Sukses

Operator Produksi adalah Melakukan Kontrol Kegiatan Produksi, Pahami Tugas dan Tanggung Jawabnya

Operator produksi adalah pekerjaan yang mayoritas dibutuhkan di pabrik atau warehouse.

Liputan6.com, Jakarta Memahami operator produksi adalah memiliki tugas mengontrol operasi atau kerja yang dilakukan pabrik untuk melakukan produksi. Operator produksi adalah pekerjaan yang mayoritas dibutuhkan di pabrik atau warehouse.

Melansir dari Seek, pada Selasa (18/1/2022) operator produksi adalah seseorang yang mengoperasikan peralatan atau mesin untuk membantu proses pembuatan, perakitan, pengemasan, dan langkah lainnya dalam jalur produksi.

Dalam modul pembelajaran berjudul Teknisi dan Operator Pabrik yang diterbitkan Quipper Campus, profesi operator produksi adalah peran sentral dalam aktivitas produksi di suatu pabrik.

“Operator pabrik adalah bertugas mengoperasikan mesin-mesin dan peralatan lainnya yang ada di pabrik agar proses produksi berjalan sesuai dengan prosedur perusahaan, serta memenuhi standar keamanan, kesehatan, dan keselamatan pekerja,” dijelaskan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang operator produksi serta tugas dan tanggung jawabnya, Selasa (18/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tugas dan Tanggung Jawab Operator Produksi

Bagaimana peran dan tanggung jawab operator produksi? Quipper Campus menjelaskan peran dan tanggung jawab operator produksi adalah terdiri dari enam bagian penting. Ini penjelasannya:

1. Peran dan tanggung jawab operator produksi adalah mendesain sebuah tampilan pabrik, baik melalui aplikasi maupun di atas kertas.

2. Peran dan tanggung jawab operator produksi adalah melakukan metode dalam pengembangan teknologi ramah lingkungan di sekitar pabrik.

3. Peran dan tanggung jawab operator produksi adalah mengoperasikan mesin-mesin dan peralatan lainnya yang ada di pabrik.

4. Peran dan tanggung jawab operator produksi adalah memastikan tahapan-tahapan di sepanjang jalur produksi berjalan sesuai dengan prosedur perusahaan.

5. Peran dan tanggung jawab operator produksi adalah mengatur dan mengontrol bahan baku untuk proses produksi agar sesuai dengan ketentuan perusahaan.

6. Peran dan tanggung jawab operator produksi adalah menjamin terpenuhinya standar keamanan, kesehatan, dan keselamatan pekerja produksi.

Berdasarkan pada tugas dan tanggung jawab operator produksi yang sudah dijelaskan, apa pengetahuan dan keahlian paling diperlukan untuk terjun dengan profesi operator produksi?

Dijelaskan, pengetahuan dan keahlian yang diperlukan operator produksi adalah mampu berpikir logis, mampu melakukan analisis, mampu bekerja dalam tim, memiliki keterampilan dalam berkomunikasi, paham tentang dunia permesinan, dan memiliki penguasaan bahasa asing.

“Jika kamu ingin berkarier pada profesi ini, ilmu yang perlu kamu pelajari adalah teknik industri, teknik mesin, teknik elektro, teknik kimia, dan kimia,” dijelaskan.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Industri

Hampir semua industri yang ada di dunia membutuhkan pekerja operator produksi. Dalam Undang-Undang nomor 3 tahun 2014 dijelaskan, industri adalah seluruh bentuk dari kegiatan ekonomi yang mengelolah bahan baku dan atau memanfaatkan sumber daya industri.

“Sehingga dapat menghasilkan barang yang memiliki nilai tambah atau manfaat yang lebih tinggi, termasuk juga jasa industri,” dijelaskan.

Ada empat belas macam industri yang membutuhkan peranan operator produksi. Apa saja? Ini penjelasan macam-macam industri yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Macam Industri Pertambangan

Industri pertambangan berdedikasi untuk menemukan dan mengekstraksi logam dari permukaan bumi di seluruh dunia. Logam ini digunakan untuk tujuan komersial dan pembuatan perhiasan. Macam industri di Indonesia ini juga menangani produksi dan perdagangan logam.

2. Macam Industri Manufaktur

Macam industri di Indonesia ini memiliki banyak kategori, misalnya industri makanan, industri perminyakan, industri kertas, industri kayu, industri kulit, industri pabrik tekstil, industri pakaian jadi, industri alat transportasi, industri peralatan listrik dll.

3. Macam Industri Media Berita

Industri media merupakan industri yang penting. Target dari macam industri di Indonesia ini adalah untuk memberikan berita kepada orang-orang. Itu membuat orang sadar akan kejadian di dunia. Ada berbagai macam platform media seperti koran, televisi, radio, blog online, website, podcast. 

4. Macam Industri Farmasi

Perusahaan farmasi adalah perusahaan berlisensi untuk meneliti, menemukan, mengembangkan, memasarkan, dan menjual obat. Ini adalah industri penting di seluruh dunia. Macam industri di Indonesia ini jelas merupakan industri berbasis penelitian dan pengembangan (R&D). 

5. Macam Industri Hiburan

Industri hiburan yang biasa disebut bisnis pertunjukan, mempekerjakan ratusan ribu orang dan terdiri dari tiga kelompok utama orang. Sisi bisnis macam industri di Indonesia ini meliputi manajer, agen, produsen, dan distributor. 

Sisi kreatifnya mencakup penghibur, seperti artis, artis, musisi, penulis, dan teknisi seperti teknisi pencahayaan atau juru kamera. Pemirsa merupakan bagian inti dari sektor hiburan.

6. Macam Industri Konstruksi

Macam industri di Indonesia berikutnya yaitu industri konstruksi. Industri konstruksi berisi semua langkah yang diperlukan untuk membangun infrastruktur; mulai dari merancang dan membangun hingga memelihara proyek. 

7. Macam Industri Elektronik

Macam industri di Indonesia ini yang paling umum yaitu industri elektronik. Industri elektronik memulai abad ke-20 dengan titik krusial berada di tahun 1990-an ketika komputer pribadi menjadi populer dan lebih mudah diakses. 

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Industri Selanjutnya

8. Macam Industri Dirgantara

Industri kedirgantaraan yaitu meliputi tentang penelitian, pengembangan, dan pembuatan kendaraan penerbangan. Sektor macam industri di Indonesia ini juga terlibat dalam sistem kritis yang digunakan untuk pengujian, pengoperasian, dan pemeliharaan kendaraan penerbangan.

9. Macam Industri Pertanian

Macam industri di Indonesia berikutnya adalah industri pertanian. Pertanian adalah industri terbesar di dunia. Menciptakan peluang kerja bagi lebih dari satu miliar orang, ini juga merupakan pemberi kerja global terbesar kedua (tepat setelah industri jasa). 

10. Macam Industri Komputer

Macam industri selanjutnya yaitu industri komputer. Industri komputer telah berkembang pesat secara drastis di abad ke-21. Macam industri di Indonesia ini telah mengambil alih hampir semua industri lainnya. Industri komputer atau disebut juga Industri Teknologi Informasi (TI). 

11. Macam Industri Makanan

Industri makanan adalah kumpulan dari beragam bisnis yang bersama-sama bertanggung jawab untuk memasok makanan ke populasi global. Untuk menghasilkan makanan, macam industri di Indonesia ini menggunakan bahan mentah dalam jumlah besar yang diperoleh langsung dari sektor pertanian. 

12. Macam Industri Transportasi

Macam industri di Indonesia yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari yaitu industri transportasi. Industri transportasi adalah salah satu jenis industri bisnis terbesar. 

13. Macam Industri Pendidikan

Macam macam industri di Indonesia selanjutnya adalah industri pendidikan. Industri pendidikan atau sistem pendidikan diwakili oleh sekelompok lembaga yang menyelenggarakan pendidikan. Lembaga ini melibatkan kementerian pendidikan, lembaga pelatihan guru, sekolah negeri atau swasta, universitas, dll.

14. Macam Industri Telekomunikasi

Macam industri di Indonesia selanjutnya adalah telekomunikasi. Industri telekomunikasi terdiri dari perusahaan yang memungkinkan komunikasi di seluruh dunia melalui telepon seluler, internet, kabel atau tanpa kabel. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.