Sukses

8 Doa Belajar Beserta Artinya, Memohon Agar Cepat Pintar dan Tidak Gampang Lupa

Simak bacaan doa belajar beserta artinya yang bisa anda panjatkan agar senantiasa diberi ilmu yang bermanfaat, cepat pintar dan tidak mudah lupa.

Liputan6.com, Jakarta Doa belajar beserta artinya sangat penting dipanjatkan pelajar sebelum dan sesudah belajar. Belajar menjadi kegiatan wajib yang dilakukan semua orang, termasuk pelajar. Selain itu, belajar juga dapat disebut sebagai ibadah yang disenangi oleh Allah SWT.

Ketika akan melakukan sesuatu hendaknya diawali dengan berdoa, tak terkecuali dengan belajar. Ada berbagai bacaan doa belajar dan artinya yang bisa anda amalkan. Doa belajar beserta artinya tersebut bisa anda hafalkan untuk diri sendiri.

Dengan memanjatkan bacaan doa belajar beserta artinya ini, dapat digunakan untuk memohon kepada Allah SWT agar diberikan daya ingat yang kuat dan cepat pintar. Selain itu, doa belajar beserta artinya juga bisa memberikan konsentrasi bagi anda dan mendapatkan keberkahan dalam belajar.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai bacaan doa belajar beserta artinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (24/5/2023).

2 dari 9 halaman

1. Doa Belajar Beserta Artinya

Berikut ini bacaan doa belajar beserta artinya yang dapat anda panjatkan, yakni:

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Arab Latin: Allahumma inni as-aluka ‘ilman nafi'an wa rizqan thayyiban, wa ‘amalan mutaqabbalan.

Artinya: "Ya Allah! Sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima."

3 dari 9 halaman

2. Doa Mendapatkan Ilmu yang Bermanfaat

Supaya ilmu yang Anda dapatkan bermanfaat bagi kehidupan dunia dan akhirat, terdapat hadist dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berdoa seperti berikut:

اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي وَزِدْنِي عِلْمًا الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ حَالِ أَهْلِ النَّارِ

Arab Latin: Allahummanfa'nii bimaa 'allamtanii wa 'allimnii maa yanfa'una wa zidnii 'ilman, alhamdulillahilladzi 'alaa kulli haalin wa a'uzu billahi min haali ahlin Naar.

Artinya: "Ya Allah, Jadikanlah ilmu yang Engkau ajarkan kepadaku bermanfaat bagiku. Ajarkanlah kepadaku ilmu yang berguna untukku dan tambahkanlah kepadaku ilmu. Segala puji bagi Allah atas segala hal, aku berlindung kepada Allah dari keadaan dan segala hal yang dilakukan penghuni neraka". (HR at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan al-Bazzar).

4 dari 9 halaman

3. Doa Mulai Belajar dan Artinya

Berikut ini ada bacaan doa yang bisa dipanjatkan sebelum belajar dan artinya adalah:

Rodlittu billahiroba, Wabil islaamidiinaa, Wabimuhammadin nabiyyaa warasuula, Robbi zidnii ilmaan warzuqnii fahmaan.

Artinya: "Kami rida bahwa Allah SWT sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, serta Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah terhadapku ilmu serta berikanlah aku pengertian yang baik."

5 dari 9 halaman

4. Doa Belajar Agar Ditunjukkan Ilmu yang Benar

Adapun bacaan doa belajar agar ditunjukkan ilmu yang benar dan ilmu yang salah adalah sebagai berikut,

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Arab Latin: Allahumma arinal haqqa haqqan warzuqnat tibaa'ahu. Wa arinal baathila baathilan warzuqnaj tina bahu.

Artinya: "Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran sehingga kami bisa mengikutinya, dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya."

6 dari 9 halaman

5. Doa Agar Terhindar dari Ilmu yang Tidak Bermanfaat

Dalam mempelajari suatu ilmu, kita juga harus mempertimbangkan apakah yang kita pelajari bermanfaat atau tidak. Oleh karena itu, penting untuk membaca doa belajar dan artinya agar terhindar dari ilmu yang tidak bermanfaat. Adapun bacaannya adalah sebagai berikut,

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوْذُبِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ وَقَلْبٍ لا يَخْشَعُ وَعَمَلٍ لَا يُرْفَعُ وَدُعَاءٍ لَايُسْمَعُ

Arab Latin: Allahumma inni a'udzubika min 'ilmin la yanfa' wa qalbin la yakhsya' wa 'amalin la yurfa' wa du'ain la yusma'.

Artinya: "Ya Allah aku berlindung dari ilmu yang tidak bermanfaat, hati yang tidak khusyuk, amal yang tidak diangkat (diterima), dan doa yang tidak didengar."

7 dari 9 halaman

6. Doa Belajar Agar Tidak Mudah Lupa

Adapun bacaan doa belajar beserta artinya yang bisa anda panjatkan adalah sebagai berikut:

فَفَهَّمْنَا سُلَيْمَانَ وَكُلًّا آتَيْنَا حُكْمًا وَعِلْمًا وَسَخَّرْنَا مَعَ دَاوُدَ الجِبَالَ يُسَبِّحْنَ وَالطَّيْرَ وَكُنَّا فَاعِلِيْنَ

Fahhamna Sulaimana, wa kullan atayna hukman wa 'ilman, wa sakhkharna ma'a Dawudal jibala yusabbihna wat thayra, wa kunna fa'ilin.

يَا حَيُّ، يَا قَيُّوْمُ، يَا رَبَّ مُوْسَى وَهَارُوْنَ وَرَبَّ إِبْرَاهِيْمَ، وَيَا رَبَّ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَيْهِمْ أَجْمَعِيْنَ

Ya hayyu, ya qayyumu, ya rabba Musa wa Harun, wa rabba Ibrahim, way a rabba Muhammadin shallallahu 'alayhi wa sallama 'alayhim ajma'in.

اللَّهُمَّ ارْزُقْنِيَ الفَهْمَ وَالعِلْمَ وَالحِكْمَةَ وَالعَقْلَ بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahummarzqniyal fahma, wal 'ilma, wal hikmata, wal 'aqla, bi rahmatika, ya arhamar rahimin.

Artinya: "Kami memberikan pemahaman kepada Sulaiman. Setiap dari mereka Kami berikan kebijaksanaan dan ilmu. Kami tundukkan gunung dan burung kepada Dawud. Mereka bertasbih. Kamilah yang melakukan itu semua. Wahai zat yang hidup, wahai zat yang tegak, wahai Tuhan Musa, Harun, Tuhan Ibrahim, wahai Tuhan Muhammad SAW. Ya Allah, karuniakan aku pemahaman, ilmu, kebijaksanaan, dan akal dengan rahmat-Mu wahai zat yang Maha Pengasih."

8 dari 9 halaman

7. Doa Belajar Agar Cepat Pintar

Berikut ini bacaan doa belajar agar cepat pintar dan artinya yang bisa diamalkan, yakni:

اَللّٰهُمَّ اَلْهِمْنَاعِلْمًانَفْقَهُ بِهِ اَوَامِرَكَ وَنَوَاهِيَكَ وَارْزُقْنَافَهْمًانَعْلَمُ بِهٖ كَيْفَ نُنَاجِيْكَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَا. اَللّٰهُمَّ ارْزُقْنَافَهْمَ النَّبِيِّيْنَ وَحِفْظَ الْمُرْسَلِيْنَ وَاِلْهَامَ الْمَلاَءِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allaahumma alhimnaa 'ilman nafqatu bihi awaa miraka wa nawaahiyaka warzuqnaa fahman na'lamu bihii kaifa nunaa jiika birahmatika yaa arhamar raahimiina.

Allaahummar zuqnaa fahman nabiyyiina wa hifdhal mursaliina wa ilhaamal malaa ikatil muqarrabiina birahmatika yaa arhamar raahimiina.

Artinya: “Ya Allah, berilah kami ilham berupa ilmu, yang dengannya aku dapat memahami segala perintah dan larangan-Mu, dan karuniailah kamu pemahaman, yang dengannya kami dapat mengetahui bagaimana kami bermunajat kepada-Mu, wahai Dzat yang Paling Pengasih.

Ya Allah, karuniakanlah kepada kami pemahaman seperti pemahaman para Nabi, daya hafal seperti daya hafal para Rasul, dan ilham seperti ilham para malaikat yang selalu mendekatkan diri kepada Allah, berkat rahmat Engkau, wahai Dzat yang Paling Pengasih di antara para pengasih.”

9 dari 9 halaman

8. Doa Setelah Belajar

Selain doa sebelum belajar, amalkan juga doa setelah belajar. Hal ini merupakan bentuk permohonan agar apa yang sudah dipelajari dapat diserap dengan baik dan tidak mudah lupa adalah sebagai berikut:

Bismillaahir rohmaanir rohiim, allahumma innis tauda'tuka maa qoro'tuhu wa maa hafidzhtuhu wa maa fahimtuhu fardudhu ilayya 'inda haajatii ilaih.

Artinya: "Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, sesungguhnya aku titipkan kepada-Mu apa yang aku telah membacanya, apa yang aku telah menghafalnya dan apa yang aku telah memahaminya. Maka kembalikanlah kepadaku bila sewaktu-waktu aku membutuhkannya."