Sukses

Kalimat Opini adalah Pendapat Tanpa Bukti, Pahami Ciri-Ciri dan Contohnya

Opini adalah pendapat, pikiran, dan pendirian

Liputan6.com, Jakarta Apa itu kalimat opini? Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan opini adalah kalimat yang didasarkan pada pendapat dan belum terbukti kebenarannya. Kalimat opini adalah kalimat pendapat.

Dalam jurnal resmi Universitas Islam Riau, dijelaskan kalimat opini adalah sebagai tanggapan terbuka terhadap suatu persoalan yang dinyatakan dalam bentuk kata-kata, tertulis maupun lisan.

Hal yang sama dijelaskan dalam buku berjudul Pendapat Publik, Pendapat Umum dan Pendapat Khalayak dalam Komunikasi Sosial (1990) oleh Sastropoetro, kalimat opini adalah suatu hasil interaksi dan pemikiran manusia tentang suatu hal yang kemudian dinyatakan atau diekspresikan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang opini, kalimat opini, ciri-ciri kalimat opini, dan contoh kalimat opini yang perlu dipahami, Selasa (15/3/2022).

2 dari 4 halaman

Memahami Kalimat Opini

Memahami opini adalah bagian dari pendapat. KBBI menjelaskan opini adalah pendapat, pikiran, dan pendirian. Lalu apa itu kalimat opini? Kalimat opini adalah kalimat yang didasarkan pada pendapat dan belum terbukti kebenarannya.

Dalam buku berjudul Pendapat Publik, Pendapat Umum dan Pendapat Khalayak dalam Komunikasi Sosial (1990) oleh Sastropoetro, kalimat opini adalah suatu hasil interaksi dan pemikiran manusia tentang suatu hal yang kemudian dinyatakan atau diekspresikan.

Opini pada kalimat opini adalah secara etimologi berasal dari bahasa latin, yaitu “opinari” yang berarti berfikir atau menduga. Opini pada kalimat opini adalah mengandung akar kata onis yang berarti harapan.

Sementara dalam bahasa Inggris “opinion” berhubungan erat dengan kata “option” dan “hope”, yang artinya pilihan atau harapan. Opini pada kalimat opini adalah secara terminologi dapat dimaknai sebagai pernyataan yang tidak meyakinkan, digunakan dalam hal-hal subjektif, yang tidak dapat dibuktikan benar atau salah.

Dalam jurnal resmi Universitas Islam Riau, dijelaskan kalimat opini adalah sebagai tanggapan terbuka terhadap suatu persoalan yang dinyatakan dalam bentuk kata-kata, tertulis maupun lisan. Kalimat opini adalah dapat dinyatakan melalui perilaku, sikap tindak, mimik muka atau bahasa tubuh (body language) atau berbentuk simbol-simbol tertulis.

Bagaimana ciri-ciri opini secara umum? Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, ini ciri-ciri umum sebuah opini:

1. Ciri-ciri opini adalah dari segi isi, kebenaran opini bisa disesuaikan dengan kenyataan pada kepentingan tertentu.

2. Ciri-ciri opini adalah dari segi kebenaran, opini dikatakan benar atau tidak disesuaikan dengan data pendukung atau konteks yang dijabarkan.

3. Ciri-ciri opini adalah dari segi pengungkapan. opini cenderung persuasif dan argumentatif.

4. Ciri-ciri opini adalah dari segi penalaran, opini cenderung bersifat deduktif.

5. Ciri-ciri opini adalah dalam kalimat opini banyak berisi pendapat dari diri sendiri ataupun dari orang lain. Dalam beberapa kasus, pada kalimat opini ditemukan pernyataan dari orang yang sudah terkenal sehingga terkesan sebagai fakta.

6. Ciri-ciri opini adalah pernyataan yang dipaparkan dalam kaimat cenderung subyektif. Artinya, hal-hal yang dikemukakan hanya menurut salah satu pihak sehingga tidak bisa dikatakan netral.

7. Ciri-ciri opini adalah seseorang akan cenderung menemukan kata yang bersifat relatif. Maksud relatif di sini ialah kata atau frasa tersebut cenderung bisa berubah tergantung siapa yang mengucapkannya.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Kalimat Opini

Apabila sudah memahami ciri-ciri umum opini, selanjutnya ketahui ciri-ciri kalimat opini. Ini penjelasan ciri-ciri kalimat opini yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Mengandung Pendapat Pribadi

Ciri-ciri kalimat opini adalah banyak berisi pendapat dari diri sendiri ataupun dari orang lain. Dalam beberapa kasus, pada kalimat opini adalah ditemukan pernyataan dari orang yang sudah terkenal sehingga terkesan sebagai fakta. Padahal, perkataan orang masih sebatas pendapat yang belum bisa dibuktikan kebenarannya.

2. Bersifat subyektif

Hampir sama dengan ciri pertama, ciri-ciri kalimat opini adalah pernyataan yang dipaparkan dalam kaimat cenderung subyektif. Artinya, ciri-ciri kalimat opini adalah hal-hal yang dikemukakan hanya menurut salah satu pihak sehingga tidak bisa dikatakan netral.

3. Memiliki Kata Bersifat Relatif

Pada ciri-ciri kalimat opini adalah seseorang akan cenderung menemukan kata yang bersifat relatif. Maksud relatif di sini ialah kata atau frasa tersebut cenderung bisa berubah tergantung siapa yang mengucapkannya. Kata yang termasuk relatif, di antaranya paling, lebih, agak, ataupun biasanya.

4 dari 4 halaman

Contoh Kalimat Opini

Memahami kalimat opini tidak cukup dari pengertiannya saja, simak contoh kalimat opini agar lebih memahami. Ini kumpulan contoh kalimat opini yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Sepertinya pagi ini akan turun hujan yang deras dan disertai angin kencang, terlihat dari warna langit yang lebih pekat dari sebelumnya.

2. Kemungkinan besar saya belum bisa menghadiri acara resepsi pernikahan senior, sebab masih dalam rangka perjalanan dinas dari kantor.

3. Rasa makanan satu ini dijamin akan terasa lebih enak jika ditambahkan dengan sedikit bubuk kaldu jamur.

4. Bahasa Inggris menjadi salah satu mata pelajaran yang banyak dibenci para siswa dan mahasiswa.

5. Makan bakso hangat terasa lebih nikmat jika disantap saat hujan turun dan cuaca sedikit dingin.

6. Makan mie instan terlalu banyak bisa membuat seseorang kecanduan.

7. Tidur terlalu lama bisa membuat seseorang mengalami kegemukan.

8. Perempuan lebih pintar daripada laki-laki.

9. Belajar bahasa Inggris lebih mudah daripada belajar bahasa Jerman.

10. Raditya Dika adalah penulis novel terbaik di Indonesia.

11. Indonesia akan menjadi makmur apabila dipimpin oleh seorang militer.

12. Perempuan itu terlihat lebih cantik ketika menggunakan hijab berwarna cerah.

13. Liverpool sepertinya akan menjadi juara liga Inggris musim ini.

14. Kucing adalah binatang yang menggemaskan.

15. Jika pengamanan diatur dengan baik maka tidak akan ada insiden narapidana melarikan diri dari lapas.

16. Tidur setelah makan akan menyebabkan perut buncit.

17. Drama korea menjadi drama yang paling disukai oleh generasi muda saat ini karena ceritanya yang romantis serta para pemainnya yang tampan dan cantik.

18. Menjadi seorang pengusaha itu sangat mudah.

19. Penyebab kebakaran sementara diperkirakan karena teradinya arus pendek.

20. Indonesia adalah negara yang indah.

21. Sepertinya nanti sore akan turun hujan deras yang disertai dengan angin kencang.

22. Makanan itu akan terasa lebih gurih jika ditambahkan sedikit perasan air jeruk.

23. Bunga mawar adalah bunga yang paling indah dibandingkan bunga yang lain.

24. Matematika dan Bahasa Inggris adalah mata pelajaran yang banyak dibenci oleh para siswa sekolah.

25. Rumah yang kosong dalam waktu lama dipercaya berhantu.

26. Penjual sering memadati lokasi ini saat cuaca cerah, dan sepertinya hari ini akan sepi penjual.

27. Drama Korea menjadi salah satu tontonan favorit anak-anak muda jaman sekarang.

28. Bunga mawar adalah bunga paling indah diantara bunga lainnya.

29. Bunga melati adalah bunga yang paling harum diantara bunga lainnya.

30. Nita adalah anak paling cantik diantara anak lainnya di kelas 11.

31. Makan malam di kedai paman sepertinya gagal dilakukan, karena ibu sedang marang kepada ayah.