Sukses

4 Doa Syafaat Singkat Kristen, Dibaca Sehari-hari

Membaca doa syafaat singkat sendiri atau berjemaah sangat dianjurkan bagi umat Kristiani.

Liputan6.com, Jakarta - Membaca doa syafaat singkat sendiri atau berjemaah sangat dianjurkan bagi umat Kristiani. Doa syafaat singkat Kristen pada hakikatnya dipanjatkan dengan tujuan atau berfungsi sebagai perantara antara umat manusia dan Bapa, bahkan bagi mereka yang berdosa.

Menurut buku berjudul 100 Renungan Doa yang ditulis oleh Harison J. Ompusunggu, membaca doa syafaat singkat Kristen dapat dilakukan secara individu maupun bersama-sama, misalnya dengan sesama jemaat gereja setempat.

Terdapat kutipan yang menegaskan bahwa Kejadian 18 secara jelas menyebutkan doa syafaat. Pasal tersebut memberikan penjelasan mengenai prinsip dasar doa syafaat singkat sudah sesuai dengan ajaran Alkitab.

Ada empat contoh doa syafaat singkat Kristen yang dirangkum dari buku berjudul Panduan Tata Ibadah GKJW oleh Rendra Andi dan buku berjudul Roh Inspirasi Anda agar Hidup dan Usaha Lebih Sukses (2014) oleh Djohan Gunawan. Simak penjelasan lengkapnya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang doa syafaat singkat Kristen, Sabtu (27/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sesuai dengan Ajaran AlKitab

Berdasarkan buku berjudul The Intercession Prayer yang ditulis oleh V. Prabowo Shakti, doa syafaat singkat Kristen memiliki dasar yang kuat dalam Kitab Suci. Katekismus Gereja Katolik (KGK) artikel nomor 2634 menjelaskan bahwa doa syafaat singkat adalah jenis doa permohonan yang membuat umat berdoa sejalan dengan doa Yesus.

Fokus dan isi doa syafaat biasanya meliputi anggota keluarga, gereja setempat, gereja-gereja di seluruh negeri, bahkan di seluruh dunia, bangsa dan negara, serta hal-hal lainnya. Biasanya, doa syafaat diucapkan oleh umat saat mengikuti Misa untuk gereja dan dunia.

Doa syafaat singkat yang dimaksudkan dapat dipanjatkan bagi siapa saja dan untuk kepentingan apapun. Mulai dari permohonan doa yang melibatkan banyak orang hingga mendoakan individu tertentu seperti pendeta dan pelayan gereja.

Berdasarkan buku berjudul Firman Kudus untuk Kebangunan Pagi: Doa Syafaat yang disusun oleh Yasperin, terdapat kutipan yang menegaskan bahwa Kejadian 18 secara jelas menyebutkan doa syafaat. Pasal tersebut memberikan penjelasan mengenai prinsip dasar doa syafaat singkat sesuai dengan ajaran Alkitab.

Di dalam Alkitab, terdapat catatan mengenai doa syafaat singkat Kristen yang mengimbau umat untuk berdoa bagi:

  1. Semua yang berkuasa (1 Timotius 2:2)
  2. Para Hamba Tuhan (Filipi 1:19)
  3. Gereja (Mazmur 122:6)
  4. Teman-teman (Ayub 42:8)
  5. Teman sebangsa (Roma 10:1)
  6. Orang sakit (Yakobus 5:14)
  7. Musuh (Yeremia 29:7)
  8. Semua orang (1 Timotius 2:1)
3 dari 4 halaman

Doa Pertama

Bapa kami yang ada di Surga dan selalu memberikan kebaikan untuk kehidupan kami.

Saat ini, kami memanjatkan syukur atas berkatMu. Kami selalu memuji dan mendengarkan firmanMu yang menjadi kekuatan tersendiri bagi kehidupan kami.

Tuhan, kami bersyukur atas segala hal yang Engkau berikan. Segala persembahan dan peribadatan yang ditujukan padaMua bukanlah keterpaksaan belaka, melainkan sebagai bukti syukur kami.

Pada kesempatan kali ini, kami memanjatkan doa syafaat secara khusus kepadaMu, Tuhan. Berkahilah selalu keluarga kami dan limpahi dengan kebahagiaan.

Bagi Bapak Rumah Tangga kami, berikanlah hikmat kepadanya dan lancarkan setiap aktivitasnya. Berkati kehidupannya agar ia bisa menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik. Sertai setiap langkahnya, Tuhan. Jadikan ia sebagai kepala keluarga yang baik dan rindu bersekutu padaMu.

Bagi Ibu Rumah Tangga kami, berikanlah ia hikmat dan kesehatan selalu. Bantu ia dengan kemudahan-kemudahan agar lancar dalam mengurus rumah tangga ini, baik dalam mendidik anak-anak, dan baik dalam melayani suami.

Kirannya Tuhan berikan kesabaran padanya. Terus berikan penyertaanMu kepada Ibu Rumah Tangga kami Tuhan. Jadikan ia istri yang baik, yang selalu rindu datang beribadah bersama kami.Apapun yang menjadi pekerjaan dan pergumulannya, lancarkanlah itu semua Tuhan.

Kami juga berdoa untuk anak anak yang masih di bangku Pendidikan. Sertailah mereka dan berikan kepintaran dalam menuntut ilmu. Berikan jalan terbaik untuk anak-anak agar dapat menggapai cita-citanya.

Jadikanlah anak kami berguna bag orang tua, bangsa, dan negara. Selalu dekatkan ia kepadaMu dan libatkan ia dalam Pekerjaan Tuhan.

Segala permohonan ini kami serahkan sesuai dengan rencana dan kendakMu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami telah berdoa dan mengucap Syukur. Haleluya, Amin.

4 dari 4 halaman

Doa Kedua

Tuhan, kami berterima kasih atas karuniaMu dan berkatMu kepada kami.

Kami muliakan namaMu senantiasa karena berkat kuasaMu kami mendapatkan pertolongan.

Kuatkanlah kami dalam peperangan rohani dalam melawan kuasa gelap di dunia ini.

Yesus lindungilah para pengerja gereja ini. Lindungilah mereka dari hamba-hamba kegelapan yang berdoa pada setan dan Antikris.

Kuatkanlah jiwa dan iman para pendeta dan pemimpin Kristen agar tetap terus berjuang di jalanMu. Amin.

Doa Ketiga

Tuhan Yesus yang Maha Baik, kami ucapkan terima kasih atas berkat dan penyertaan yang telah engkau berikan kepada kami sehingga kami dapat berkumpul hari ini untuk memuliakanMu.

Kami mohon kepadaMu, berkatilah gereja ini, berkatilah umat gerejja ini, berkatilah kegiatan ibadah yang telah kami laksanakan pada saat ini hingga turut dapat menambahkan jiwa raga kami, hingga kami bisa terus dapat beribadah bersama.

Berkatilah juga para pelayan gereja, para penerima tamu, para pemain musik, pemimpin pujian, penyanyi rohani, guru sekolah minggu dan jemaat yang saat ini tengah mengikuti kebaktian ini.

Berkati juga saudara kami jemaat di gereja-gereja lainnya yang tengah memuji dan memuliakan namaMu. Lindungilah kami dari kuasa jahat yang ingin mengganggu ibadah kami dan menjauhkan kami dari jalanMu.

Kiranya Engkau bersedia memberikan kesukacitaan pada kami dalam ruangan ini, serta berkatilah kami dengan umur panjang agar kami dapat terus memuliakan namaMu. Amin.

Doa Keempat

Tuhan, kami berterima kasih atas karuniamu dan kehadiranMu

Kristus adalah firman-Mu yang telah menjadi manusia dan Kristus yang merupakan hikmat Allah dan kuasa Allah di dunia.

Jagalah hubungan baik kami dengan semua jemaat di Gereja ini agar kami dapat saling membantu dalam kesulitan, dan hidup kami menjadi lebih mudah karena KuasaMu. Yesus kami berdoa kepadamu, berkatilah kami semua agar mendapatkan pertolongan dalam keadaan yang sulit ini. Amin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.