Sukses

Holiday Artinya Hari Libur, Ketahui Sinonim dan Contoh Kalimatnya

Holiday artinya adalah hari libur yang istimewa karena berkaitan dengan hari raya tertentu atau festival tertentu..

Liputan6.com, Jakarta Holiday artinya adalah hari libur. Namun, Holiday tidak mengacu pada hari libur kerja atau sekolah yang ada setiap hari Sabtu dan Minggu setiap pekan. Holiday artinya adalah hari libur, di mana orang-orang tidak bekerja dan sekolah karena untuk memperingati hari raya tertentu atau festival.

Dari penjelasan tersebut, dapat dipahami bahwa holiday artinya adalah hari libur di luar hari libur setiap pekan. Sebagai contoh, libur Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, dan Natal bisa disebut sebagai holiday. Namun hari libur sekolah atau kantor pada hari Sabtu dan Minggu tidak bisa disebut sebagai holiday.

Intinya, holiday artinya adalah hari libur yang istimewa karena berkaitan dengan hari raya tertentu atau festival tertentu. Biasanya pada saat holiday, sebagian besar orang tidak akan pergi bekerja atau sekolah, bahkan kantor-kantor layanan publik juga tidak beroperasi pada hari itu.

Untuk lebih memahami holiday artinya apa, berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (22/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Holiday

Holiday adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris. Oleh karena itu, untuk mengetahui holiday artinya apa, penting bagi kita untuk merujuk pada kamus dalam bahasa Inggris.

Menurut Cambridge Dictionary, holiday artinya hari untuk perayaan ketika banyak orang diperbolehkan untuk tidak bekerja atau sekolah; waktu ketika Anda jauh dari rumah, dan dapat bersantai, mengunjungi tempat-tempat baru, dll; saat seseorang tidak pergi bekerja tetapi bebas melakukan apa yang diinginkannya, seperti bepergian atau bersantai.

Berdasarkan penjelasan tersebut, dapat dipahami bahwa holiday artinya adalah hari di mana kebanyakan orang diperbolehkan untuk tidak bekerja atau sekolah. Maka tidak mengherankan jika holiday akan jadi waktu yang dimanfaatkan banyak orang untuk bepergian, berwisata, atau melakukan aktivitas lainnya yang mereka senangi.

Maka tidak mengherankan jika holiday sering dikaitkan dengan aktivitas berlibur, bepergian, dan berwisata. Meski pada akhirnya holiday tidak selalu tentang aktivitas wisata. Akan tetapi yang pasti, holiday artinya adalah hari libur di luar hari libur di setiap pekannya.

3 dari 4 halaman

Sinonim Holiday

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, holiday artinya adalah hari di mana sebagian besar tidak bekerja dan sekolah. Pada saat holiday, sebagian besar orang akan memanfaatkan waktu luang mereka untuk pergi berwisata atau menghabiskan waktu mereka dengan melakukan hal-hal yang mereka senangi.

Maka tidak mengherankan jika holiday ini juga sering disebut dengan menggunakan istilah lain yang menjadi sinonimnya. Setidaknya ada 19 kata yang dinilai memiliki hubungan sinonimi dengan holiday, yakni sebagai berikut,

  1. anniversary, hari di mana peristiwa penting terjadi di tahun sebelumnya
  2. break, jeda dalam pekerjaan atau selama aktivitas atau acara.
  3. celebration, acara sosial khusus, seperti pesta, ketika Anda merayakan sesuatu
  4. feast, makan besar, biasanya untuk merayakan sesuatu.
  5. festival, hari atau periode perayaan, biasanya peringatan keagamaan.
  6. festivity, the celebration of something in a joyful and exuberant way.
  7. gala, acara publik khusus di mana ada banyak hiburan, biasanya dalam bentuk berbagai jenis pertunjukan
  8. layoff, kesempatan ketika sebuah perusahaan berhenti mempekerjakan seseorang, terkadang untuk sementara, karena perusahaan tidak memiliki cukup uang atau pekerjaan yang cukup
  9. recess, periode waktu antara kelas ketika anak-anak tidak belajar
  10. vacation, saat seseorang tidak pergi bekerja atau sekolah tetapi bebas melakukan apa yang diinginkannya, seperti bepergian atau bersantai
  11. fete, acara publik, sering diadakan di luar, di mana Anda dapat ikut serta dalam kompetisi dan membeli barang-barang kecil dan makanan, sering diselenggarakan untuk mengumpulkan uang untuk tujuan tertentu
  12. fiesta, perayaan umum di Spanyol atau Amerika Latin, terutama pada hari libur keagamaan, dengan berbagai jenis hiburan dan aktivitas
  13. jubilee, hari di mana peristiwa penting terjadi bertahun-tahun yang lalu
  14. leave, untuk pergi dari seseorang atau sesuatu, untuk waktu yang singkat atau permanen
  15. day of rest, hari dalam seminggu di mana, biasanya karena alasan agama, orang tidak, atau tidak seharusnya, bekerja; hari Sabat atau Minggu.
  16. few days off, beberapa hari ketika Anda tidak harus bekerja atau melakukan sesuatu yang biasa Anda lakukan
  17. long weekend, periode liburan yang mencakup satu hari atau lebih, sebelum atau setelah akhir pekan, selain hari Sabtu dan Minggu.
4 dari 4 halaman

Contoh Kalimat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, holiday artinya adalah hari libur yang terkait dengan perayaan tertentu. Untuk lebih memahami holiday artinya apa, penting bagi kita untuk mengetahui contoh penggunaan kata holiday dalam kalimat. Berikut adalah sejumlah contoh kalimat dengan menggunakan kata "holiday,"

(1) They just look like any other school pupils out on their bikes during the school holidays. (Mereka terlihat seperti murid sekolah lainnya yang sedang bersepeda selama liburan sekolah.)

(2) People are booking their summer holiday for next year now. (Orang-orang memesan liburan musim panas mereka untuk tahun depan sekarang.)

(3) It was their first holiday abroad together. (Itu adalah liburan pertama mereka ke luar negeri bersama.)

(4) We take frequent holidays nearer to home for some winter sunshine. (Kami sering berlibur lebih dekat ke rumah untuk menikmati sinar matahari musim dingin.)

(5) My friend was away on holiday. (Teman saya sedang pergi berlibur.)

(6) Funnily enough, my very first holidays were working ones. (Lucunya, liburan pertama saya adalah liburan kerja.)

(7) There are discounts on flights and holidays to more than 100 destinations worldwide. (Ada diskon untuk penerbangan dan liburan ke lebih dari 100 tujuan di seluruh dunia.)

(8) If it was not renewed, the company would be unable to continue selling package holidays. (Jika tidak diperpanjang, perusahaan tidak dapat melanjutkan penjualan paket liburan.)

(9) Demand for new video game releases was weaker than expected in the holiday period, it said. (Permintaan untuk rilis video game baru lebih lemah dari yang diharapkan pada periode liburan, katanya.)

(10) It is to be enjoyed like a holiday trip. (Ini untuk dinikmati seperti perjalanan liburan.)

(11) The school sets homework for holiday periods and says it is within its rights to do this. (Sekolah menetapkan pekerjaan rumah untuk periode liburan dan mengatakan itu adalah haknya untuk melakukan ini.)

(12) You only get one summer holiday a year. (Anda hanya mendapatkan satu liburan musim panas dalam setahun.)

(13) There were none when she was on holiday for four weeks. (Tidak ada siapapun saat dia berlibur selama empat minggu.)

(14) Workers can bank holidays in advance so they get paid while they are away. (Pekerja dapat mengatur hari libur terlebih dahulu sehingga mereka dibayar selama mereka pergi.)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.