Sukses

13 Arti Mimpi Rambut Rontok Menurut Penjelasan Psikologis, Tandakan Kecemasan

Arti mimpi rambut rontok menjadi sesuatu yang membuat pensaran.

Liputan6.com, Jakarta Arti mimpi rambut rontok seringkali mengganggu pikiran. Mimpi merupakan bentuk halusinasi yang terjadi selama tahap tidur tertentu. Terkadang, mimpi bisa berupa sesuatu yang tidak logis atau aneh.

Salah satu mimpi yang sering dialami orang adalah mimpi rambut rontok. Kamu mungkin bermimpi sedang menyisir rambut dan mengalami kerontokan, bahkan sampai botak. Mimpi ini terkadang bisa terasa menakutkan. Arti mimpi rambut rontok menjadi sesuatu yang membuat penasaran.

Keingintahuan tentang arti mimpi rambut rontok bisa terbawa ke aktivitas sehari-hari. Arti mimpi rambut rontok sering dikaitkan dengan firasat atau pertanda tertentu. Tak jarang orang mencari arti mimpi rambut rontok lewat primbon.

Arti mimpi rambut rontok ternyata bisa dijelaskan secara psikologis. Arti mimpi rambut rontok berkaitan dengan kepercayaan diri, karena rambut merupakan bagian dari kepercayaan diri tersebut. Berikut arti mimpi rambut rontok, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(20/09/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Arti rambut dalam mimpi

Rambut sering dianggap sebagai simbol pribadi dan emosional. Ini adalah simbol citra diri dan harga diri. Dilansir dari Healthline, rambut sama seperti objek lain dalam mimpi, memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda. Mimpi tentang rambut juga tergantung dalam budaya, serta pengalaman hidup.

Menurut Psychnewsdaily, rambut adalah salah satu fitur fisik yang paling penting bagi pria dan wanita. Rambut bukan hanya tentang gaya, tetapi tentang identitas dan kepercayaan diri. Ini sebabnya, mengapa arti mimpi rambut rontok atau botak bisa menjadi pengalaman yang traumatis dan menghancurkan bagi banyak orang.

3 dari 6 halaman

Takut akan kerontokan yang sebenarnya

Arti mimpi rambut rontok bisa jadi karena kamu sudah khawatir kehilangan rambut. Kekhawatiran ini bisa tercermin dalam mimpi. Dilansir dari Healthline, sebuah penelitian kecil pada 2013 menemukan bahwa menekan pikiran sebelum tidur menyebabkan peningkatan mimpi tentang pikiran tersebut.

Rambut rontok adalah kondisi progresif yang dapat disebabkan oleh perubahan hormonal, obat-obatan tertentu, stres, dan genetika. Ini bisa menjadi tanda penuaan atau kadang-kadang mungkin disebabkan oleh penyakit.

Kekhawatiran kerontokan rambut bisa terjadi karena sedang mengonsumsi obat yang dapat menyebabkan kerontokan rambut, sedang menjalani kemoterapi, memiliki alopecia, kanker, atau pola kebotakan.

4 dari 6 halaman

Kecemasan dan stres

Melansir Psychnewsdaily, mimpi rambut rontok sering kali disebabkan oleh kecemasan dan stres yang dialami dalam kehidupan sehari-hari. Stres dan kecemasan ini bisa terjadi karena bekerja, terlihat lebih tua dari yang sebenarnya, atau hanya bekerja keras untuk mempertahankan penampilan.

Mimpi tentang kehilangan rambut mungkin mewakili perasaan harga diri individu itu sendiri, masalah mereka dengan kesombongan, atau perasaan bahwa mereka sedang dihakimi oleh orang lain. Mimpi tentang kehilangan rambut bisa ada hubungannya dengan:

- takut menua atau mati

- kehilangan kendali

- merasa kurang menarik atau sensual

- transisi kehidupan utama

- masalah kesehatan

- stres

5 dari 6 halaman

Arti mimpi rambut rontok secara simbolis

Mimpi rambut rontok umumnya terlihat mewakili ketakutan, kekhawatiran, dan kecemasan seseorang. Jadi, penting untuk memperhatikan mimpi berulang tentang rambut karena mereka mungkin mencoba memberi tahumu sesuatu tentang diri sendiri. Berikut arti mimpi rambut rontok menurut penjelasan simbolis:

1. Arti mimpi rambut rontok dapat dihubungkan dengan ketakutan atau kecemasan si pemimpi mengenai keselamatan atau keamanan pribadi mereka.

2. Arti mimpi rambut rontok dapat melambangkan hilangnya kendali atas kehidupan atau identitas seseorang.

3. Arti mimpi rambut rontok dapat mewakili penyesalan atau rasa malu yang mendalam.

4. Dalam kasus lain, arti mimpi rambut rontok bisa menandakan hilangnya sesuatu – seperti tingkat energi atau kepercayaan.

5 Dalam beberapa kasus, rambut rontok mungkin juga menunjukkan bahwa kamu telah kehilangan sesuatu yang lain, dan ini adalah cara untuk melambangkan bahwa kamu perlu mendapatkan kembali apa yang hilang.

6. Beberapa penelitian mengatakan bahwa dalam banyak kasus, rambut adalah tanda awet muda dan vitalitas. Jika bermimpi rambut menipis atau bahkan menjadi botak, itu bisa berasal dari ketakutan akan penuaan.

7. Kerontokan rambut panjang mungkin mewakili kemuliaan yang memudar dari orang yang diajak bergaul.

6 dari 6 halaman

Arti mimpi rambut rontok secara somatik

Arti mimpi rambut rontok juga bisa dijelaskan secara somatik atau fisik. Mimpi rambut rontok biasanya bukan pertanda bahwa kamu benar-benar kehilangan rambut. Mereka lebih sering mewakili keinginan untuk menyingkirkan sesuatu yang tidak diinginkan. Berikut arti mimpi rambut rontok secara somatik:

1. Arti mimpi rambut rontok bisa menandakan kebiasaan dandanan pribadi dalam kehidupan nyata, seperti mencukur jenggot dan kumis atau memotong rambut.

2. Si pemimpi mungkin mencoba untuk berdamai dengan penampilan rambut mereka dan bagaimana perasaan mereka tentang hal itu.

3. Rambut juga dapat mewakili kesehatan dan kesejahteraan seseorang. Jika sakit, rambut sering menunjukkan hal ini.

4. Arti mimpi rambut rontok bisa jadi adalah ketakutan bawah sadar akan sesuatu yang terjadi pada rambut kita.

5. Karena rambut adalah simbol kecantikan dan perawatan, maka bisa jadi itu adalah pertanda bahwa si pemimpi perlu merawat diri dengan lebih baik.

6. Dalam kasus lain, arti mimpi rambut rontok mungkin tentang perubahan baru pada gaya atau penampilan seseorang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini