Sukses

8 Novel Islami Romantis yang Bagus dan Menyentuh Hati, Rekomendasi Bacaan

Novel islami bisa menjadi hiburan di waktu luang bagi seorang muslim.

Liputan6.com, Jakarta Novel islami bisa menjadi hiburan di waktu luang bagi seorang muslim. Apalagi banyak pelajaran yang bisa kamu dapatkan dari membaca novel-novel tersebut, baik pelajaran kehidupan secara umum, hingga pelajaran agama Islam.

Banyak rekomendasi novel Islami yang bisa kamu baca. Salah satu genre yang sangat digemari di Indonesia tentunya adalah novel Islami romantis. Hubungan asmara antara laki-laki dan perempuan biasanya lebih menarik jika dikemas dengan nuansa agama islam.

Rekomendasi novel Islami yang bagus ditulis oleh para penulis handal yang namanya sudah tidak asing lagi di telinga kebanyakan orang. Kamu tentunya sudah mengenali nama-nama besar seperti Habiburrahman El Shirazy, Asma Nadia, maupun A. Fuadi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (25/5/2023) tentang novel Islami.

2 dari 9 halaman

1. Ayat-Ayat Cinta - Habiburrahman El Shirazy

Rekomendasi novel Islam yang pertama adalah Ayat-Ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy. Novel yang memiliki setting di Universitas Al-Azhar, Mesir ini berkisah tentang perjalanan hidup Fahri. Sebagai lelaki yang cerdas, sholeh, dan terpelajar, Fahri pun disukai banyak perempuan. Akhirnya, dia menjatuhkan pilihan kepada Aisyah. Tak melulu kisah asmara, novel ini juga mengandung pesan toleransi. Selain itu, ada pula bagian yang mengangkat isu kekerasan terhadap perempuan.

3 dari 9 halaman

2. Surga yang Tak Dirindukan - Asma Nadia

Rekomendasi novel Islami selanjutnya yaitu Surga yang Tak Dirindukan. Novel ini berisi kisah tentang kehidupan dua perempuan yang memiliki karakter berbeda. Meski awalnya punya kehidupan yang berbeda dan tak saling kenal, mereka akhirnya dipertemukan karena menikahi laki-laki yang sama.

Perempuan pertama bernama Arini, seorang penulis yang cerdas dan sholehah. Perempuan kedua bernama Mei Rose, seorang non muslim perawakan Tionghoa yang hidup di bawah kerasnya penderitaan. Mereka berdua menikah dengan laki-laki bernama Andika Prasetya. Poligami menjadi isu besar yang diangkat dalam cerita ini.

4 dari 9 halaman

3. Negeri 5 Menara - A. Fuadi

Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi merupakan rekomendasi novel Islami berikutnya. Novel ini memiliki nilai-nilai keislaman yang terpancar kuat. Novel Negeri 5 Menara bertemakan pendidikan santri dan persahabatan.

Novel ini menceritakan kehidupan Alif bersama lima sahabatnya, yang mana keenam sahabat tersebut berasal dari latar belakang daerah yang berbeda-beda. Mereka dipertemukan saat melakukan pendidikan di Pondok Pesantren Madani (PM), Ponorogo, Jawa Timur.

5 dari 9 halaman

4. Hijrah Itu Cinta - Abay Adhitya

Hijrah Itu Cinta merupakan salah satu rekomendasi novel Islami yang bisa kamu baca. Tokoh utama dalam novel ini bernama Senja dan Satria yang saling menyukai. Namun, Satria malah menjebak Senja di sebuah hotel. Untungnya, Senja berhasil kabur dan menghindari hal tak tak dia inginkan.

Suatu hari, Senja mendapatkan surat wasiat dari mendiang ayah kandungnya. Dalam surat itu tertulis tentang pertobatan dari perbuatan zina. Senja pun mengajak Satria untuk berhijrah. Namun, teman lamanya yang bernama Fajar tiba-tiba datang ke kehidupannya.

6 dari 9 halaman

5. 99 Cahaya di Langit Eropa - Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra

Rekomendasi novel Islami berikutnya adalah 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Buku autobiografi ini bercerita tentang keduanya yang tinggal sebagai minoritas di Wina, Austria. Novel ini tidak hanya menceritakan bagaimana pengalaman Hanum merasa diremehkan sebagai perempuan muslim. Tetapi Hanum dan Rangga menceritakan tentang kejayaan agama Islam berabad lalu di benua Eropa.

Bahkan Hanum dan Rangga baru mengetahui banyak hal tentang kejayaan agama Islam di Eropa sejak bertemu Fatma Pasha, imigran asal Turki. Selain itu, novel ini mengajarkan kita untuk saling menghargai agama lainnya. Bahkan Hanum sangat mengagumi Fatma yang membalas oknum rasis dengan kebaikan. Dari situlah Hanum sadar kalau setiap umat Islam harus menjadi agen muslim yang baik pula.

7 dari 9 halaman

6. Assalamualaikum Beijing! - Asma Nadia

Mengangkat ide cinta beda agama, novel Islami yang berjudul Assalamualaikum Beijing! ini cukup menarik untuk dibaca. Novel karya Asma Nadia ini berkisah tentang tokoh Zhongwen dan Asma yang saling jatuh cinta. Mereka saling mencintai, tapi terhalang dengan perbedaan keyakinan.

Selanjutnya, Zhongwen memutuskan untuk menjadi mualaf, tapi ada permasalahan lain yang muncul. Mungkin, kisah akan akan terasa relatable untuk kalian yang pernah mengalami kisah serupa.

8 dari 9 halaman

7. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck - Hamka

Novel karya Hamka ini bercerita tentang adat dan perbedaan status sosial yang berlaku di Minangkabau. Novel ini mengisahkan tentang perdebatan mengenai harta warisan antara Pendekar Sutan dengan mamaknya. Mirisnya, Pendekar Sutan membunuh mamaknya dan tinggal di Makassar. Setelah itu, Pendekar Sutan menikah dan dikaruniai anak bernama Zainuddin. Namun Zainuddin menjadi yatim piatu dan memutuskan kembali ke kampung halaman almarhum ayahnya di Batipuh. Sesampainya di sana, Zainuddin diasingkan oleh keluarga ayahnya.

Hidup Zainuddin diceritakan sangat terpuruk. Mulai dari ditinggal Hayati, perempuan yang ia cintai hingga harus berpindah tempat. Untungnya, sejak tinggal di Surabaya, Zainuddin menjadi novelis terkenal. Namun tiba-tiba saja rumah tangga Hayati bersama Aziz, retak setelah sang suami bunuh diri. Sebelum mengakhiri hidupnya, Aziz meninggalkan sepucuk surat yang isinya meminta Zainuddin menjaga Hayati.

Tetapi, Zainuddin tidak memaafkan kesalahan Hayati dan menyuruhnya kembali ke kampung halaman menaiki kapal van der Wijck. Di pertengahan perjalanan, kapal tenggelam. Hayati berhasil dilarikan ke RS namun meninggal setelah Zainuddin datang. Setelahnya, Zainuddi jadi sakit-sakitan dan akhirnya menyusul Hayati.

9 dari 9 halaman

8. Bidadari Bermata Bening - Habiburrahman El Shirazy

Bidadari Bermata Bening merupakan rekomendasi novel Islami karya Habiburrahman El Shirazy. Novel ini bercerita tentang seorang santriwati yang miskin bernama Ayna. Dia merupakan anak yang cerdas, sabar, dan kuat dalam menghadapi ujian hidup. Ternyata, dia menyimpan perasaan kepada Gus Afif yang akan melanjutkan pesantren.

Sayangnya, cintanya mengalami banyak rintangan karena dia terpaksa menikah dengan seorang konglomerat bernama Yoyok. Yoyok merupakan orang yang tak pernah beribadah, malah mabuk-mabukan dan korupsi. Ayna pun kabur dan hidup susah. Sementara itu, Gus Afif ternyata memilih hidup sederhana di Bogor. Bagaimana kisah mereka akan berlanjut?