Sukses

5 Cara Ampuh Mengatasi Wastafel Mampet, Mudah Dipraktikkan

Cara ampuh mengatasi wastafel mampet bisa menggunakan bahan alami maupun beberapa peralatan praktis.

Liputan6.com, Jakarta Cara ampuh mengatasi wastafel mampet bisa menggunakan bahan alami maupun beberapa peralatan praktis. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan produk pembersih berbahan kimia yang biasanya dijual di toko-toko.

Masalah wastafel dapur mampet mungkin sudah menjadi masalah yang kerap terjadi di rumah. Hal ini bisa terjadi karena berbagai penyebab seperti, sisa makanan, sayur, hingga buah yang menyumbat saluran air. Sehingga menyebabkan wastafel mampet.

Cara ampuh mengatasi wastafel mampet tidak begitu sulit dipraktikkan. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah dengan beberapa peralatan praktis. Selain itu, bahan-bahan seperti soda kue, cuka, hingga air panas juga bisa dijadikan cara mengatasi wastafel mampet.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/6/2020) tentang cara ampuh mengatasi wastafel mampet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Menggunakan Plunger atau Penyedot

Cara ampuh mengatasi wastafel mampet yang pertama tentunya dengan menggunakan plunger atau penyedot. Cara menggunakannya cukup mudah, kamu tinggal mengisi wastafel dengan air sampai setengah penuh, lalu langsung gunakan penyedot pada lubang wastafel.

Gerakkan penyedot secara naik-turun hingga airnya meluap dan kotorannya terbawa. Ulangilah cara ini hingga wastafel tidak mampet lagi. Cara ampuh mengatasi wastafel mampet dengan menggunakan plunger atau penyedot ini memang membutuhkan tenaga agar berhasil.

3 dari 6 halaman

Sabun Cuci Piring dan Air Panas

Cara ampuh mengatasi wastafel mampet selanjutnya adalah dengan menggunakan sabun cuci piring dan air panas. Bahan alami yang tentunya aman ini dapat mengatasi sumbatan pada wastafel yang disebabkan oleh lemak atau minyak.

Cara menerapkannya pun cukup mudah, tuang sedikit sabun cuci piring pada saluran pembuangan air, lalu tuangkan air mendidih untuk menghilangkan sumbatan berminyak di saluran pembuangan.

Untuk mencegah masalah tersebut kembali terulang, kamu bisa melakukan cara ampuh mengatasi wastafel mampet ini setidaknya sekali dalam seminggu.

4 dari 6 halaman

Soda Kue

Menggunakan soda kue juga merupakan salah satu cara ampuh mengtasi wastafel mampet. Caranya cukup mudah, kamu tinggal menyiramkan air panas ke dalam pipa saluran wastafel lalu diamkan selama 20 menit. Setelah itu, taburkanlah soda kue dan diamkan semalam.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan sedikit cairan cuka setelah menaburkan soda kue. Keesokan harinya baru siram lagi dengan air panas. Agar hasilnya maksimal, tambahkan air perasan jeruk nipis atau lemon setelah menaburkan baking soda. 

5 dari 6 halaman

Cairan Cuka

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan cairan cuka saja sebagai cara ampuh mengatasi wastafel mampet. Cara ini bisa kamu lakukan jika setelah menggunakan penyedot, wastafel masih mampet.

Caranya dengan meneteskan cairan cuka ke dalam lubang aliran air pada wastafel dan diamkan kurang lebih 25 menit. Setelah itu siramlah lubang saluran air dengan air panas. Kemudian gunakan plunger untuk menarik kotoran-kotoran yang menyumbat pipa saluran wastafel.

Terakhir, siram pipa saluran wastafel dengan air panas. Kamu bisa melakukan cara ini beberapa kali hingga wastafel benar-benar bersih.

6 dari 6 halaman

Pembersih Wastafel Berbahan Kimia

Selain dengan menggunakan bahan-bahan alami tersebut, kamu juga bisa mengikuti cara ampuh mengatasi wastafel mampet dengan produk pembersih berbahan kimia. Ada berbagai produk pembersih yang dibuat khusus untuk melonggarkan kotoran yang menyumbat di saluran pembuangan air.

Ketika dituangkan langsung ke dalam saluran yang tersumbat, pembersih dengan bahan kimia ini bekerja menghancurkan timbunan lemak dan kotoran pada dinding pipa. Kandungannya juga mampu membunuh kuman penyebab bau tak sedap. Jika penyumbat tidak hilang setelah tuangan pertama, ulangi tanpa perlu memakai alat untuk menyodok kotoran di dalam pipa.

Dalam menerapkan cara ampuh mengatasi wastafel mampet dengan pembersih berbahan kimia ini, kamu perlu mengikuti aturan pakai pada kemasan. Hal ini untuk menghindari berbagai efek buruk yang ditimbulkan zat kimia tersebut.

Itulah beberapa cara ampuh mengatasi wastafeL mampet yang mudah dipraktikkan. Dengan mengetahui berbagai cara ini, kamu bisa kembali menggunakan wastafel yang telah bersih dan normal kembali.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini