Sukses

12 Makanan Ikan Cupang yang Mudah Didapat, Penuhi Gizi untuk Pertumbuhan

Beri ikan cupang beragam makanan berikut ini agar pertumbuhannya optimal.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini di pasaran sudah banyak sekali jenis makanan ikan cupang, mulai dari yang alami hingga yang produk jadi. Harganya sangat beragam, mulai dari yang murah hingga mahal tergantung dengan jenis dan populernya makanan ikan cupang tersebut.

Memang, memelihara ikan cupang tidak bisa sembarangan. Sebab ikan cupang bisa saja sulit berkembang dengan optimal bahkan warnanya tidak bisa muncul. Tentu sangat disayangkan jika sudah begitu, mengingat banyak waktu yang tercurah untuk memelihara salah satu jenis ikan hias ini.

Nah tapi tidak perlu khawatir, karena ada banyak jenis makanan ikan cupang yang bisa optimalkan tumbuh kembang dari ikan tersebut seperti yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini, Senin (26/10/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Jenis Makanan Ikan cupang yang Pertama

1. Cacing Darah

Cacing darah atau yang dikenal juga dengan nama bloodworm, merupakan jenis makanan ikan cupang yang cukup populer. Makanan ikan cupang satu ini dipercaya efektif menghasilkan warna agar lebih indah.

 

2. Cacing Sutra

Selain cacing darah, jenis makanan ikan cupang ini bisa dijadikan alternatif pilihan yang baik dalam tumbuh kembang ikan hiasa tersebut. Untuk mendapatkan cacing ini bisa di perairan kotor seperti selokan. Namun tidak perlu khawatir, saat ini juga sudah banyak pedagang yang menjual makanan ikan cupang tersebut.

3 dari 7 halaman

Makanan Ikan Cupang yang Mudah Didapatkan

3. Jentik Nyamuk

Selanjutnya, makanan ikan cupang yang tidak kalah populer adalah jentik nyamuk. Selain lebih mudah didapatkan dibanding cacing, jentik nyamuk juga kaya protein.

Cara mendapatkan jentik nyamuk sangat mudah, yaitu dengan mengisi ember dengan air bekas cucian beras, kemudian tempatkan di lokasi yang gelap dan terbuka. Selanjutnya tunggu beberapa hari hingga muncul jentik-jentik nyamuk.

Namun, jika dirasa tidak sempat untuk mencari jentik nyamuk sendiri, maka bisa membeli jentik nyamuk di toko atau pasar ikan hias.

 

4. Kutu Air

Selain jentik nyamuk, kutu air juga bagus untuk diberikan pada ikan cupang. Nutrisi makanan ikan cupang ini sangat baik dalam menjaga daya tahan anak ikan cupang dan membantu cupang agar warnanya lebih indah.

Tapi makanan ikan cupang ini memiliki kandungan lemak yang rendah. Sehingga diperlukan tambahan pakan lainnya agar pertumbuhan ikan cupang semakin optimal.

4 dari 7 halaman

Jenis Makanan Ikan Cupang Selanjutnya

5. Lalat

Lalat juga merupakan makanan ikan cupang yang tidak kalah bernutrisi dibanding makanan ikan cupang lainnya. Tapi, jangan memberi lalat terlalu banyak pada ikan cupang, dan jangan lupa untuk membuang terlebih dahulu kepala lalat sebelum diberikan ke ikan cupang.

 

6. Microworms

Microworms, disebut demikian karena ukuran cacing ini sangat kecil. Itulah mengapa, microworms cocok dijadikan makanan untuk anakan ikan cupang. Untuk mendapatkan microworms, bisa membelinya ke pedagang ikan hias. Kemudian, agar semakin banyak jumlahnya, letakkan di dalam toples dan beri sedikit roti tawar yang dijadikan remah-remah. Lalu, biarkan hingga microworms berkembang biak dengan sendirinya.

5 dari 7 halaman

Makanan Ikan Cupang yang Tidak Kalah Bagus

7. Artemia

Artemia merupakan jenis udang kecil yang hidup di laut atau dikenal juga dengan nama brine shrimp. Keuntungan dari pemberian artemia sebagai makanan ikan cupang, karena ukutannya yang kecil namun kandungan nutrisi yang tinggi.

Kandungan protein makanan cupang ini sangat baik bagi proses pertumbuhan ikan cupang yang masih cukup kecil. Namun sebelum diberikan ke ikan cupang, ada baiknya membilas artemia terlebih dahulu supaya kadar garamnya berkurang dan tidak menanggu keseimbangan asupan garam yang dikonsumsi ikan cupang.

 

8. Anakan Guppy

Ikan guppy adalah jenis ikan yang mudah dan cepat berkembang biak. Memanfaatkan anakan dari ikan guppy tersebut, bisa membantu tumbuh kembang ikan cupang. Populernya anakan ikan guppy tidak lepas dari kandungan nutrisinya yang sangat baik dan mampu mempercepat serta memaksimalkan pertumbuhan ikan cupang.

6 dari 7 halaman

Makanan Ikan Cupang yang Mudah Dibuat Sendiri

9. Kuning Telur

Untuk mendaptkan kuning telur tentu sangat mudah. Makanan ikan cupang ini memiliki nutrisi tinggi dan tentunya kaya protein. Sebelum memberikannya pada ikan cupang, jangan lupa rebus dahulu atau mengukusnya.

Pastikan jangan diberikan terlalu banyak dan sering. Sebab sisa-sisa dari kuning telur bisa mengotori aquarium ikan cupang dan membuat kesehatan ikan cupang terganggu.

 

10. Insuforia

Pemberian makanan ikan cupang ini bisa diberikan baik saat usia ikan masih muda atau sudah dewasa. Untuk mendapatkan makanan ikan cupang ini sangat mudah, bahkan bisa dibudidayakan sendiri di rumah dengan menggunakan kol atau sawi busuk.

Langkah pembuatan pangannya, pertama-tama dengan merebus kol atau sawi. Kemudian peras sampai keluar sarinya. Campurkan sari tersebut dengan air aquarium dan ampas perasan, lalu masukkan ke toples.

Diamkan sekitar tiga hari di tempat teduh, maka akan muncul hewan-hewan kecil keputihan yang merupakan insuforia. Jangan tunggu terlalu lama, langsung berikan insuforia ke ikan cupang karena insuforia hanya bisa bertahan seminggu.

7 dari 7 halaman

Makanan Ikan Cupang yang Terakhir

11. Vinegar Eel

Makanan ikan cupang ini merupakan jenis belut berukuran kecil. Bahkan saking kecilnya, vinegar eel sulit dilihat dengan mata telanjang. Dengan ukuran yang kecil ini, maka sangat cocok dijadikan salah satu makanan ikan cupang baik dewasa maupun yang masih anakan.

 

12. Pelet Ikan Cupang

Jika tidak ingin repot dan ingin makanan ikan cupang yang awet, maka bisa menggunakan pelet. Namun, pastikan jika pelet yang dipilih memiliki kualitas yang bagus dan tidak mudah mengembang saat terkena air. Sebab jika mudah mengambang bisa membahayakan kesehatan ikan cupang.

Meski berbagai makanan ikan cupang di atas memiliki nutrisi tinggi, namun selalu beri ikan cupang makanan yang bervariasi agar kebutuhan gizi ikan cupang dapat terpenuhi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.