Sukses

4 Penyebab Suara Serak di Pagi Hari dan Cara Mengatasinya

Penyebab suara serak di pagi hari dan cara mengatasinya perlu kamu ketahui.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab suara serak di pagi hari tentunya membuat seseorang menjadi tidak nyaman. Tidak hanya itu, bahkan sura serak di pagi hari juga bisa menjadi tanda kamu mengidap suatu penyakit. Kondisi kesehatan dan aktivitas dapat memengaruhi suara serak di pagi hari.

Suara serak umumnya terjadi karena ada masalah pada pita suara ataupun terjadi peradangan pada laring. Saat kamu mengalaminya, suara serak biasanya terdengar agak kasar, kering, dan bernada lebih rendah. 

Penyebab suara serak di pagi hari dan cara mengatasinya perlu kamu ketahui. Apalagi, ada kalanya kamu tidak dapat mengontrol aktivitas yang dapat menyebabkan suara serak tersebut. Karena itu, kamu bisa melakukan beberapa cara sebagai penanganan untuk suara serak di pagi hari.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (2/3/2020) tentang penyebab suara serak di pagi hari dan cara mengatasinya. 

2 dari 7 halaman

Terlalu Banyak Bersuara

Penyebab suara serak di pagi hari yang pertama adalah kamu terlalu banyak bersuara pada hari sebelumnya. Penyebab suara serak di pagi hari bisa terjadi saat kamu terlalu sering bicara, menyanyi, berteriak, bahkan batuk.

Saat seseorang berbicara atau bernyanyi, ia menggunakan otot yang berbeda di dalam tenggorokan atau mulut. Sama seperti penggunaan otot lainnya, otot tenggorokan dan mulut dapat menyebabkan pita suara menjadi lelah, tegang, bahkan cedera jika digunakan secara berlebihan.

Selain itu, penyebab suara serak di pagi hari lainnya adalah bicara dengan nada yang lebih tinggi atau rendah dari nada normal kamu bicara. Jadi, sebaiknya kamu tidak terlalu memaksakan diri dalam mengeluarkan suara dan selalu menjaga kesehatan pita suara.

3 dari 7 halaman

Alergi

Alergi juga menjadi salah satu penyebab suara serak di pagi hari. Jika kamu pernah terbangun dari tidur dengan suara parau, hidung meler, mata gatal, dan bersin-bersin, bisa jadi penyebabnya adalah karena eaksi alergi.  

Pada saat mengalami alergi, lendir dapat masuk ke tenggorokan dengan mudah dan membuat pita suara iritasi. Selain itu, penyebab suara serak lainnya adalah batuk dan berdeham untuk membersihkan tenggorokan.

4 dari 7 halaman

GERD

GERD merupakan kondisi ketika asam lambung naik ke kerongkongan. Biasanya GERD menimbulkan sensasi heartburn. Saat seseorang mengalami GERD, asam lambung dapat berpotensi mengiritasi tenggorokan, pita suara, dan kerongkongan.

Jadi penyebab suara serak di pagi hari berikutnya adalah GERD. Kenaikan asam lambung dapat memperburuk suara serak di pagi hari, diikuti dengan gejala batuk kronik, sakit tenggorokan, serta lendir yang mengalir ke tenggorokan. 

5 dari 7 halaman

Merokok

Kebiasaan merokok juga dapat menjadi salah satu penyebab suara serak di pagi hari. Kebiasaan merokok ini dapat mengiritasi pita suara. Bahkan, tidak hanya menimbulkan risiko kesehatan kardiovaskular, merokok juga meningkatkan peluang gangguan pita suara dalam jangka panjang.

Meskipun menjadi bagian dari gaya hidup, kamu perlu menyadari bahwa merokok memicu pertumbuhan polip pada pita suara. Hal ini membuat suara yang keluar cenderung lebih serak dan lebih rendah.

Itulah beberapa penyebab suara serak di pagi hari yang perlu kamu hindari. Jika sudah terlanjur mengalaminya, kamu bisa menanganinya dengan cara-cara di bawah ini.

6 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Suara Serak di Pagi Hari

Puasa Berbicara atau Mengurangi Berbicara

Salah satu cara mengatasi suara serak di pagi hari adalah dengan puasa berbicara atau mengurangi berbicara beberapa hari. Setelah sehari sebelumnya kamu banyak bersuara, cobalah untuk puasa berbicara atau berteriak. 

Banyak Minum Air Putih

Cara mengatasi suara serak di pagi hari selanjutnya adalah dengan banyak minum. Memperbanyak minum air putih membantu memulihkan suara kamu. Selain itu, tenggorokan juga dapat terjaga kelembapannya. Namun, dalam tahap pemulihan, jangan lupa untuk tidak terlalu banyak berbicara terlebih dahulu.

Mandi Air Hangat

Mandi dengan air hangat juga dapat menjadi salah satu cara mengatasi suara serak di pagi hari. Mandilah dengan air hangat selama beberapa hari ke depan. Uap air hangat dapat membantu membuka dan melembapkan saluran udara. Trik sederhana ini bisa kamu lakukan setiap pagi untuk melegakan tenggorokan.

Kurangi Penyebab Alergen

Salah satu penyebab suara serak di pagi hari adalah alergi. Oleh karena itu, salah satu cara mengatasinya yang ampuh tentunya adalah dengan mengurangi penyebab alergen.

Salah satu contoh alergen adalah debu. Bila menyadari kamar berdebu, bersihkan kamar sehingga kamu bisa meminimalkan risiko reaksi alergi. Termasuk pada area sudut ruangan yang mungkin sulit dijangkau.

Jangan lupa pasang masker penutup hidung saat jalan kaki sebagai langkah preventif mencegah suara semakin serak.

7 dari 7 halaman

Cara Mengatasi Suara Serak di Pagi Hari Lainnya

Berhenti Merokok

Merokok juga merupakan salah satu penyebab suara serak di pagi hari, jadi kamu harus mengurangi rokok untuk mengatasinya. Asap rokok yang masuk ke dalam tenggorokan bisa membuat iritasi. Oleh karena itu, berhentilah merokok agar tenggorokan tidak lagi teriritasi.

Hindari Alkohol dan Kafein

Cara mengatasi suara serak di pagi hari berikutnya adalah menghindari alkohol dan kafein. Alkohol dan kafein merupakan minuman yang dapat mengeringkan tenggorokan dan memperburuk suara serak. Cukup redakan suara serak dengan lebih banyak minum air putih.

Kunyah Permen Karet

Selain minum air putih, tenggorokan dapat dilembapkan dengan permen karet. Ketika mulut mengunyah permen karet, otomatis produksi saliva bertambah sehingga bisa membantu melembapkan tenggorokan.

Jangan Gunakan Dekongestan untuk Meredakan Alergi

Meskipun bisa meredakan hidung tersumbat, dekongestan justru dapat mengiritasi dan mengeringkan tenggorokan. Sebisa mungkin hindari penggunaannya. Kamu bisa melakukan tujuh langkah di atas untuk meredakan suara serak pada tenggorokan

Selain itu, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab suara serak di pagi hari. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pengobatan yang tepat untuk menuntaskan masalah yang dialami.