Sukses

7 Penyebab Mata Ikan di Jempol Kaki, Begini Mengobatinya

Memahami penyebab mata ikan di jempol kaki karena paling utama adalah penggunaan alas kaki yang salah.

Liputan6.com, Jakarta Masalah mata ikan atau clavus adalah ditandai dengan munculnya penebalan kulit berbentuk bulat, bagian tengahnya keras, dan dikelilingi area kulit meradang. Paling sering terjadi adalah muncul mata ikan di jempol kaki bagian telapak. Apa penyebab mata ikan di jempol kaki tersebut?

Memahami penyebab mata ikan di jempol kaki paling utama adalah penggunaan alas kaki yang salah. Ketidaknyamanan alas kaki yang digunakan akan menimbulkan sejumlah gesekan, inilah pemicu mata ikan muncul di jempol kaki. Apa lagi?

Melakukan aktivitas yang membutuhkan tekanan pada kaki atau jempol kaki juga bagian dari penyebab mata ikan di jempol kaki. Begitu pula masalah infeksi Human Papillomavirus (HPV) yang kerap menyerang telapak kaki. Inilah penyebab mata ikan di jempol kaki yang kerap bikin nyeri, luka, hingga infeksi.

Berikut Liputan6.com ulas penyebab mata ikan di jempol kaki dan cara mengobatinya, Sabtu (4/12/2021).

2 dari 4 halaman

Penyebab Mata Ikan di Jempol Kaki

1. Jarang Memakai Kaus Kaki

Jarang sekali memaki kaus kaki mungkin lebih nyaman bagi sebagian orang. Sayangnya kebiasaan ini bisa menjadi penyebab mata ikan di jempol kaki. Banyak orang yang menyepelekan manfaat menggunakan kaus kaki dan memilih untuk tidak menggunakannya. Kebiasaan tidak memakai kaus kaki bisa mengakibatkan terjadinya gesekan antara kaki dengan sepatu secara langsung. Inilah penyebab mata ikan di jempol kaki.

2. Berjalan Terlalu Lama

Berjalan atau berlari terlalu lama adalah penyebab mata ikan di jempol kaki paling sering terjadi. Mata ikan di jempol kaki bagian bawah kerap tak terlihat bagi yang terbiasa dengan aktivitas ini. Meskipun bergerak memiliki manfaat sehat bagi tubuh, aktivitas fisik berjalan dan berlari terlalu lama harus dibatasi.

Diatur sedermikian rupa agar tidak menjadi penyebab mata ikan di jempol kaki. Hal ini disebabkan karena tekanan yang terjadi secara terus menerus saat kamu berjalan atau berlari, sehingga menjadi penyebab mata ikan di jempol kaki.

3. Sepatu Tidak Nyaman

Perhatikan baik-baik, sepatu yang tidak nyaman dikenakan adalah penyebab mata ikan di jempol kaki. Sepatu yang terlalu sempit tentunya akan membuat terjadinya tekanan dan gesekan pada kaki kamu. Hal inilah yang pada akhirnya menjadi penyebab mata ikan di jempol kaki.

Tidak hanya itu, ternyata sepatu yang longgar pun bisa menjadi salah satu penyebab mata ikan di jempol kaki. Beberapa bagian pada kaki biasanya akan bergesekan secara berulang dengan sepatu, inilah penyebab mata ikan di jempol kaki.

4. Mengangkat Beban Berat

Mengangkat beban berat adalah penyebab mata ikan di jempol kaki yang sering dianggap remeh. Saat mengangkat beban berat, secara otomatis tekanan lebih besar terjadi pada kaki, sehingga bisa menjadi penyebab mata ikan di jempol kaki bagian bawah. Apabila memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan pengangkatan beban berat, perhatikan alas kaki yang digunakan agar penyebab mata ikan di jempol kaki tak menjadi masalah lagi.

5. Kondisi Medis

Kondisi medis tertentu ada yang dapat menjadi penyebab mata ikan di jempol kaki. Kondisi tulang yang menonjol dan terbentuk pada sendi bagian bawah ibu jari kaki. Hal ini bisa membuat ibu jari kaki terdorong ke arah jari-jari kaki yang lain (bunion).

Ada pula penyebab mata ikan di jempol kaki karena kelainan jari kaki saat sendi jari kaki menekuk di buku jari tengah (hammer toe). Lalu terdapat luka, rusaknya kelenjar keringat, atau ada kutil di kaki. Inilah penyebab mata ikan di jempol kaki karena masalah medis tertentu.

6. Infeksi Virus

Infeksi virus tertentu human papillomavirus (HPV) adalah penyebab mata ikan di jempol kaki. HPV sendiri termasuk jenis virus penyebab beragam penyakit kulit baik pada telapak kaki, tangan bahu, wajah bahkan area organ intim.

Ketika HPV menyerang pada bagian telapak kaki, kondisi ini juga dikenal dengan istilah plantar warts. Di mana kulit kaki mengalami penebalan dan menyebabkan benjolan yang terasa kasar. Inilah yang menjadi penyebab mata ikan di jempol kaki.

7. Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi yang terlalu sering digunakan bisa menjadi penyebab mata ikan di jempol kaki. Kondisi ini bisa dialami karena sepatu hak tinggi dapat memberi tekanan pada kaki hingga memicu terjadinya penebalan.

Selain itu tekanan yang terjadi pada kulit kaki erat kaitannya dengan penyakit mata ikan. Untuk mencegahnya penyebab mata ikan di jempol kaki, kurangi penggunaan sepatu hak tinggi terutama pada perempuan.

Konsultasi dengan dokter bisa dipertimbangkan untuk mencegah mata ikan sedini mungkin.

3 dari 4 halaman

Penyebab Mata Ikan Lainnya

8. Merokok

Bagi perokok, penyebab mata ikan adalah ketika memakai pemantik api. Hal ini tidak jauh berbeda dengan pemakaian alat musik tertentu. Biasanya akan muncul mata ikan pada kulit jempul tangan karena kondisi ini terjadi berulang-ulang ketika menyalakan pemantik sebelum merokok.

9. Gesekan Alat Tertentu

Biasanya hal ini terjadi pada tangan. Penyebab mata ikan satu ini adalah gesekan kulit tangan dengan sebuah peralatan, yang biasanya adalah instrumen musik ataupun peralatan memasak yang sering kamu gunakan.

Gesekan-gesekan yang terjadi menyebabkan adanya penebalan pada kulit tangan, sekaligus memunculkan penyebab mata ikan.

Penyebab mata ikan di jari tangan bisa terjadi bila kamu sering memainkan alat musik tertentu, misalnya biola atau gitar. Kondisi tersebut terjadi akibat adanya gesekan dan tekanan secara terus-menerus saat berlatih instrumen.

10. Kelainan Kelenjar Keringat

Penyebab mata ikan terakhir adlaah bisa dipicu karena tubuh mengalami kelainan kelenjar keringat. Sejumlah kondisi medis lainnya juga dapat memicu terjadinya mata ikan misalnya saja terdapat kutil pada kaki, pernah mengalami luka, ataupun kelainan pada jari kaki. Konsultasi dan pemeriksaan dapat dipertimbangkan untuk mencegah gangguan penyakit mata ikan pada kaki ataupun tangan.

4 dari 4 halaman

Cara Mengobati Mata Ikan di Jempol Kaki

1. Rendam dengan air hangat

Cara mengobati mata ikan yang pertama dengan merendam kaki dalam air hangat selama 20-30 menit. Setelah direndam, keringkan kaki dengan handuk bersih dan lembut. Ketika proses pengeringan, coba perhatikan apakah ada sel kulit mati yang terangkat.

2. Lemon

Air lemon atau minyak lemon bisa menjadi obat mata ikan. Caranya dengan mengolesnya tiga kali dalam sehari. Selama dilakukan dengan rutin, maka akan membantu melembutkan mata ikan agar mudah untuk digosok.

3. Bawang putih

Penggunaan bawang putih merupakan salah satu cara mengobati mata ikan yang dikenal sejak dahulu. Menggunakan bawang putih bisa dibilang merupakan salah satu cara terbaik.

Cara menggunakannya dengan potong bawang putih segar kemudian gosok pada mata ikan. Selain digosok, bisa juga dengan menggunakan perban diisi bawang putih yang sudah dihaluskan.

4. Cuka sari apel

Menggunakan cuka sari apel cukup ampuh untuk melembutkan serta menyingkirkan mata ikan di kaki. Caranya dengan merendam daerah yang terkena mata ikan ke dalam larutan cuka sari apel selama 30 menit. Setelah itu gosok dengan batu apung, kemudian bungkus dengan perban yang sudah dibasahi dengan cuka sari apel. Lakukan rutin selama seminggu agar hasilnya efektif.

5. Pepaya

Menggunakan pepaya ternyata ampuh untuk mengobati mata ikan. Cukup dengan satu sendok teh jus pepaya mentah dan oles ke mata ikan dengan bantuan bola kapas. Lakukan dengan rutin agar hasilnya efektif.

Â