Sukses

8 Kuliner Khas Klaten yang Terkenal, Menggugah Selera dan Bikin Ketagihan

Berbagai macam kuliner khas Klaten yang unik dapat membuat Anda ketagihan.

Liputan6.com, Jakarta Kuliner khas Klaten yang merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah ini, ternyata cukup beragam. Kuliner khas Klaten wajib untuk Anda coba tentunya. Klaten terletak di jalan utama yang menghubungkan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Solo. Atau, apabila Anda dari arah timur dan menuju arah barat atau sebaliknya, maka Klaten akan selalu Anda lewati.

Saat Anda melewati Kletn, tidak ada salahnya bagi Anda mencoba berkunjung ke beberapa lokasi yang menjajakan kuliner khas Klaten sembari beristirahat setelah berjam-jam perjalanan. Karena Anda akan menemukan berbagai kuliner khas Klaten yang unik dan mungkin membuat Anda ketagihan.

Umumnya, kuliner khas Klaten memiliki cita rasa sedap, gurih, dan manis. Ya, memang kuliner khas Klaten ini identik dengan cita rasa masakan Jawa. Namun jangan salah, walaupun identik dengan rasa manis gurih khas Jawa, banyak orang dan wisatawan yang selalu datang kembali ke kota ini hanya untuk melepas rasa kangen dengan kuliner khas Klaten tersebut.

Agar tidak membuat Anda semakin penasaran apa saja kuliner khas Klaten, maka berikut ini Liputan6.com telah merangkum berbagai kuliner khas Klaten yang dapat Anda cicipi, Selasa (21/4/2020).

2 dari 5 halaman

Kuliner khas Klaten yang sehat dan mengenyangkan

1. Sop Ayam Pak Min

Kuliner khas Klaten ini sangat dikenal oleh masyarakat Klaten dan di sekitar daerah Klaten. Sop Ayam Pak Min ini sebenarnya merupakan sop khas Klaten yang biasanya disebut dengan sop ayam pecok. Istilah pecok sendiri memiliki arti dipotong acak, atau cacah. Disebut demikian karena ayam yang terdapat di dalam sop tersebut memang dipotong tidak beraturan.

Kuah sop ini sangat segar karena terbuat dari kaldu hasil rebusan tulang dan daging ayam. Kuliner khas Klaten ini sedikit berbeda dibanding sop ayam di daerah lain. Karena sop ini tidak memiliki isian sayuran kecuali daun seledri, dan benar-benar hanya kuah dan ayam yang direbus.

Ayam yang digunakan pada kuliner khas Klaten ini biasanya ayam kampung. Saat Anda berkunjung ke Sop Ayam Pak Min, Anda dapat memilih bagian tubuh ayam mana yang Anda suka, mulai dari bagian dada, paha, hingga kepala. Warung Sop Ayam Pak Min sangat mudah ditemukan saat Anda berkunjung ke Klaten. Salah satunya berada di Jalan Mayor Kusmanto No 23, tepatnya di depan Inspektorat Bawasda Klaten.

2. Rumah Makan Bu Mayar Cawas

Rumah makan satu ini merupakan salah satu rumah makan yang cukup menjadi favorit baik bagi masyarakat sekitar Klaten maupun para wisatawan yang sedang berkunjung ke Klaten. Menu utama yang ada di Rumah Makan Bu Mayar Cawas ini yaitu ayam goreng bacem dengan sayur terancam. Selain itu disediakan juga areh dan gudeg serta krecek yang sangat nikmat untuk disantap dengan nasi panas.

Rumah makan ini memiliki beberapa cabang, yaitu di Jalan Klaten-Solo Km.4, Mlese, Ceper, Ngaran, Mlese, Kec. Ceper, Kabupaten Klaten. Selain itu ada juga yang berlokasi di Jalan Ringroad Selatan atau yang dikenal dengan By Pass Klaten.

3 dari 5 halaman

Kuliner khas Klaten yang unik

3. Nasi Tumpang Lethok

Kuliner khas Klaten ini biasanya hanya ada di pagi hari. Kuliner ini umumnya berisi nasi putih dengan lauk berupa telur rebus, dan diberi sayuran. Lalu yang terpenting adalah kuah sambal tumpangnya. Sambal tumpang terbuat dari tempe yang telah didiamkan berhari-hari hingga mulai basi. Namun tentu saja makanan ini aman dikonsumsi. Karena dalam mengolah sambal tumpang memang harus hingga matang agar bakteri yang ada pada tempe basi tersebut mati.

Jika Anda suka, nasi tumpang tersebut dapat ditambah berbagai lauk seperti krecek, koyor sapi, dan urap. Salah satu warung makan yang terkenal menjajakan Nasi Tumpang Lethok adalah Warung Makan Mbak Riyanti yang berada di Jalan Mayor Kusmanto. Harganya juga sangat ramah dikantong.

4. Soto Bebek dan Bebek Goreng

Kuliner khas Klaten ini tidak seperti soto pada umumnya. Isi dari soto ini bukanlah berupa daging ayam. Pada soto ini Anda akan menemukan dagin bebek dengan kuah bening. Jangan salah, walaupun bebek biasanya memiliki tekstur daging yang cukup alot, namun pada soto ini daging bebek terasa sangat empuk.

Selain soto bebek, ada juga olahan bebek bacem yang juga terkenal diseluruh Klaten. Bebek ini diberi berbagai macam bumbu yang menimbulkan rasa gurih manis. Cara memasaknya juga membutuhkan waktu lama. Dan setelah selesai proses bacem, bebek kemudian digoreng.

Namun, saat Anda ingin membeli bebek bacem goreng, biasanya penjual sudah menyiapkan bebek bacem yang siap goreng dan dalam waktu singkat bisa Anda nikmati. Salah satu rumah makan yang terkenal yaitu Soto Bebek dan Bebek Goreng Bu Sabar. Anda bisa mengunjungi Soto Bebek dan Bebek Goreng Bu Sabar yang berlokasi Jalan Mayor Kusmanto.

4 dari 5 halaman

Kuliner khas Klaten yang cocok sebagai menu makan malam

5. Bakmi Miroso

Klaten ternyata juga memiliki makanan berbahan dasar mie yang sudah termasuk kategori legendaris, yaitu Bakmi Miroso. Tentu saja yang dijual disini menu utamanya adalah bakmi. Uniknya, banyak orang rela mengantri untuk merasakan kenikmatan dari Bakmi Miroso.

Jika dilihat sekilas, cara memasak bakmi di warung ini terlihat seperti cara memasak makanan khas Chinese food. Namun jangan salah, rasa bakmi disini malah sangat kental dengan rasa khas Jawa. Lokasi dari Bakmi Miroso letaknya tidak jauh dari alun-alun Klaten, tepatnya di Gang Kawung 5, Tegalmulyo, Klaten.

6. Ayam Panggang Khas Klaten

Ayam panggang khas Klaten ini memiliki rasa yang istimewa. Dalam proses memasaknya, ayam terlebih dahulu didiamkan dalam wadah tertutup serta diberi santan dan berbagai rempah khas yang memiliki aroma dan rasa yang kuat. Rasa dari rempah inilah yang akan membuat rasa dari ayam panggang khas Klaten ini menjadi unik. Namun tidak hanya sampai situ, adanya bumbu areh pada ayam panggang ini menambah kenikmatan dan membuat Anda ingin tambah lagi.

Salah satu rumah makan yang menjual ayam panggang khas Klaten yang cukup terkenal yaitu Ayam Panggang Ny. Anggriani yang terletak di Jalan Rajawali, Gang Beruang No. 5, Klaten, Jawa Tengah.

5 dari 5 halaman

Kuliner khas Klaten sebagai camilan dan oleh-oleh

7. Kepelan

Apabila Anda sedang mencari camilan yang nikmat, maka Anda bisa mencoba salah satu jajanan unik khas Klaten ini. Nama makanan ini diberikana karena bentuknya yang menyerupai kepalan tangan. Kepelan awalnya berasalh dari Desa Keden, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten.

Kepelan terbuat dari bahan dasar yaitu tepung terigu. Kepelan akan sangat nikmat apabila disajikan saat masih hangat. Lalu kepelan ini di beri saos sambal atau saus kacang. Cemilan juga sangat mudah ditemui apabila sedang berkunjung ke Klaten. Salah satu lokasinya berada di sepanjang jalan utama Kecamatan Pedan, Klaten. Namun, kepelan saat ini sudah banyak dijual di daerah alun-alun Klaten.

8. Keripik Belut, Cakar, dan Paru

Apabila Anda telah puas berjalan-jalan dan menikmati berbagai macam kuliner khas Klaten, maka sebelum Anda kembali ke kota asal, Anda wajib membeli oleh-oleh khas Klaten yaitu keripiki belut, cakar, dan paru. Selain rasanya gurih dan nikmat, jenis makanan ini cukup tahan lama jika dijadikan oleh-oleh.

Untuk memperoleh keripik ini, Anda bisa mampir ke toko oleh-oleh salah satunya di Toko Oleh-Oleh Khas Klaten Bu Margono, yang terletak di Jalan Ki Ageng Gribig No.64, Dadmulyo, Bareng Lor, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Nah, semua kuliner khas Klaten sangat menggugah selera bukan? selamat berlibur dan mencicipi kuliner khas Klaten.