Sukses

Kutu Buku Artinya dalam Bahasa Indonesia Beserta Ciri-cirinya

Kutu buku artinya seseorang yang senang membaca dan menelaah buku.

Liputan6.com, Jakarta Kutu buku artinya mungkin belum dipahami oleh sebagian orang Indonesia. Istilah ini sebenarnya sudah cukup sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama di sekolah. Istilah kutu buku memang sering kali digunakan oleh pelajar ataupun guru.

Kutu buku merupakan kata kiasan. Kiasan adalah arti kata yang bukan sebenarnya, jadi kutu buku artinya tentu bukan berkaitan dengan kutu secara langsung. Kutu buku adalah istilah yang merujuk pada seeorang yang kehidupannya sangat dekat dengan buku.

Kutu buku artinya seseorang yang senang membaca dan menelaah buku. Seorang kutu buku kerap kali dipanggil demikian karena mereka bisa membawa, membaca, atau menelaah buku di mana saja. Kutu buku kerap juga digunakan untuk menjelaskan seseorang yang pintar.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (22/5/2023) tentang kutu buku artinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kutu Buku Artinya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kutu buku artinya orang yang senang membaca dan menelaah buku di mana saja. Selain itu, kutu buku artinya kerap juga dimaknai sebagai seseorang yang sangat gemar membaca buku, sehingga kurang memperhatikan pergaulan atau penampilannya.

Sementara itu, menurut Cambridge Dictionary, secara sederhana kutu buku artinya orang yang amat sering membaca. Kutu buku artinya tidak cukup hanya dengan membaca saja, namun mereka juga memahami dengan sangat detail tentang buku-buku yang mereka baca. Bahkan, seorang kutu buku artinya ia dapat mengingat sampai bagian terkecil seperti dialog yang ada dalam buku tersebut.

Kutu buku penyebutannya tidak terbatas kepada orang-orang yang menyukai tulisan fiksi novel saja, namun juga disematkan kepada orang-orang yang menyukai jenis buku lainnya. Sekarang ini, makna kutu buku juga mulai bergeser, tidak hanya menjadi orang yang sangat suka membaca buku, namun juga diberikan kepada orang-orang yang pintar. Bahkan, kutu buku artinya juga berkembang ke arah yang negatif, di mana juga dipahami sebagai orang-orang yang gemar membaca buku, sehingga kurang memperhatikan pergaulan atau penampilannya.

Kutu buku artinya memang bisa saja berbeda tergantung konteks pembicaraan. Selain memiliki makna kiasan atau bukan makna dari satu-satu katanya, kutu buku juga dikenali sebagai serangga yang biasanya ada di dalam buku. Kutu buku artinya di sini merujuk pada serangga yang biasa memakan buku hingga berlubang, seperti rayap.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Kutu Buku

Kutu buku artinya orang yang sangat menyukai buku, sehingga tidak hanya membacanya, ia juga menelaahnya secara mendetail. Melansir Fimela, berikut tanda atau ciri-ciri seorang kutu buku:

1. Seseorang dikatakan seorang kutu buku saat ia meluangkan lebih banyak waktu untuk membaca buku, daripada browsing di Internet dan mengerjakan hal lain yang sifatnya kegiatan di luar ruangan.

2. Seseorang disebut kutu buku jika ia membawa buku favorit kemana pun ia pergi. Biasanya, setiap ada waktu luang kutu buku akan membuka buku, terus membaca. Bahkan di tempat ramai sekali pun. 

3. Saking sukanya membaca, kutu buku bahkan bisa sampai tertidur dengan buku masih di atas kasur. Bahkan ketika ia bangun tidur, ia baru sadar kalau masih memegang buku tersebut. 

4. Kutu buku sangat-sangat tertarik dengan karakter yang ada di dalam buku yang dia baca. Contohnya, ketika membaca trilogi Millenium dan ia sangat tertarik dengan Salander, kemudia langsung browsing dan berusaha memahami, atau paling tidak tahu tentang hacking. Atau bisa juga ia lagsung mencari forum para penggemar trilogi tersebut di Internet demi membicarakan karakter itu. 

5. Kutu buku tidak pernah bosan membaca buku yang sama berkali-kali. Bahkan hapal isi setiap chapter. Sebagian orang yang dikategorikan sebagai kutu buku bahkan sering membuka halaman secara acak dan kemudian membacanya. 

4 dari 4 halaman

Sangat Menyukai Buku

6. Seorang kutu buku merasa kesal ketika cerita itu difilmkan, karena mulai dari karakter sampai alur cerita enggak ada yang pernah sama. Orang yang sangat suka baca buku punya imajinasi yang luar biasa. Ketika imajinasinya dengan apa yang digambarkan dalam versi film sedikit melenceng, dia akan sangat kesal. 

7. Kutu buku lebih memilih berada di rumah untuk baca buku daripada jalan-jalan ke luar bersama teman-teman. Kecuali ia mengajakmu ke perpustakaan atau toko buku. 

8. Selama kutu buku membaca buku, ia seakan tenggelam dalam cerita. Bahkan ia tidak akan mengalihkan perhatian dari buku tersebut. Hal ini terkecuali jika ada orang yang iseng menutup halaman buku dengan tangannya, atau menarik buku yang sedang dibaca oleh kutu buku. 

9. Kutu buku menganggap orang yang tidak suka baca buku adalah orang aneh. 

10. Setelah selesai membaca satu buku, kutu buku mungkin butuh waktu beberapa saat untuk menikmati sensasi dari kisah dalam buku. Tapi ini tidak akan berlangsung lama. Dengan segera seorang kutu buku akan mulai membaca buku lain. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.