Sukses

14 Cara Memanjangkan Bulu Mata Secara Alami dengan Cepat, Efektif dan Mudah

Ini beberapa cara memanjangkan bulu mata secara alami yang dapat kamu coba di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Cara memanjangkan bulu mata secara alami dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Bulu mata lentik, panjang dan tebal adalah dambaan setiap wanita. Berkat bulu mata yang tebal dan lentik, mata dan wajah akan semakin terlihat menawan. 

Bulu mata tak hanya sebagai pemanis pada wajah, namun juga berperan penting dalam melindungi mata dari kotoran, serta bertindak sebagai sensor yang memperingatkan mata terhadap potensi bahaya dari benda yang mendekat. Panjang dan ketebalan bulu mata pada setiap orang tentu berbeda. Namun, bagi mereka yang memiliki bulu yang tipis dan pendek, terkadang menggunakan bulu mata palsu untuk menambah penampilan menawan. 

Selain bulu mata palsu, kini juga sudah ada extension bulu mata di mana menggunakan bulu mata sintetis seperti asli yang dilem di sela-sela bulu mata asli. Tetapi, penggunaan extension bulu mata juga tak bisa sembarangan dan juga lem yang digunakan pun harus aman bagi mata. Namun, menurut ahli kesehatan,  ekstensi bulu mata dapat menimbulkan risiko kesehatan serius mulai dari alergi hingga infeksi.

Solusinya daripada bingung karena ingin bulu mata tebal nan lentik tapi nggak mau ribet, ada baiknya menggunakan bahan alami. Berikut ini ini ada cara memanjangkan bulu mata secara alami yang dapat kamu lakukan di rumah, yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (4/8/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Lidah Buaya dan Minyak Kemiri

1. Lidah Buaya 

Cara memanjangkan bulu mata secara alami yang pertama adalah dengan lidah buaya. Tumbuhan yang satu ini banyak dipakai untuk menebalkan rambut. Lidah buaya sangat mudah ditemukan karena banyak yang menanamnya di pekarangan rumah. Nah, kamu juga bisa menggunakan lidah buaya ini sebagai salah satu cara melebatkan bulu mata.  Cara menebalkan bulu mata denga lidah buaya adalah oleskan lendir lidah buaya pada akar bulu mata setiap pagi.

Namun, jangan sampai kelopak mata kamu terkena lendir lidah buaya juga, karena lendir lidah buaya bisa menimbulkan gatal dan iritasi di kulit kelopak mata. Sebagai informasi, lidah buaya memiliki banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan rambut seperti vitamin A, vitamin C, protein, dan lainnya. 

2. Minyak Kemiri

Cara memanjangkan bulu mata selanjutnya adalah menggunakan minyak kemiri. Ya bumbu dapur yang satu ini berfungsi untuk memanjangkan rambut. Kamu juga bisa menggunakannya pula untuk menumbuhkan bulu mata. Cara menebalkan bulu mata dengan oleskan minyak kemiri tersebut pada bulu mata setiap malam sebelum tidur. Keesokan harinya, segera bilas bulu mata setelah bangun. Agar kamu segera memperoleh hasil yang maksimal, lakukan cara ini setiap hari.

3 dari 8 halaman

Minyak Zaitun dan Daun Sirih

3. Minyak Zaitun 

Cara memanjangkan bulu mata selanjutnya adalah dengan minyak zaitun. Minyak zaitun tak hanya bermanfaat untuk orang-orang yang sedang melakukan diet sehat, tetapi minyak ini juga memiliki banyak manfaat yang lainnya. Salah satunya untuk kamu yang ingin memiliki bulu mata tebal dengan cara yang alami.  Minyak yang kerap kali digunakan sebagai masker wajah ini memang bisa membersihkan dan melembabkan kulit wajah. Untuk menebalkan bulu mata dengan minyak zaitun, cukup oleskan minyak ini dari pangkal hingga ujung bulu mata layaknya menggunakan mascara.

4. Daun Sirih

Cara memanjangkan bulu mata selanjutnya adalah menggunakan daun sirih. Daun sirih memang sangat populer untuk menjaga kesehatan organ intim kewanitaan. Akan tetapi, daun yang satu ini sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata. Di samping itu, daun sirih juga efektif mempertebal bulu mata. Cara menebalkan bulu mata dengan daun sirih adalah gunakan tangkai daun sirih yang dioleskan dengan lendir lidah buaya, lalu oleskan di akar bulu mata. Dalam beberapa minggu, kamu akan mulai melihat bulu mata yang semakin indah.

4 dari 8 halaman

Minyak Kastor dan Teh Hijau

5. Minyak Kastor

Cara memanjangkan bulu mata selanjutnya adalah dengan minyak kastor. Minyak Kastor atau Castor Oil adalah minyak jarak yang mengandung banyak vitamin E, manfaat minyak kastor ini dapat menutrisi rambut dari akar hingga ujung rambut. Melembabkan rambut yang mudah patah dan bercabang, minyak kastor ini juga mengandung asam amino yang dapat menguatkan akar rambut. Di pasaran sudah tersedia minyak kastor dalam bentuk botol hingga kamu tidak usah meracik menjadi zat cair. Caranya seperti yang lain hanya oleskan pada bulu mata, lakukan perawatan ini setiap harinya.

6. Teh Hijau

Cara memanjangkan bulu mata selanjutnya adalah dengan teh hijau. Teh hijau mengandung sifat antioksidiatif dan anti karsinogenik. Teh hijau biasanya digunakan sebagai pengganti kopi karena sangat sedikit kandungan kafeinnya. Bila dikonsumsi teh hijau dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan mengurangi tumbuhnya kanker. Untuk kesehatan rambut, teh hijau dapat menghambat kerontokan rambut dan menyuburkan rambut.

Namun sedikit tips untuk menyeduh teh hijau lebih baik menyeduh serbuk teh daripada menggunakan kantong teh. Hal ini agar mendapatkan antioksidan lebih banyak. Cara menebalkan bulu mata dengan teh hijau pun gampang, seduh teh hijau dengan air hangat dan celupkan kapas lalu tempelkan kapas tersebut di sekitar bulu mata.

5 dari 8 halaman

Vitamin E dan Air Kelapa

7. Vitamin E 

Cara memanjangkan bulu mata selanjutnya adalah dengan vitamine E. Vitamin E kini sudah banyak tersedia, baik dalam bentuk cair di dalam kapsul maupun bentuk lainnya. Vitamin E sangat berkontribusi untuk mempertebal bulu mata. Ada beberapa cara untuk menebalkan mata dengan vitamin E. Pertama, ambil cairan vitamin E pada kapsul dan oleskan pada bulu mata. Kedua, konsumsi vitamin E secara teratur. Yang ketiga adalah mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E, seperti stroberi, pisang, biji-bijian, kacang-kacangan, dan sayuran berwarna hijau. 

8. Air Kelapa

Cara memanjangkan bulu mata selanjutnya adalah dengan air kelapa. Manfaat air kelapa banyak sekali, selain untuk mengatasi pengaruh racun ternyata air kelapa juga mengandung bahan anti kanker, anti penuaan, karena memiliki kandungan cytokinin, khlor, kadar kalium, dan klorin yang tinggi. Untuk kecantikan, kamu dapat cari air kelapa muda lalu basuhkan pada wajah, hal ini akan menghilangkan bekas-bekas jerawat, memperlambat proses penuaan dan salah satu manfaatnya memanjangkan rambut termasuk menebalkan bulu mata.

6 dari 8 halaman

Telur dan Minyak Almond

9. Telur

Selain menjadi bahan makanan, telur juga menjadi bahan untuk cara memanjangkan bulu mata yang direkomendasikan untuk dicoba. Caranya, ambil sebutir telur dan campurkan dengan satu sendok teh gliserin kemudian koncok hingga merata. Gunakan kapas untuk mengoleskan campuran telur tersebut ke bulu mata. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air dingin.

10. Minyak Almond

Cara memanjangkan bulu mata berikutnya adalah menggunakan minyak almond. Minyak almond mengandung magnesium yang cukup tinggi. Hal ini sangat efektif untuk memanjangkan bulu mata. Magnesium berfungsi untuk penyubur sekaligus menjaga kesehatan rambut. Cara untuk melakukannya adalah oleskan minyak almond pada bulu mata sebelum tidur dan biarkan semalaman. Keesokan harinya,jangan lupa bersihkan sembari mencuci muka. Gunakan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7 dari 8 halaman

Minyak Jojoba dan Minyak Argan

11. Minyak Jojoba

Minyak jojoba ini merupakan salah satu yang kerap digunakan untuk menjaga kelembapan rambut. Minyak ini mampu melindungi rambut dari paparan sinar matahari. Dengan demikian, rambut pada bulu mata juga bisa terlindungi sekaligus dapat tumbuh secara alami. Oleskan secara rutin minyak jojoba pada bagian bulu mata sebelum tidur, lalu cuci bersih keesokan harinya.

12. Minyak Argan

Minyak argan adalah ekstrak dari buah pohon argan. Tanaman ini berasal dari Maroko. Minyak argan sangat dikenal di dunia kecantikan. Kandungan vitamin A, E, dan asam lemak di dalamnya membantu mempercepat pertumbuhan bulu mata. Tak hanya itu, minyak argan juga bisa digunakan untul melentikkan bulu mata. Oleskan minyak argan di bulu mata sebelum tidur untuk mendapatkan bulu mata yang lebat. Setelah dioles, biarkan semalaman. Jangan lupa bilas pada keesokan harinya.

8 dari 8 halaman

Minyak Rosemary dan Minyak Jeruk Bali

13. Minyak Rosemary

Cara memanjangkan bulu mata selanjutnya adalah dengan minyak rosemary. Sejak dulu rosemary dikenal dapat merangsang pertumbuhan rambut dengan cepat. Hal ini dikarenakan minyak rosemary bertugas untuk merangsang folikel bulu mata. Dengan begitu, kamu bisa mengaplikasikannya pada bulu mata untuk mencegah kerontokan bulu mata. Cara penggunaannya juga cukup mudah, Oleskan minyak esensial rosemary pada bulu mata sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

14. Minyak Jeruk Bali

Cara memanjangkan bulu mata selanjutnya adalah dengan minyak jeruk Bali. Aroma jeruk Bali sangat disukai oleh banyak orang karena dianggap dapat merelaksasikan diri. Di samping itu, minyak jeruk Bali ternyata juga memiliki manfaat besar untuk mempercantik bulu mata. Kamu cukup menggunakan secara rutin, oleskan minyak jeruk Bali pada bulu mata sebelum tidur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini