Sukses

10 Macam Kamera yang Wajib Diketahui, Pahami Fungsi dan Ciri-Cirinya

Mengetahui berbagai macam kamera yang ada sekarang ini, sangat berguna untuk kebutuhan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta Macam kamera di sekitar kita ada banyak dan penting untuk Anda ketahui. Kamera merupakan seperangkat alat atau perlengkapan yang berfungsi untuk mengabadikan suatu objek menjadi sebuah gambar diam atau bergerak.

Seiring berjalannya waktu dengan semakin berkembangnya dunia teknologi, ada banyak macam kamera yang dibuat untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan. seperti mengabadikan momen acara pernikahan, liburan, wisuda, dan lain sebagainya. 

Tak hanya itu, perkembangan media sosial juga telah menyebabkan keberadaan kamera semakin eksis dan banyak diminati. Meskipun layanan smartphone telah menghadirkan berbagai macam fitur aplikasi kamera, namun tidak membuat keberadaan kamera ditinggalkan. Justru kini berbagai macam kamera semakin banyak ditemui di pasaran. 

Berikut ini penjelasan mengenai macam kamera yang wajib Anda ketahui beserta fungsi dan ciri-cirinya yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (7/9/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kamera Mirrorless dan Compact Camera

1.  Kamera Mirrorless

Salah satu macam kamera yang kini banyak dicari dan diminati ialah mirrorless. Kamera ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari DSLR. Namun memiliki kemampuan yang dapat disetarakan dengan DSLR level middle-end. Macam kamera mirrorless memiliki beberapa kelebihan, salah satunya lensa dapat dilepas. Sehingga hal ini dapat menyesuaikan kebutuhan saat sesi pemotretan. Tak hanya itu, sensor yang dimiliki mirorless berkategori 4/3. Sehingga akan menghasilkan foto yang berkualitas dari DSLR.

Kamera mirorless juga menampilkan gambaran yang lebih akurat mengenai foto yang dihasilkan. Selain itu, macam kamera ini juga menggunakan viewfinder elektronik atau live view, sehingga Anda bisa melihat secara langsung efek yang tercapai. Berikut ini ciri-cirinya:

a. Ukurannya relatif kecil.

b. Beratnya ringan.

c. Lensa yang dapat diganti-ganti.

d. Hasil bidikan yang dihasilkan tidak jauh beda dengan DSLR.

2. Compact Camera

Salah satu macam kamera analog yang hingga kini masih eksis ialah kamera saku atau compact camera. Meskipun telah banyak ditemukan kamera digital yang lebih berkualitas, namun macam kamera ini tetap digemari karena mudah dibawa kemana-mana. Kamera saku telah menemani analog Single Lens Reflex (SLR) sebagai salah satu alternatif memotret yang minimalis dan mudah dibawa. Selain itu, macam kamera ini juga telah diprogram secara otomatis, sehingga memudahkan bagi pengguna awam. Bagi Anda yang menyukai kamera yang minimalis, macam kamera ini cocok digunakan. Berikut ini ciri-cirinya :

a. Bentuknya ringkas.

b. Memiliki fitur manual dan otomatis.

c. Dapat memilih format foto RAW.

d. Beberapa diantaranya memiliki flash external atau aksesoris.

e. Lensa sudah mampu menggunakan kombinasi digital zoom.

3 dari 6 halaman

Kamera DSLR dan Action Camera

3. Kamera DSLR

Kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR) merupakan jenis kamera yang paling banyak digunakan di era sekarang. Kamera yang terkenal memiliki kualitas gambar yang baik ini menjadi salah satu kamera terlaris di pasaran. Selain memiliki kualitas gambar yang mumpuni, jenis kamera ini juga memiliki fleksibilitas, sehingga beragam pilihan lensa bisa ditukar-tukar sesuai kebutuhan. Di samping itu, aksesoris serta perangkatnya mudah di-upgrade, sehingga memungkinkan Anda untuk menambahkan perangkat terbaru. Meskipun sudah bertahun-tahun digunakan, kamera ini dapat diubah dengan versi yang baru. Berikut ini ciri-cirinya :

a. Menggunakan lensa kit 18-55 mm.

b. Lensa yang dapat diganti-ganti sesuai kebutuhan.

c. Aksesoris kamera lebih banyak.

4. Action Camera

Salah satu macam kamera yang sering digunakan para vlogger ialah kamera aksi (action camera). Kamera ini biasanya lebih banyak digunakan untuk merekam video daripada foto. Kamera aksi memiliki bentuk yang lebih kecil dari kamera saku, sehingga kamera ini juga dapat diletakkan di kendaraan atau di atas helm. Kamera aksi juga memiliki kualitas yang mumpuni. Hal ini karena dapat menghasilkan video 1080p dengan kecepatan 30 fram per second. Selain itu, macam kamera ini juga memiliki fitur image stabilization yang dapat menghasilkan gambar yang stabil meskipun di pasang di motor saat melaju kencang. Berikut ini ciri-cirinya :

a. Memiliki bentuk yang kecil, ringkas dan portable.

b. Mempunyai fitur image stabilization untuk penstabil getaran.

4 dari 6 halaman

Prosumer Camera dan Kamera Smartphone

5. Prosumer Camera

Kamera prosumer merupakan salah satu macam kamera yang mencoba menggabungkan fleksibilitas seperti kamera saku dengan kelebihan fitur yang dimiliki DSLR. Kamera ini memiliki beberapa kelebihan, salah satunya kemampuan baterainya yang tahan lama dan memiliki bentuk yang praktis. Berikut ini ciri-cirinya :

a. Kamera Prosumer terdiri dari 2 jenis, yaitu kamera Prosumer berbentuk kamera digital SLR (DSLR) yang juga disebut sebagai Bridge Camera.

b. Sedangkan MILC walaupun lesnanya dapat dilepas, tetapi tidak memiliki cermin reflex dan tentunya juga tidak memiliki optical viewfinder dan sebgai gantina diakai electronical viewfinder atau layar LCD saja.

6. Kamera Smartphone

Tidak bisa dipungkiri bahwa kamera smartphone merupakan macam kamera yang paling populer dan banyak digunakan saat ini. Hampir semua smartphone kini telah menyediakan fitur kamera yang cukup mumpuni. Bahkan beberapa produk smartphone memperkuat fitur kamera mencapai 13 mp.Kamera smartphone menjadi salah satu macam kamera yang memiliki kelebihan fleksibel. Sehingga sangat praktis dan memudahkan Anda saat akan melakukan swafoto. Maka tak heran apabila macam kamera ini menjadi salah satu kamera yang banyak diminati oleh semua kalangan. Berikut ini ciri-cirinya :

a.  Mempunyai beragam fitur dan aplikasi.

b.  Memiliki bentuk yang pas di tangan, compact dan praktis.

c.  Kualitas kamera semakin hari semakin baik dan canggih.

d.  Beberapa smartphone memiliki harga yang sangat terjangkau.

5 dari 6 halaman

Bridge Camera dan Boutique Camera

7.  Bridge Camera

Macam kamera Digital Prosumer atau disebut juga Bridge CDC (Compact Digital Camera). Kamera ini disebut bridge karena memiliki fungsi untuk menjembatani pengguna kamera saku untuk mendapatkan fitur dan kualitas foto yang lebih baik. Kualitas kamera jenis ini berada diantara kamera pocket atau kamera saku dengan kamera professional (DSLR). Berikut ini ciri-cirinya :

a. Memiliki kemampuan zoom yang luar biasa, saat ini sudah mencapai 50x hingga 60x dan untuk itu sistem stabilisasi yang mumpuni.

b. Kemampuan untuk mengambil foto dan video yang lebih stabil.

8.  Boutique Camera

Jika kita lihat secara sekilas, Boutique Camera tidak lebih besar dari sebuah kamera. Jika ditelaah dan diperhatikan lebih dalam dan seksama, ternyata tidak salah jika kamera digital ini diembel-embeli kata butik di depannya mengingat tampilannya yang stylish dan elegant. Meski memiliki bentuk yang ringkas, kamera jenis ini mempunyai sensor full frame yang bahkan melebihi kemampuan kamera DSLR sekalipun. Kamera butik ini rata-rata mengunakan sensor full frame (Leica M9) atau APS-C (X100) dengan kualitas foto atau gambar yang tidak perlu diragukan lagi. Berikut ini ciri-cirinya:

a. Memiliki kemampuan zoom yang luar biasa, saat ini sudah mencapai 50x hingga 60x dan untuk itu sistem stabilisasi yang mumpuni.

b. Kemampuan untuk mengambil foto dan video yang lebih stabil.

6 dari 6 halaman

Polaroid Camera dan Medium Format Camera

9. Polaroid Camera

Kamera polaroid atau biasa disebut sebagai kamera instant atau kamera langsung jadi adalah model kamera yang dapat memproses foto sendiri di dalam badan kamera setelah dilakukan pemotretan. Kamera polaroid ini menggunakan film khusus yang dinamakan sebagai film polaroid. Film polaroid yang dapat menghasilkan gambar berwarna dinamakan sebagai film polacolor.

Menurut sejarahnya, kamera polaroid atau kamera instant dirancang untuk pertama kalinya oleh Edwin Land, dari perusahaan Polaroid dan dipasarkan sejak tahun 1947. Nama polaroid itu sebenarnya adalah merek dagang, seperti ketika orang menyebut nama Pepsodent untuk odol, atau Honda untuk sepeda motor atau Aqua untuk air mineral. Di era digitalisasi sekarang ini, kamera polaroid juga mengikuti perkembangan jaman. Sekarang bisa kita jumpai macam kamera polaroid digital sebagai generasi teranyar dari kamera jenis ini. Seperti kamera digital lainnya, kamera polaroid ini pun memiliki layar LCD. Berikut ini ciri-cirinya :

a. Memiliki kemampuan mencetak foto langsung jadi.

b. Memiliki film khusus yang dinamakan film polaroid.

10. Medium Format Camera

Kamera medium format merupakan kamera yang menggunakan roll film. Besarnya format fil pada kamera ini ditentukan oleh panjang foto yang direkam diatas kamera. Keunggulan macam kamera ini adalah ketajaman dari detail objek yang difoto. Di era digital sekarang ini, kelebihan yang tidak dimiliki kamera DSLR ini tetap dilanjutkan.

Kamera medium format biasanya digunakan untuk kepentingan komersial dari sebuah produk karena mampu menghasilkan gambar yang sangat detail. Dengan kelebihan yang dimilikinya, tidak sembarang orang yang bisa memiliki macam kamera ini. Maklum harganya yang masih sangat mahal. Beberapa bahkan ada yang sampai 100 juta atau lebih. Kamera yang harganya tergolong murah saja bisa sertara dengan kamera DSLRpro yang body only saja bisa lebih dari 50 juta rupiah. Nah, jika anda anda seorang fotografer professional yang memiliki dana tak terbatas, boleh saja menginvestasikan dana dengan membeli kamera medium format ini selama bisa menghasilkan uang kembali. Berikut ini ciri-cirinya :

a.  Mempunyai beragam fitur dan aplikasi.

b.  Memiliki bentuk yang pas di tangan, compact dan praktis.

c.  Kualitas kamera semakin hari semakin baik dan canggih.

d.  Beberapa smartphone memiliki harga yang sangat terjangkau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.