Sukses

6 Makanan Khas Korea Selatan yang Halal, Wajib Dicoba

Makanan khas Korea Selatan yang halal untuk dicoba.

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Korea Selatan yang halal ini merupakan pengetahuan wajib bagi kamu yang hendak merencanakan liburan ke Korea Selatan. Menu makanan halal ini salah satu poin penting bagi warga masyarakat Indonesia. Baik untuk mempersiapkan libur di negara sendiri atau juga di negara tetangga. Karena hampir 90 persen penduduk Indonesia ini beragama Islam, jadi menu makanan halal harus tetap dipersiapkan. 

Tidak perlu banyak khawatir, karena sekarang banyak negara yang memperhatikan dan memberikan banyak ruang untuk umat Islam. Terutama, tentang menu makanan halal. Bahkan menu makanan khas Korea Selatan yang halal, sudah pasti mudah ditemukan. Banyak dari pedagang di Korea Selatan juga mengingatkan pembeli terutama wisatawan Asia, tentang menu makanan yang dijualnya. Seperti makanan tersebut halal atau tidak.

Di Korea Selatan ini tidak hanya menarik karena drama korea, film, Kpop, fashion, dan makeup-nya saja. Tetapi kini makanan khas Korea Selatan yang halal juga sangat mendunia. Pasti yang sudah sering menikmati tayangan serial drama korea atau juga film korea sudah memahami bagaimana bentuk dan rasa yang ditampilkan dalam serial atau film tersebut. Dan sudah pasti membuat kalian bertanya-tanya, apakah makanan yang terlihat enak di serial drama dan film korea halal?

Nah, di sini pentingnya mengetahui apa saja sebenarnya makanan khas Korea Selatan yang halal dan bisa dengan mudah ditemukan. Walaupun sudah menggunakan pemandu wisata, tetapi bukankah juga lebih aman dan tenang lagi jika mengetahuinya sendiri? Bukan ingin berprasangka buruk, tetapi penting sekali hukumnya untuk lebih bisa mengantisipasi segala kemungkinan. Seperti halnya mengetahui menu makanan khas Korea Selatan yang halal ini.

Berikut penjelasan mengenai makanan khas Korea Selatan yang halal yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (8/4).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Makanan Khas Korea Selatan yang Halal: Kimchi

Makanan khas Halal ini terbuat dari sayuran yang difermentasi dengan beraneka ragam bumbu rempah yang dipadukan dengan rasa pedas dan asam. Sayuran yang biasanya digunakan untuk membuat makanan kimchi ini adalah sawi, lobak, atau juga mentimun.

Sementara untuk sausnya biasa menggunakan cabe, jahe, bawang bombay, bawang putih, pasta udang, dan saus ikan. Makanan ini biasanya dibuat dalam jumlah yang banyak karena cocok disantap dengan menu makanan apa saja dan bisa lebih tahan lama jika disimpan dalam lemari pendingin.

3 dari 7 halaman

2. Makanan Khas Korea Selatan yang Halal: Kimbap

Makanan khas halal ini terbuat dari nasi putih, seperti namanya bap yang berarti nasi. Namun makanan ini tidak hanya berupa nasi, yang membuat makanan ini menjadi khas karena di dalamnya masih banyak sekali printilan-printilannya. Seperti semacam ikan, daging, telur, dan sayuran.

Cara membuatnya, biasanya dengan digulung dan pada lapisan luar terdapat lembaran rumput laut. Makanan ini juga memang sengaja dibuat kecil-kecil agar bisa dimakan dengan sekali suap saja. Unik sekali bukan? Nah selain itu sayuran yang biasa digunakan adalah timun, bayam, wortel, dan lobak.

4 dari 7 halaman

3. Makanan Khas Korea Selatan yang Halal: Bibimbap

Makanan khas halal ini terbuat dari nasi seperti Kimbap. Namun yang membedakan keduanya, Bibimbap ini disajikan dalam mangkuk. Kemudian di bagian bawahnya diisi nasi, sedangkan di bagian atasnya ada aneka lauk dan sayuran serta saus sambal.

Tampilan dari makanan khas halal ini lucu dan menarik sekali, karena warnanya kontras sekali. Cara memakannya juga menarik loh. Dengan banyaknya menu yang dicampur di dalam mangkuk, kemudian kesemuanya diaduk-aduk. Dan tidak lupa disajikan dalam keadaan panas seperti hot plate.

5 dari 7 halaman

4. Makanan Khas Korea Selatan yang Halal: Jjajangmyeon

Makanan khas halal ini terbuat dari mie besar seperti mie ayam. Namun makanan ini menggunakan perpaduan antara saus kedelai hitam kental, sayur, dan potongan daging sapi. Namun terkadang Jjajangmyeon juga disajikan dengan seafood atau daging babi jadi harus lebih mewaspadai sebelum mencicipinya ya.

Selain itu, tidak hanya menggunakan saus kedelai hitam. Tetapi makanan ini juga diberi tambahan air kaldu. Tujuan diberi air kaldu agar dapat mengurangi rasa asin dari pasta kedelai dan maizena atau pati kentang yang ada dalam sajian.

6 dari 7 halaman

5. Makanan Khas Korea Selatan yang Halal: Sup Rumput Laut

Makanan khas halal ini terbuat dari rumput laut. Seperti namanya miyeok yang berarti rumput laut. Rumput laut ini kemudian diolah dengan direndam dalam air kaldu sapi atau juga ikan. Kemudian diberi tambahan bumbu kecap, bawang putih, garam, dan minyak wijen.

Makanan ini biasa disajikan pada acara ulang tahun loh. Tidak hanya kue ulang tahun, tetapi Sup Rumput Laut seringkali menandai ada yang sedang berulang tahun. Selain itu, makanan ini juga biasa dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Karena makanan ini sangat dipercaya mampu membawa keberuntungan berdasarkan tradisinya.

7 dari 7 halaman

6. Makanan Khas Korea Selatan yang Halal: Tteokbokki

Makanan khas halal ini terbuat dari tepung beras yang dibentuk seperti silinder dengan ukuran yang lebih pendek. Nah makanan ini biasa dimasak dalam bumbu gochujang yang pedas dan manis.

Makanan ini termasuk makanan rakyat di Korea Selatan loh. Dan makanan ini banyak dijual di pinggir jalan. Makanan ini juga dikenal sebagai makanan khas di istana pada masa Dinasti Joseon dengan nama gungjung tteokbokki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini