Sukses

Jangan Ditahan, Ini 6 Manfaat Kentut yang Luar Biasa Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat kentut bagi kesehatan sebagian besar ada pada sistem pencernaan.

Liputan6.com, Jakarta Kentut merupakan suatu kebiasaan yang mungkin setiap hari dialami setiap orang. Seringkali kentut dianggap menjijikkan bagi banyak orang, karena menimbulkan aroma yang tidak sedap dan dapat mengganggu orang lain.

Walaupun begitu, kentut merupakan suatu kebiasaan yang memiliki dampak kesehatan bagi tubuh. Bagi orang yang mengeluarkan kentut sendiri mungkin kebiasaan ini bisa melegakan dan membuat perut menjadi lebih nyaman.

Manfaat kentut bagi kesehatan sebagian besar ada pada sistem pencernaan. Jika kamu sering menahan kentut, hal itu malah akan berakibat buruk pada kesehatanmu. Namun, tentu saja kamu juga harus memperhatikan keadaan sekitar supaya tidak mengganggu orang lain.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/8/2019) tentang manfaat tak terduga kentut bagi kesehatan tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengurangi Kembung dan Menyehatkan Usus Besar

Mengurangi Kembung

Jika kamu merasa kembung setelah makan besar, gas yang tidak dibebaskan mungkin menjadi salah satu penyebabnya. Bagi kebanyakan orang, kembung adalah perasaan pembengkakan tubuh dan kenaikan berat badan sementara yang tidak berbahaya.

Saat kentut, udara yang terjebak di dalam saluran pencernaan akan keluar dari tubuh. Hal tersebut sangat ampuh untuk mengurangi rasa tidak nyaman karena kembung.

Menyehatkan Usus Besar

Menahan kentut tentunya akan menyimpan gas dalam perut kamu. Menyimpan gas terlalu lama dalam perut dapat mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan. Bahkan, bagi yang memiliki masalah pencernaan, menahan kentut berpotensi menyebabkan masalah medis bagi usus.

Jadi lepaskanlah kentut agar kamu tidak terkena berbagai macam penyakit. Bila kamu sedang bersama orang lain, usahakanlah untuk menjauh terlebih dahulu agar tidak mengganggu.

3 dari 4 halaman

Bau Kentut Menyehatkan dan Membantu Menyeimbangkan Diet

Bau Kentut Menyehatkan

Mungkin hal ini akan sedikit mengejutkan bagi kamu, namun bau kentut dapat menyehatkan itu benar adanya. Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa senyawa yang dihasilkan dalam jumlah kecil yaitu hidrogen sulfida berbau busuk yang sering terdapat dalam gas pencernaan (bersifat beracun dalam jumlah besar) dapat mencegah kerusakan sel dan mencegah stroke dan serangan jantung.

Membantu Menyeimbangkan Diet

Setiap orang membutuhkan diet seimbang supaya tetap sehat, dan kentut atau buang angina dapat membantu mengetahui makanan apa yang dibutuhkan oleh usus. Makanan yang berbeda menghasilkan berbagai jenis gas, membuat kita tahu apa yang mungkin dilewatkan dari makanan atau bahkan terlalu banyak makan.

Misalnya, jika kamu jarang buang gas, kamu mungkin membutuhkan lebih banyak serat dan makanan seperti lentil, kacang-kacangan, dan kangkung dalam makanan. Makan terlalu banyak daging merah, yang dapat menghasilkan bau yang sangat tidak enak nantinya sebagai indikasi bahwa kamu mungkin perlu mengurangi konsumsinya.

4 dari 4 halaman

Mendeteksi Alergi Makanan dan Meredakan Nyeri Perut

Mendeteksi Alergi Makanan

Manfaat kentut selanjutnya adalah dapat mendeteksi alergi makanan. Misalnya saat tubuh mengonsumsi makanan yang mengandung laktosa, maka perut akan menjadi kembung disertai kentut dengan frekuensi yang sering. Sehingga, dalam hal ini kentut dapat dijadikan pertanda bahwa kamu memiliki bentuk alergi intoleransi laktosa.

Jadi, apabila kamu mengonsumsi makanan yang mengandung laktosa kemudian perutmu kembung disertai kentut dengan frekuensi yang sering, mungkin kamu memiliki alergi intoleransi laktosa.

Meredakan Nyeri Perut

Manfaat kentut bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat meredakan nyeri perut. Saast sesorang menahan kentut dalam waktu yang cukup lama, maka risiko terkena penyakit distensi usus menjadi sangat besar.

Penyakit ini dapat menyebabkan sakit perut serta rasa tak nyaman pada tubuh. Oleh karena itu, mengeluarkan gas yang tertimbun di saluran pencernaan dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri yang berada di perut. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini