan bekerja dalam tim atau untuk orang lain. Tapi akan bekerja lebih baik ketika kamu bertanggung jawab atau bekerja sendiri. Kamu merasa sulit untuk mematuhi otoritas, terutama ketika otoritas itu bermasalah, tidak logis atau ketinggalan zaman.

11. Idealis

Sementara idealisme dapat menjadi sifat positif, itu juga dapat membawa kerugian seperti terlalu kritis atau menuntut.

12. Memiliki kepribadian penyendiri

Kamu merasa sulit berada di dekat terlalu banyak orang sekaligus, dan seringkali lebih suka menghabiskan waktu sendiri.

7 dari 7 halaman

Ciri-ciri anak indigo dewasa

13. Sangat kreatif

Otak nonconformistmu mengekspresikan diri melalui seni dan kreativitas. Baik itu menggambar, menari, menyanyi, membangun, melukis, menulis atau kerajinan.

14. Memiliki hubungan yang kuat dengan alam dan hewan

Kamu merasa paling betah ketika berada di dekat laut atau dikelilingi oleh pepohonan dan hewan.

15. Tertarik pada spiritualitas

Sebagai anak indigo, kamu tertarik pada kebenaran dalam bentuknya yang paling murni.

16. Bergumul dengan kebosanan

Karena pikiran yang tajam dan ingin tahu, kamu cenderung berjuang dengan struktur rutin dan konvensional.

17. Cenderung mengalami kecemasan eksistensial

Kecemasan dan depresi yang ada jauh melampaui kecemasan dan depresi yang biasa. Ini karena kamu lebih mementingkan kehidupan itu sendiri daripada diri sendiri.

Nah itu tadi ulasan mengenai ciri-ciri anak indigo dewasa. Kendati demikian konsep tentang anak indigo sebenarnya masih menuai pro kontra.

Video Terkini