Sukses

10 Manfaat Facial Wajah untuk Kecantikan, Sehatkan Kulit

Facial wajah mampu membantu kulit nampak sehat dan bercahaya.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat facial wajah telah digunakan banyak orang untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bersih. Facial wajah merupakan rangkaian prosedur perawatan kulit untuk membersihkan wajah. Saat facial, kulit wajah akan melalui proses pembersihan, pengelupasan, dan pemberian nutrisi.

Tak sedikit orang belum mengetahui manfaat facial wajah. Ada juga yang menganggap facial adalah prosedur yang menyakitkan sehingga sejumlah orang menghindari perawatan wajah ini. Padahal, jika dilakukan dengan benar dengan ahlinya, manfaat facial wajah bisa sangat menguntungkan kulit.

Manfaat facial wajah yang dilakukan secara berkala atas saran ahli merupakan perawatan kulit yang baik. Facial harus dilakukan oleh ahli estetika atau dokter kulit jika kulit bermasalah.

Manfaat facial wajah mampu membantu membuat kulit nampak bersih, terhidrasi dengan baik dan terlihat lebih muda. Manfaat facial wajah juga bisa meringankan stres dan membuat tubuh lebih rileks. Berikut manfaat facial wajah, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (11/2/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat facial wajah

Membersihkan wajah

Salah satu prosedur dalam facial adalah pembersihan kulit. Facial sangat baik untuk membersihkan wajah secara menyeluruh yang tidak mungkin dilakukan di rumah. Dokter atau ahli estetika akan lebih memahami jenis kulit dan tahu apa yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit. Proses pembukaan pori-pori, pengelupasan, pemijatan, dan pemberian nutrisi akan mampu meningkatkan tampilan kulit sekaligus menjaganya tetap sehat.

Cegah penuaan

Saat facial, sel-sel kulit mati dapat terangkat secara total, mencegah kulit kusam dan rusak. Pemijatan yang dilakukan saat facial membantu meningkatkan regenerasi sel dan mendorong perkembangan kolagen. Ini dapat mendukung kulit yang tampak lebih muda dan mencegah penuaan dini.

Facial dapat membantu meremajakan kulit. Terapis atau ahli wajah menggunakan berbagai metode, produk, dan teknologi yang membantu meningkatkan tekstur kulit.

3 dari 6 halaman

Manfaat facial wajah

Tingkatkan sirikulasi darah

Pijatan yang dilakukan saat facial mampu meningkatkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang baik pada wajah membantu sel-sel mendapatkan banyak oksigen dan nutrisi yang dibawa bersama dengan darah. Dengan facial sel-sel pada wajah menjadi lebih sehat dan mendukung tampilan kulit yang bercahaya.

Pijatan wajah saat facial juga membuat kulit tampak sehat yang juga memengaruhi fungsi organ-organ lain.

Bantu detoksifikasi

Facial berperan untuk mendetoksifikasi kulit dari sel-sel kulit mati dan residu yang menumpuk di kulit. Residu di kulit yang tidak diangkat dengan benar akan menyebabkan jerawat. Facial membantu menghilangkan kelebihan minyak dan racun kulit.

4 dari 6 halaman

Manfaat facial wajah

Merawat jerawat dan bekasnya

Facial juga mampu mencegah dan merawat jerawat dan bekasnya. Perawatan facial untuk wajah berjerawat memerlukan konsultasi dari dokter kulit dan ahli kecantikan. Ahli kecantikan sering menggunakan produk yang mengandung asam salisilat untuk mengobati jerawat.

Mengurangi komedo

Komedo bisa menyumbat pori-pori dan membuat kulit nampak kusam. Proses facial mampu mengangkat komedo dan mencegah penyumbatan ini. Facial merupakan perawatan ideal untuk komedo. Proses penguapan dan ekstraksi, diikuti dengan pijatan yang baik mampu membuka dan menyumbat pori-pori serta membersihkan kulit secara mendalam.

5 dari 6 halaman

Manfaat facial wajah

Eksofoliasi kulit

Sel-sel mati cenderung menumpuk di permukaan, membuat kulit kasar dan kering. Meski eksofoliasi kulit bisa dilakukan dengan scrubbing di rumah, facial bisa mengangkat sel kulit mati secara menyeluruh. Facial melibatkan bahan kimia yang membersihkan permukaan kulit secara menyeluruh dan mengeluarkan lapisan kulit yang sehat di bawahnya.

Selama facial, wajah diuapkan ntuk membuka pori-pori dan mengangkat semua sel mati, sehingga mencegah jerawat dan masalah kulit lainnya.

Kencangkan kulit

Seiring bertambahnya usia dan faktor gaya hidup, kulit akan kehilangan elastisitasnya. Ini karena produksi kolagen yang berkurang. Selama facial, para profesional menggunakan kulit kimia, paket wajah, masker, lotion, dan krim yang diperkaya dengan ekstrak botani yang merangsang produksi kolagen dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Facial membantu melembabkan kulit dan menghaluskan pori-pori kulit. Ini juga mengandung bahan-bahan yang mengurangi hiperpigmentasi dan membuat kulit tetap kencang.

6 dari 6 halaman

Manfaat facial wajah

Kurangi kantung mata

Kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata merupakan masalah yang sangat umum. Kulit di bawah mata memiliki perawatan berbeda dari kulit lainnya karena cenderung lebih tipis. Saat facial, para ahli kecantikan tahu cara merawat bagian bawah mata yang sensitif. Dengan facial, kantung mata dan garis hitam di bawah mata dapat berkurang.

Facial juga mampu menghilangkan noda hitam di wajah yang disebabakan oleh penuaan, terlalu banyak paparan sinar matahari, dan perubahan hormon.

Meningkatkan kemampuan penyerapan kulit

Sebelum perawatan wajah, ahli kecantikan bertanya tentang jenis kulit, masalah yang dihadapi, dan masalah apa yang ingin diatasi. Facial mampu meningkatkan kemampuan kulit untuk menyerap produk lain secara efektif. Produk-produk kecanrtiakan seperti serum, pemutih, pelembap akan dapat terserap dengan efektif setelah facial dilakukan. Dengan facial kulit akan menjadi halus dan siap menyerap produk perawatan wajah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini