Sukses

Viral Penumpang Buka Pintu Darurat Pesawat saat Akan Mendarat, Ini 5 Fakta-Faktanya

Seorang penumpang tiba-tiba membuka pintu darurat pesawat saat dalam penerbangan

Liputan6.com, Jakarta Transportasi udara banyak dipilih masyarakat untuk bepergian karena bisa memangkas waktu tempuh. Meski begitu, banyak syarat yang harus dipatuhi saat naik pesawat. Berbagai pemeriksaan keamanan harus dilewati dari lobi bandara hingga di dalam pesawat.

Semua itu harus dilakukan agar selama penerbangan lancar, mengingat pesawat memiliki risiko yang lebih besar daripada mode transportasi lain. Salah satu aturan saat naik pesawat adalah tidak boleh membuka pintu darurat pesawat saat masa penerbangan yang tidak mengalami kendala.

Tujuan itu bermaksud agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Namun belum lama ini, salah satu seorang penumpang membuka pintu darurat tanpa sepengetahuan awak pesawat. Diketahui hal itu terjadi pada penerbangan pesawat maskapai Asiana Airlines rute Pulau Jeju-Bandara Daegu pada Jumat (26/5/2023).

Tentu insiden pintu darurat pesawat yang diduba secara tiba-tiba saat penerbangan ini tampak mencekam dan begitu membahayakan penumpang. Berikut fakta-faktanya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (2/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kronologi Penumpang Membuka Pintu Darurat Pesawat

Penerbangan OZ8124, sebuah jet Airbus A321-200, lepas landas dari Pulau Jeju pada Jumat sekitar pukul 11.45 waktu setempat. Sekitar satu jam sebelum mendarat, seorang penumpang laki-laki membuka pintu darurat saat pesawat masih berjarak 250 meter dari permukaan tanah.

Video yang direkam seorang penumpang dan beredar di media sosial menunjukkan celah di sisi kiri pesawat dan angin menerpa barisan penumpang yang duduk.

3 dari 6 halaman

2. Tidak Bisa Dihentikan

Menurut saksi, pramugari saat itu tidak bisa menghentikannya karena pesawat hendak mendarat. Mereka mengatakan pria itu juga mencoba melompat keluar dari pesawat setelah membuka pintu. Para penumpang pun panik hingga pingsan.

"Situasi kacau ketika orang-orang yang dekat dengan pintu pingsan satu per satu dan pramugari memanggil dokter di pesawat melalui siaran," kata seorang penumpang berusia 44 tahun kepada media Yonhap.

"Saya pikir pesawatnya meledak. Saya pikir saya akan mati seperti ini," tambahnya.

4 dari 6 halaman

3. Penumpang Ketakutan

Beberapa anak usia sekolah juga menjadi penumpang, dalam perjalanan mereka ke acara olahraga. Ibu dari salah satu siswa mengatakan anak-anak merasa ketakutan dan gemetar ketika pintu darurat pesawat dibuka.

"Anak-anak gemetar, menangis, dan ketakutan."

5 dari 6 halaman

4. Mabuk hingga Stres Kehilangan Pekerjaan

Polisi mengatakan tersangka sejauh ini tidak memberikan penjelasan atas tindakannya, dan juga tidak mabuk pada saat ditangkap. Polisi mengatakan pria itu mengklaim selama interogasi bahwa dia stres setelah kehilangan pekerjaannya, menurut laporan itu.

6 dari 6 halaman

5. Penumpang Selamat dan Luka-Luka

Beruntungnya penumpang pesawat itu selamat dan mengalami luka ringan. Diketahui 9 penumpang pun dikabarkan luka-luka. Selain itu, sejumlah penumpang lain harus mendapat penanganan akibat syok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.