Sukses

12 Tempat Wisata di Tangerang Paling Hits, Instagramable, dan Cocok untuk Keluarga

Tempat wisata di Tangerang bisa menjadi pilihan untuk melepas penat sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Tangerang bisa menjadi pilihan untuk melepas penat sehari-hari. Walaupun terkenal sebagai kota dengan aktivitas bisnis, Tangerang juga memiliki berbagai destinasi  wisata yang menarik.

Mulai dari wisata alam, bangunan bersejarah, hingga wisata edukasi untuk keluarga bisa kamu kunjungi. Wisata Tangerang bisa jadi alternatif untuk berlibur bagi para pekerja di Jakarta. Jaraknya yang tidak begitu jauh, dapat menjadi opsi liburan akhir pekan.

Tempat wisata di Tangerang cukup lengkap dengan berbagai destinasi untuk segala usia. Tempat wisata di Tangerang didominasi oleh wisata layaknya taman bermain anak, dan waterboom. Tapi tidak hanya itu saja, banyak juga wisata alam dan wisata edukasi lainnya di Tangerang,

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (4/6/2021) tentang tempat wisata di Tangerang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Tangerang Nuansa Alam

Telaga Biru Cisoka

Telaga Biru Cisoka merupakan tempat wisata di Tangerang yang cukup populer. Danau yang berwarna biru ini sangat cantik, apalagi jika berpadu dengan pemandangan bukit-bukit batu di sekitarnya. 

Danau ini asalnya bekas genangan penambangan pasir, bersamaan dengan area Tebing Koja. Setelah penambangan pasir tersebut tidak dipakai lagi, salah satu tempat wisata di Tangerang ini terbentuk karena air hujan.

Ada dua danau yang bisa dikunjungi di destinasi wisata ini. Danau pertama berada di sebelah kanan pintu masuk. Air danau yang satu ini berwarna biru. Sementara itu, danau kedua yang berada di sebelah kiri pintu masuk, memiliki air yang berwarna hijau. Ukurannya pun lebih luas. Perbedaan warna danau ini dipengaruhi oleh kadar keasamannya.

Tebing Koja

Tebing Koja ini terletak tidak jauh dari Telaga Cisoka. Tebing Koja ini juga sering disebut dengan nama Kandang Godzilla. Hal itu karena tempat wisata di Tangerang ini dipenuhi oleh susunan batu tebing nan kokoh berserakan serta hijau pohon di sana-sini, layaknya habitat Godzilla di film-film.

Tebing Koja ini terkenal sebagai tempat wisata yang artistik secara alamiah. Bebatuan dan tebing yang curam seakan dipahat begitu artistik dipadukan dengan indahnya sungai dan hijaunya sawah.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Tangerang Nuansa Alam

Pulau Cangkir Kronjo

Pulau Cangkir Kronjo terletak di pesisir utara Kabupaten Tangerang. Kawasan ini berbentuk serupa cangkir dengan luas 4,5 hektare. Pulau kecil ini dihubungkan dengan daratan oleh sebuah jembatan yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama beberapa menit.

Meskipun kecil, pulau ini menyimpan keunikan tersendiri. Bukan hanya dapat menikmati keindahan pantai di sekitarnya, bonusnya kamu juga dapat menikmati panorama mangrove yang hijau dan menyegarkan.

Situ Gintung

Situ Gintung merupakan salah satu tempat wisata di Tangerang yang sangat populer. Terletak tepat di sebelah barat Jakarta, posisi Situ Gintung sangat strategis dijadikan destinasi bagi kamu yang sedang suntuk dengan suasana Jakarta.

Danau yang dibangun pada rentang tahun 1932-1933 ini berada di kecamatan Ciputat Timur. Sejak 2008 Situ Gintung bukan hanya berfungsi sebagai tempat penampungan air dan irigasi saja namun telah dikembangkan sebagai tempat wisata yang menyenangkan. Situ Gintung tentunya menjadi angin segar bagi Tangerang sebagai salah satu destinasi untuk menikmati suasana alam danau.  

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Tangerang Bangunan Bersejarah

Museum Benteng Heritage

Jangan hanya memandang dari tampak luarnya yang memang hanya seperti rumah biasa, kamu harus masuk ke dalam museum heritage ini untuk melihat barang-barang antik yang ada di museum ini.

Museum ini merupakan sebuah gedung yang dibangun pada abad ke-17 dengan sentuhan arsitektur tradisional Tionghoa. Museum yang berlokasi di Jl. Cilame No. 20, Pasar Lama ini merupakan salah satu bangunan yang paling tua di Kota Tangerang.

Ada banyak hal menarik yang bisa disaksikan di tempat wisata di Tangerang ini, khususnya sejarah etnik Tionghoa. Salah satunya, sejarah mendaratnya armada Cheng Ho di Indonesia.

Selain itu, bagi yang menyukai fotografi, ada sebuah galeri yang menyimpan berbagai model kamera kuno. Kamu pun bisa mempelajari sejarah musik melalui koleksi beberapa alat pemutar lagu.

Masjid Pintu Seribu

Di masjid Pintu Seribu ini, kamu tidak boleh sembarang masuk ataupun berswafoto. Masjid ini pun hanya dibuka pada waktu-waktu tertentu saja. Masjid ini terlihat seperti bangunan peninggalan sejarah karena memang bangunannya yang sudah tua dan seperti tidak terurus.

Masjid dengan arsitektur yang diadopsi dari Mekah dan didominasi oleh warna hijau, emas, hitam dan putih ini dari luar memang seperti bangunan tua yang tak begitu terurus. Namun, jika masuk ke dalam, bangunan dengan luas 2.125 meter persegi itu tampak seperti bangunan bersejarah dengan pagar berwarna emas yang menjadikan pintu masuk setiap lorong Masjid Pintu Seribu.

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Tangerang untuk Keluarga

Branchsto

Tempat wisata di Tangerang yang berikutnya adalah Branchsto. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seru bersama keluarga dan sahabat di tempat ini. Terletak di Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, Branchsto menawarkan pengalaman berkuda, memanah, dan berbagai kuliner.

Selain itu, ada juga wahana seperti ATV, logtrain, dan taman bermain anak di salah satu tempat wisata di Tangerang Selatan ini.

Terkenal dengan wisata berkuda yang keren, wahana berkuda yang ditawarkan di tempat ini antara lain seperti menunggangi kuda, berinteraksi dan memberi makan kuda secara langsung. Kamu bisa mengajak keluarga untuk berinteraksi dan mengenal lebih dalam pada hewan berponi ini. 

Scientia Square Park

Tempat wisata di Tangerang yang cocok untuk liburan keluarga berikutnya adalah Scientia Square Park. Beragam wahana yang seru untuk anak-anak bisa kamu temukan di sini. Lokasinya berada di Jalan Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Kelapa Dua, Tangerang.

Kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas,  mulai dari sekadar berkeliling taman, bermain di sawah, bermain remote control hingga wall climbing, bike trail dan juga futsal. Banyak sekali wahana yang menyenangkan yang bisa kamu coba di sini.

Water World Dan World of Wonders Citra Raya

Tempat wisata di Tangerang ini menawarkan background foto yang keren dan wahana bermain air yang menyenangkan. Berbagai replika landmark dunia dibangun di sini, sehingga kamu bisa menjadikannya background foto bersama keluarga.

Selain itu, bagi yang ingin bermain air, Water World bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi. Berbagai wahana bermain air juga bisa kamu coba di tempat wisata ini. Lokasinya berada di Jalan Ecopolis Boulevard, Mekar Bakti, Panongan, Tangerang.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata di Tangerang untuk Keluarga

Froggy Edutography Floating Castle

Seperti namanya, Froggy Edutography Floating Castle, merupakan istana yang seakan-akan melayang. Lembaran-lembaran kaca sebagai dindingnya sama sekali tidak disambung, hanya digantung atau menggunakan teknik suspended. Model inilah yang menimbulkan efek melayang.

Tempat wisata di Tangerang ini sangat cocok untuk anak-anak bermain sekaligus menikmati keindahan bangunan dengan arsitektur unik. Terletak di kawasan BSD Grand Boulevard, Tangerang Selatan, tempat wisata di Tangerang ini sangatlah mudah dijangkau.

Selain acara bermain, istana melayang ini juga mendukung acara pendidikan anak. Jadi jangan heran belajar bisa makin seru di Floating Castle. Bangunan yang terdiri atas 10 lantai ini menawarkan beragam hal menarik, khususnya untuk anak-anak. Misalnya, ada sebuah lantai yang khusus berisi indikator kecerdasan anak berdasarkan ciri-cirinya.

Taman Kota BSD City

Taman Kota BSD City merupakan salah satu tempat wisata di Tangerang yang bisa membuat hati kamu sejuk. Taman kota biasanya hanya berupa kawasan hijau berupa taman berbunga, namun Taman Kota BSD City ini memiliki karakteristik yang berbeda.

Taman Kota BSD City lebih tepat dibilang mirip hutan atau kebun raya. Tempat wisata di Tangerang ini sangat nyaman untuk dijadikan lokasi piknik di akhir pekan dengan tujuan mencari ketenangan.

Taman Kota BSD City berada di dua lokasi. Taman Kota 1 berada persis di dekat sekolah Al Azhar BSD sedangkan Taman Kota 2 letaknya di kawasan industri Taman Tekno alias Techno Park. Baik Taman Kota 1 maupun 2 sama-sama menawarkan tempat rekreasi bertema alam yang nyaman baik untuk anak muda maupun keluarga.

Taman Cikokol

Masih seputar taman, tempat wisata di Tangerang selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Taman Cikokol. Saat kamu sedang suntuk dengan suasana Jakarta yang penuh hiruk pikuk, kamu bisa ke sini.

Berada di pusat kota Tangerang, Taman Cikokol memiliki banyak spot menarik yang bisa melepaskan stres kamu. Mulai dari atmosfer sejuk dan hijau hingga berbagai wahana bermain dan spot instagramable bisa kamu temukan di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini