Sukses

Jenis-Jenis Jembatan Menurut Struktur dan Fungsinya, Dukung Pembangunan

Jembatan termasuk insfrastuktur penting bagi manusia.

Liputan6.com, Jakarta Jenis-jenis jembatan punya bentuk dan strukturnya sendir. Jembatan termasuk insfrastuktur penting bagi manusia. Jenis-jenis jembatan berguna untuk mobilitas kendaraan dan pejalan kaki.

Jembatan bahkan sudah dibangun oleh para manusia purba. Mereka membangun jembatan paling awal dari batang kayu, cabang, atau batu. Bangsa Romawi kuno juga membangun banyak jenis-jenis jembatan lengkung batu yang masih ada sampai sekarang. 

Ada banyak jenis-jenis jembatan yang dibangun di seluruh dunia. Dari beragam bentuk jembatan ini, ada jenis-jenis jembatan dasar yang membentuk strukturnya. Jenis-jenis jembatan terbentang melintasi, lubang yang dalam di tanah, badan air, atau jalan.

Ada enam bentuk dasar jenis-jenis jembatan. Ini meliputi jembatan lengkung, balok, rangka, gantung, kantilever, dan kabel-penahan. Berikut jenis-jenis jembatan, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(19/11/2021).

2 dari 8 halaman

Jembatan lengkung (arch)

Jembatan lengkung atau arch termasuk dalam jenis-jenis jembatan yang sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu. Bangsa Romawi bahkan membangun lebih dari 1.000 jembatan batu lengkung yang beberapa di antaranya masih ada sampai sekarang. Jembatan ini memiliki struktur lengkung di tengahnya.

Ada banyak jenis jembatan lengkung tetapi semuanya memiliki elemen sentral yang sama. Setiap jembatan memiliki abutment, yang digunakan untuk menopang struktur lengkung lengkung di bawah jembatan. Jembatan lengkung bekerja dengan menyalurkan tekanan gravitasi ke bawah ke dalam pusat struktur — menuju batu pusat yang disebut batu kunci — alih-alih lurus ke bawah.

3 dari 8 halaman

Jembatan balok (beam)

Jembatan balok atau beam merupakan jenis-jenis jembatan yang kini masih sering ditemui pada struktur jembatan meodern. Jembatan ini merupakan jembatan termudah dan termurah yang bisa dibangun. Jembatan balok sering digunakan untuk dilalui mobil berat dan kereta api, dan beberapa juga dibangun untuk dilalui orang.

Jembatan balok adalah struktur horizontal yang kuat yang bertumpu pada dua penyangga ujung. Jembatan balok, juga dikenal sebagai jembatan stringer, adalah bentuk struktural paling sederhana untuk bentang jembatan yang didukung oleh abutment atau pier di setiap ujungnya.

4 dari 8 halaman

Jembatan rangka (truss)

Jembatan rangka termasuk jenis-jenis jembatan yang sering ditemui. Jembatan rangka adalah jembatan yang beban suprastruktur terdiri dari truss atau rangka. Struktur elemen terhubung, biasanya membentuk unit segitiga.

Sebuah jembatan rangka mendistribusikan bebannya melintasi serangkaian bagian kecil yang dipasang bersama. Jembatan ini dibentuk oleh balok struktural untuk jembatan yang lebih kecil atau gelagar kotak untuk yang lebih besar. Rangka jembatan biasanya diikat bersama oleh sambungan las atau paku keling dalam serangkaian segitiga.

5 dari 8 halaman

Jembatan kantilever

Jembatan kantilever adalah jenis-jenis jembatan yang dibangun menggunakan pilar yang ditambatkan secara vertikal ke tanah. Ini dilakukan untuk menopang dek horizontal yang memanjang dari satu atau kedua sisi melintasi bentang. Beban sering kali ditopang baik dari atas maupun dari bawah.

Jembatan kantilever sering ditopang dengan rangka batang. Sebuah rangka jembatan mengambil beban dari geladak dan memindahkannya ke tiang penyangga dan penyangga, membantu kantilever menahan tegangan pada penyangga atas dan kompresi pada penyangga bawah.

6 dari 8 halaman

Jembatan gantung

Jembatan gantung atau jembatan suspensi merupakan jenis-jenis jembatan yang distabilkan dengan pilar vertikal atau tiang yang dihubungkan dengan kabel suspensi. Meskipun jembatan gantung pertama terbuat dari tali sederhana yang menopang papan kayu, sekarang teknik suspensi mendukung bentang panjang di atas saluran yang luas.

Sebuah jembatan gantung membawa beban vertikal melalui kabel melengkung dalam ketegangan. Beban ini dipindahkan baik ke menara, yang membawanya dengan kompresi vertikal ke tanah, dan ke pengangkuran, yang harus menahan tarikan kabel ke dalam dan terkadang vertikal.

7 dari 8 halaman

Jembatan kabel-penahan (cable-stay)

Sebuah jembatan kabel adalah variasi pada jembatan gantung yang menghubungkan palang atau dek jembatan langsung ke pilar atau menara. Tidak ada kabel utama, hanya sejumlah besar suspender vertikal yang ditempelkan di puncak menara. Suspender ini menggunakan tegangan untuk membantu menjaga dek jembatan tetap stabil dan pada tempatnya.

Sebuah jembatan cable-stayed memiliki satu atau lebih menara (atau tiang), di mana kabel mendukung dek jembatan. Jenis-jenis jembatan kabel-penahan biasanya dibangun untuk pelintasan pejalan kaki, sepeda, mobil, truk, dan kereta ringan.

8 dari 8 halaman

Jenis-jenis jembatan menurut mobilitasnya

Jembatan tetap

Jembatan tetap adalah jenis-jenis jembatan yang dibangun di tempat dan dimaksudkan untuk menyediakan jalur yang stabil dan aman melintasi sungai, ngarai, jalur kereta api, jalan raya, atau rintangan lainnya.

Jembatan semetara

Jembatan semetara sering digunakan pada masa perang untuk mengangkut pasukan, persediaan, dan kendaraan militer. Ini umumnya adalah struktur sementara yang mengapung langsung di atas air di atas ponton — wadah berisi udara untuk memberikan daya apung.

Jembatan bergerak

Jenis-jenis jembatan bergerak meliputi jembatan angkat dan jembatan ayun. Ini memungkinkan sebagian dari struktur untuk bergerak keluar dari jalan dan memungkinkan lewatnya kapal-kapal tinggi di jalur air.

Â