Sukses

Ciri-Ciri Wanita Mandul yang Perlu Dikenali dan Cara Memeriksanya

Ciri-ciri wanita mandul kebanyakan bisa dilihat dari bagaimana kondisi yang dialaminya saat menstruasi.

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri wanita mandul tidak dapat dilihat dari penampilan fisik. Kamu hanya bisa mengetahui bahwa seorang wanita mandul dengan melakukan serangkaian tes dari dokter di rumah sakit. Namun ada beberapa ciri-ciri wanita mandul yang berkaitan dengan ketidaksuburan.

Kemandulan atau interfitilitas adalah kegagalan bagi pasangan suami istri dalam memiliki keturunan setelah berusaha selama 12 bulan atau lebih. Sebenarnya kemandulan ini tidak hanya dialami oleh kaum wanita, laki-laki pun bisa mengalaminya.

Ciri-ciri wanita mandul kebanyakan bisa dilihat dari bagaimana kondisi yang dialaminya saat menstruasi. Dengan mengetahui berbagai ciri-ciri ini, kamu bisa mengecek kondisimu sebelum terlambat untuk mencegah atau mengatasinya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (2/10/2019) ciri-ciri wanita mandul.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, secara fisik kamu tidak bisa menemukan ciri-ciri wanita mandul. Namun, ciri-ciri wanita mandul ini bisa dilihat dari siklus menstruasinya yang tidak teratur.

Biasanya setiap wanita mempunyai siklus dan waktu menstruasi yang berbeda-beda. Namun, asalkan waktunya konsisten, siklus menstruasi kamu bisa dikatakan normal. Siklus menstruasi normal sendiri biasanya berkisar sekitar 28 hari hingga 35 hari.

Siklus menstruasi yang tidak teratur sebagai salah satu ciri-ciri wanita mandul disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan hormon. Hal ini dapat menyebabkan sebuah kondisi yang dikenal sebagai sindrom ovarium polikistik (PCOS). PCOS adalah kondisi di mana folikel kecil di ovarium tidak berkembang menjadi folikel matang guna melepaskan telur. Folikel tidak matang ini akan membuat kamu sulit untuk hamil.

3 dari 7 halaman

Mengalami Sakit yang Tak Tertahankan Saat Menstruasi

Ciri-ciri wanita mandul selanjutnya yaitu mengalami sakit yang tak tertahankan saat menstruasi. Umumnya wanita yang sedang menstruasi memang merasakan beberapa ketidaknyamanan, dan bahkan bisa berupa rasa sakit seperti kram perut dan kembung.

Namun, bila kamu mengalami rasa sakit yang tak tertahankan ini, ada baiknya kamu memeriksakan diri ke dokter untuk lebih amannya. Walaupun hal ini tidak selalu menjadi salah satu ciri-ciri wanita mandul, namun dalam beberapa kasus rasa sakit ini bisa disebabkan oleh endometriosis, yang berkaitan dengan ciri-ciri wanita mandul.

4 dari 7 halaman

Endometriosis

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ciri-ciri wanita mandul selanjutnya adalah Endometriosis. Endometriosis adalah sebuah kondisi yang terjadi ketika adanya jaringan (endometrium) yang tumbuh di luar rahim. Saat jaringan ini tumbuh di luar rahim kamu, biasanya ditemukan di panggul atau perut. Jaringan ini bisa mencegah sperma berenang mencapai sel telur, sehingga bisa mempersulit proses pembuahan.

Ketika kamu mengalami kram saat menstruasi yang cukup parah, kesakitan saat berhubungan intim, pendarahan abnormal, sakit pada area dubur, atau keluar darah ketika buang air kecil, maka bisa jadi itu merupakan gejala dari endometriosis ini.

Oleh karena itu, kamu harus segera memeriksakan kondisi kesehatan bila mengalami berbagai kondisi yang telah disebutkan.

5 dari 7 halaman

Darah Saat Menstruasi Terlalu Banyak atau Terlalu Sedikit

Ciri-ciri wanita mandul selanjutnya adalah darah pada saat menstruasi terlalu banyak atau terlalu sedikit. Umumnya menstruasi terjadi selama 3-7 hari.

Jika darah yang keluar terlalu banyak, maka hal tersebut bisa menandakan adanya masalah kesehatan menorraghia atau menstruasi berlebihan yang dapat menyebabkan mandul. Menorraghia disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, efek atau dampak pengobatan tertentu, KB spiral, hingga komplikasi kehamilan yang menimbulkan pendarahan.

Sedangkan jika darah yang keluar terlalu sedikit atau tidak menstruasi, dapat disebabkan oleh sindrom ovarioum polikistik (PCOS). Wanita yang menderita PCOS biasanya juga mendapati adanya rambut yang biasa tumbuh pada pria. Seperti kumis, jenggot, bahkan bulu dada.

6 dari 7 halaman

Berat Badan Naik atau Turun Mendadak

Ciri-ciri wanita mandul selanjutnya adalah berat badan naik atau turun secara tiba-tiba. Biasanya saat berat badan kamu naik atau turun tanpa alasan yang jelas, bisa jadi merupakan indikasi kamu mengalami masalah kesuburan atau mandul.

Hal ini disebabkan karena, bagi sebagian wanita, kenaikan berat badan secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas bisa jadi disebabkan oleh sindrom ovarium polikistik (PCOS). PCOS akan menyebabkan tubuh mengalami ketidakseimbangan hormon dan membuat berat badan kamu bisa naik atau turun secara tiba-tiba.  

7 dari 7 halaman

Cara Memeriksa Kamu Tidak Subur atau Mandul

Tes Infertilitas

Untuk mengatasi dan mengetahui adanya masalah pada kesuburan, dokter akan melakukan beberapa tes, seperti tes darah guna memeriksa kadar hormon dan melakukan biopsi endometrium untuk memeriksa lapisan rahim kamu.

Laparoskopi

Dokter akan menggunakan tabung kecil dengan kamera yang dimasukkan ke dalam perut untuk melihat bagian luar rahim, ovarium, dan saluran tuba pada proses laparoskopi ini. Selain itu, hal ini juga memiliki fungsi lainnya untuk mengetahui adanya sumbatan tuba falopi atau pertumbuhan abnormal pada rahim.

Histerosalpingografi (HSG)

Selain itu, Histerosalpingografi juga bisa digunakan untuk mengetahi adanya kemandulan pada wanita. Prosedur ini menggunakan alat ultrasound (USG) atau sinar-X pada organ reproduksi. Nantinya, dokter akan menyuntikkan pewarna atau saline ke bagian serviks yang melalui saluran tuba untuk mengetahui kondisi saluran tuba, apakah kamu mandul atau tidak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini