Sukses

11 Cara Mengatasi Depresi Menurut Psikologi yang Mudah Dilakukan

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan 350 juta orang di seluruh dunia menderita depresi.

Liputan6.com, Jakarta Apa itu depresi? Memahami depresi adalah kondisi kesehatan mental yang membuat penderita merasa terpuruk, sedih, dan rendah. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan 350 juta orang di seluruh dunia menderita depresi.

Melansir dari WebMD, pada Senin (28/2/2022) psikiater dan direktur Program Penelitian dan Klinik Depresi di UCLA Ian Cook, MD menjelaskan cara mengatasi depresi secara alami bisa dilakukan dengan membuat rutinitas baru, menghilangkan pikiran negatif, hingga mencukupkan waktu tidur.

Meski demikian, cara mengatasi depresi menurut psikologi sangat dianjurkan untuk mengonsultasikan dengan ahli. Penderita depresi akan mendapat arahan tepat bagaimana mengatasi gejala depresi dan mendapat obat yang tepat.

Berikut Liputan6.com ulas cara mengatasi depresi menurut psikologi, Senin (28/2/2022).

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Depresi Menurut Psikologi

1. Melakukan Rutinitas

Cara mengatasi depresi menurut psikologi adalah cobalah untuk melakukan lebih banyak rutinitas bernilai. Jika merasa sedang depresi, menurut psikiater Ian Cook, MD  harus melakukan rutinitas.

Depresi dapat menghancurkan struktur dari hidup penderitanya dan berlangsung pada hari berikutnya. Menetapkan jadwal harian untuk memulai melakukan rutinitas bisa menjadi cara mengatasi depresi menurut psikologi.

2. Menetapkan Tujuan

cara mengatasi depresi menurut psikologi adalah mulai menetapkan tujuan dalam hidup. Saat mengalami depresi, penderita akan merasa tidak dapat mencapai apa pun dan memperburuk keadaan diri sendiri.

"Mulailah dari yang sangat kecil," kata Cook.

Menetapkan tujuan sebagai cara mengatasi depresi menurut psikologi, bisa dilakukan dengan menyelesaikan target harian. Mulai dari mencuci piring, mencuci baju, memasak, memancing, dan masih banyak lagi.

3. Melakukan Latihan

Cara mengatasi depresi menurut psikologi adalah melakukan latihan. Latihan yang seperti apa? Contohnya latihan olahraga, karena cara mengatasi depresi menurut psikologi ini mampu meningkatkan bahan kimia perasaan baik yang disebut endorfin.

“Olahraga teratur tampaknya mendorong otak untuk memperbaiki dirinya sendiri dengan cara yang positif,” kata Cook.

4. Mengonsumsi Makanan Sehat

Cara mengatasi depresi menurut psikologi adalah mulailah dengan mengonsumsi makanan sehat. Jika depresi cenderung membuat makan berlebihan, paling baik mengendalikan konsumsi makanan akan membantu seseorang merasa lebih baik.

Meskipun tidak ada yang pasti, Cook mengatakan ada bukti bahwa cara mengatasi depresi menurut psikologi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 (seperti salmon dan tuna) dan asam folat (seperti bayam dan alpukat) dapat membantu meringankan depresi.

5. Mencukupkan Waktu Tidur

Cara mengatasi depresi menurut psikologi adalah mulailah mencukupkan waktu tidur. Depresi dapat membuat penderita sulit mencukupi waktu tidurnya, lalu apa yang bisa dilakukan agar waktu tidur terpenuhi?

Cara mengatasi depresi menurut psikologi, mulailah dengan membuat beberapa perubahan pada gaya hidup. Pergi tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Cobalah untuk tidak tidur siang.

“Singkirkan semua gangguan dari kamar tidur Anda tanpa komputer dan tanpa TV. Pada waktunya, Anda mungkin menemukan tidur Anda membaik,” dijelaskan.

6. Mengambil Tanggung Jawab

Cara mengatasi depresi menurut psikologi adalah mulailah percaya untuk mengambil sebuah tanggung jawab. Penderita yang mengalami depresi cenderung memiliki keinginan menarik diri dari kehidupan dan melepaskan tanggung jawab di rumah dan di tempat kerja.

Cara mengatasi depresi menurut psikologi adalah jangan menuruti kemauan diri untuk menarik dari kehidupan sosial. Sangat disarankan untuk tetap terlibat dan memiliki tanggung jawab sehari-hari karena ini bisa memperbaiki pikiran dan hati yang sedang kacau saat depresi.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Depresi Menurut Psikologi Selanjutnya

7. Hilangkan Pikiran Negatif

Cara mengatasi depresi menurut psikologi adalah mulai menghilangkan pikiran negatif dalam diri. Saat mengalaminya, penderita depresi akan merasa buruk tentang diri sendiri. Psikiater merekomendasikan cara mengatasi depresi untuk menggunakan logika sebagai pengobatan depresi alami.

8. Melakukan Konsultasi

Cara mengatasi depresi menurut psikologi adalah mulailah melakukan konsultasi dengan ahli. Ini bisa dilakukan sebelum menggunakan suplemen atau mengonsumsinya untuk mengatasi masalah depresi.

9. Melakukan Hal Baru

Cara mengatasi depresi menurut psikologi adalah mencoba melakukan hal baru. Misalnya saja seperit mendorong diri untuk melakukan sesuatu yang berbeda.

“Pergi ke museum. Ambil buku bekas dan baca di bangku taman. Relawan di dapur umum. Ikuti kelas bahasa,” dijelaskan.

Psikiater Cook menjelaskan saat seseorang menantang diri untuk melakukan sesuatu yang berbeda, ada perubahan kimiawi di otak seperti mengubah tingkat dopamin [bahan kimia otak].

“Dikaitkan dengan kesenangan, kenikmatan, dan pembelajaran," dijelaskan.

10. Bersenang-senang

Cara mengatasi depresi menurut psikologi adalah coba untuk bersenang-senang. Jika depresi, luangkan waktu untuk hal-hal yang disukai. Bagaimana jika seseorang merasa tidak ada yang tampak menyenangkan lagi?

"Itu hanya gejala depresi," kata Cook.

Cook menjelaskan cara mengatasi depresi menurut psikologi adalah penderita harus terus berusaha. Meski terdengar aneh, tetap cobalah untu merencanakan hal-hal yang bisa dinikmati, bahkan jika itu terasa seperti tugas.

11. Menghindari Alkohol dan Obat Terlarang

Cara mengatasi depresi menurut psikologi adalah hindari mengonsumsi alkohol dan obat terlarang. Penyalahgunaan zat tersebut umum terjadi pada orang yang mengalami depresi.

Meski sebenarnya, tidak jelas apakah minum dan menggunakan narkoba menyebabkan depresi. Hanya saja, penggunaan narkoba jangka panjang dapat mengubah cara kerja otak dan memperburuk atau menyebabkan masalah kesehatan mental.