Sukses

5 Jenis Font Keren dan Fungsinya Secara Psikologis, Digunakan Merek Terkenal

Memahami jenis font keren ini berguna dalam proses desain dan promosi.

Liputan6.com, Jakarta Memahami apa saja jenis font keren ini berguna dalam proses desain dan promosi. Ada lima jenis font keren yang paling sering digunakan. Apa saja?

Melansir dari Tailor Brands, pada Selasa (25/1/2022) lima jenis font keren tersebut adalah font serif, sans serif, slab serif, skrip, dan dekoratif. Dari lima jenis font keren ada fungsi secara psikologis yang perlu dipahami sebelum memilih menggunakannya.

“Semua jenis font ini menawarkan karakteristik unik dan memainkan peran penting dalam makna simbolisnya cocok pada desain logo akhir Anda,” dijelaskan.

Merek terkenal yang menggunakan lima jenis font keren adalah Zara, Tiffany & Co, LinkedIn, Coca-cola, The Guardian, Sony, Honda, Lego, hingga Fanta. Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang penjelasan lima jenis font keren dan fungsinya, Selasa (25/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Font Serif

Font serif adalah jenis font keren dan tertua. Jenis font keren serif pertama kali digunakan pada akhir abad ke-15. Kata 'serif' mengacu pada kaki kecil yang ada di bagian atas dan bawah setiap huruf. Bunga kecil ini berasal dari kuas seniman dan akan ditambahkan ke huruf sebagai elemen dekoratif.

Jenis font keren serif ada banyak tipenya. Ada Gaya Lama, Klasik, Neo-Klasik, Transisi, Clarendon, dll. Saat ini, jenis font keren Serif adalah salah satu tipografi paling populer yang digunakan, dengan gaya seperti 'Times New Roman' yang selalu ada di buku, dokumen, dan bahkan beberapa logo.

Merek terkenal yang menggunakan jenis font keren serif adalah Zara, Tiffany & Co, Abercrombie & Fitch.

Secara psikologi, fungsi jenis font keren serif adalah menggambarkan merek yang elegan dan canggih. Logo dengan tipe ini menampilkan suasana tradisi, kehormatan, dan keandalan.

Jenis font keren serif diandalkan untuk membantu perusahaan tampak lebih mapan dan ideal untuk mengomunikasikan identitas berdasarkan otoritas dan keagungan. Organisasi di bidang akademik, editorial, dan keuangan menyukai font serif berkat penampilan konservatif dan terhormatnya.

3 dari 6 halaman

2. Font Sans Serif

Font Sans Serif adalah jenis font keren yang memiliki ciri khas lebih bersih dan modern. Adanya ciri khas ini membuat jenis font keren san serif cocok disandingkan dengan jenis font keren serif.

Jenis font keren sans serif ada sejak abad ke-19 dan menjadi sangat populer di tahun 1920-an dan 30-an. Selama pertengahan abad ke-20, desainer Jerman semakin memperbanyak jenis huruf dengan penciptaan desain Helvetica yang populer.

Adanya jenis font keren ini terbentuk oleh garis-garis yang bersih dan lurus. font sans serif tidak mudah dibaca dan modelnya lebih sederhana. Tipe jenis font keren sans serif ada cukup banyak. Mulai dari gaya Grotesque, Square, Geometric, dan Humanistic.

Merek terkenal yang menggunakan jenis font keren sans serif adalah LinkedIn, Calvin Klein dan The Guardian.

Secara psikologis, fungsi jenis font keren Sans Serif adalah menawarkan tampilan yang bersih atau simpel dan tanpa basa-basi. Jenis font keren sans serif mampu memberikan penekanan dengan pendekatan berpikiran maju.

Jenis font keren sans serif tampak berani dan cocok untuk menarik perhatian, berkat desainnya yang halus dan efisien. Perusahaan yang memilih keluarga font ini memprioritaskan rasa kepekaan dan kejujuran yang tidak perlu berkembang atau bakat.

4 dari 6 halaman

3. Font Slab Serif

Font slab serif adalah jenis font keren yang termasuk variasi tipografi serif tradisional. Jenis font keren slab serif pertama kali ditemukan pada abad ke-19. Tipografi ini berani. Kaki yang menentukan font serif lebih besar dan seperti blok (terlihat seperti "lempengan").

Jenis font keren slab serif memiliki ciri-ciri lebih solid, berani, dan lebih cocok dengan merek modern daripada yang klasik. Font slab serif dapat berbentuk bulat atau bersudut, dengan beberapa gaya mesin tik yang sangat mirip.

Merek terkenal yang menggunakan jenis font keren slab serif adalah Sony, Honda, dan Volvo.

Secara psikologis, fungsi jenis font keren slab serif adalah tentang gambar yang keras dan berani. Jenis font keren slab serif mampu menyampaikan rasa percaya diri, ketergantungan, dan pemikiran kreatif berkat garis berat serta tidak terlalu halus.

Merek terkenal yang menggunakan jenis font keren slab serif adalah guna menunjukkan betapa inovatifnya ide dan produk yang ditawarkan. Adanya jenis font keren slab serif dapat membantu mengkomunikasikan rasa penting dan membutuhkan.

5 dari 6 halaman

4. Font Skrip

Font skrip adalah jenis font keren yang membawa gaya skrip kasual dan mulai populer di abad ke-20. Jenis font keren skrip mendukung gaya kursif yang tampak lebih alami. Skrip muncul dalam dua sub-kategori utama, yakni formal dan kasual.

Jenis font keren skrip formal ditentukan oleh perkembangan dan ikalnya, yang disebut 'swashes'. Dalam penggunaannya, sangat disarankan untuk hemat. Penggunaan jenis font keren skrip dapat memengaruhi keterbacaan.

Itu artinya huruf sulit dipahami dan dibaca. Jenis font keren skrip kasual lebih sederhana daripada font formal dan menekankan keterbacaan.

Merek terkenal yang menggunakan jenis font keren skrip adalah Coca-Cola, Instagram, dan Cadillac.

Secara psikologis, fungsi jenis font keren skrip adalah membangkitkan ide-ide keanggunan, kreativitas, kebebasan, dan feminitas. Gaya jenis font keren yang melengkung dan berkembang juga mengomunikasikan pendekatan bisnis yang lebih langsung dan personal.

Perusahaan yang menggunakan jenis font keren skrip ingin menyampaikan emosi tertentu. Demikian pula, font skrip sangat cocok untuk mereka yang mencoba mengirimkan rasa pemikiran yang unik dan berseni.

6 dari 6 halaman

5. Font Dekoratif

Font dekoratif atau font tampilan adalah jenis font keren yang memiliki ciri khas mengabaikan konvensi demi jenis huruf yang unik dan menarik. Mayoritas jenis font keren dekoratif berguna untuk berbagai industri dan kebutuhan, karena umumnya disesuaikan untuk perusahaan tertentu.

Jenis font keren dekoratif jarang digunakan untuk membuat teks yang panjang. Sebaliknya, jenis font keren dekoratif sangat ideal atau cocok untuk tanda huruf dan kata yang lebih ekonomis dengan huruf 'c'.

Font dekoratif sangat bagus untuk digunakan dalam logo. Merek terkenal yang menggunakan jenis font keren dekoratif adalah Toys R’ Us, Lego, dan Fanta.

Secara psikologis, fungsi jenis font keren dekoratif adalah menyampaikan keunikan dan menekankan orisinalitas. Selain itu, fleksibilitas jenis font keren dekoratif membuat perusahaan memutuskan emosi mana yang akan difokuskan melalui pencampuran dan pencocokan gaya font yang berbeda.

Emosi yang paling sering ditimbulkan dari penggunaan jenis font keren dekoratif adalah rasa santai, menyenangkan, dan pemikiran kreatif. Font dekoratif juga membangkitkan meme khusus budaya, atau karakteristik atau tema yang mengingatkan pada periode waktu tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.