Sukses

Pembelajaran Daring adalah Belajar Dibantu Internet, Pahami Bedanya dengan Luring

Pembelajaran daring adalah pembelajaran online.

Liputan6.com, Jakarta Apa itu pembelajaran daring? Memahami istilah daring adalah memiliki arti “dalam jaringan” menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Pembelajaran daring adalah pembelajaran online.

Apabila dimaknai lebih mendalam, pembelajaran daring adalah metode pembelajaran yang dilakukan dalam jaringan dengan bantuan internet. Pembelajaran daring adalah sejenis pembelajaran yang bisa dilakukan dengan modal ponsel, laptop, komputer, tablet, dan internet.

Nama lain dari pembelajaran daring adalah praktik pembelajaran virtual atau online. Kebalikan dari pembelajaran daring adalah pembelajaran luring yang dilakukan tatap muka atau offline.

Berikut Liputan6.com ulas arti pembelajaran daring, macam-macam pembelajaran daring, dan layanan yang bisa diakses, Kamis (10/3/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pembelajaran Daring

Memahami pembelajaran daring adalah metode belajar mengajar yang dilakukan dengan bantuan internet. Pembelajaran daring adalah dilakukan secara online.

KBBI menjelaskan pengertian daring atau pembelajaran daring adalah akronim “dalam jaringan” yang berarti segala sesuatu dilakukan secara online. Pembelajaran daring adalah sejenis pembelajaran yang bisa dilakukan dengan modal ponsel, laptop, komputer, tablet, dan internet.

Nama lain dari pembelajaran daring adalah praktik pembelajaran virtual. Pembelajaran daring adalah umumnya diperantarai dengan berbagai macam aplikasi. Aplikasi yang biasanya digunakan adalah Zoom, Google Meet, WhatsApp, Line, Skype, dan lain sebagainya.

Daring adalah keadaan komputer atau perangkat elektonik yang dapat saling bertukar informasi karena telah terhubung. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, ada dua jenis komunikasi daring, yaitu komunikasi sinkron atau serampak dan komunikasi asinkron atau tidak serempak.

Jenis komunikasi daring atau jenis pembelajaran daring yang pertama adalah komunikasi sinkron atau serempak. Komunikasi sinkron adalah komunikasi yang menggunakan komputer, smartphone ataupun alat bantu lainnya yang digunakan sebagai media perantaranya.

Komunikasi sinkron, memungkinkan kedua pihak atau lebih yang ingin berkomunikasi memiliki waktu yang sama atau real time melakukan komunikasi.

Sementara jenis komunikasi daring atau pembelajaran daring lainnya adalah komunikasi asinkron atau tidak serempak. Pembelajaran daring asinkron adalah berbeda dari komunikasi sinkron, bedanya ada pada waktu yang dilakukan untuk berkomunikasi. Jenis pembelajaran daring asinkron dilakukan tidak pada waktu yang bersamaan.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Pembelajaran Daring

Ada lebih kurang sepuluh macam-macam metode pembelajaran daring yang bisa dilakukan antara pengajar dan siswa. Ini penjelasan macam-macam pembelajaran daring yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Sinkron Video Call

Metode pembelajaran daring adalah ada sinkron video call yang menggunakan cara video call untuk saling terhubung. Memungkinkan untuk tetap mengetahui keadaan lawan bicaramu melalui layar smartphone ataupun layar komputer.

2. Sinkron Chat

Metode pembelajaran daring adalah ada sinkron chat yang dilakukan dengan cara berbagi chat ataupun obrolan dalam bentuk tulisan dengan lawan bicara. Saat ini pun berbagai platform menyediakan jasa komunikasi via chat, antara lain WhatsApp Chat, Line Chat, SMS atau Short Massage Service dan lain sebagainya.

3. Sinkron Call

Metode pembelajaran daring adalah ada sinkron call yang dilakukan dengan cara telepon. Jadi bisa menelpon seseorang yang jauh dengan menggunakan fitur yang ada pada sebuah aplikasi. Namun tak sedikit yang memiliki ketiga jenis komunikasi sinkron pada sebuah aplikasi.

4. Asinkron Video

Metode pembelajaran daring adalah ada asinkron video yang dilakukan dengan berbagi rekaman video kepada lawan bicara. Jadi bisa diartikan bahwa komunikasi asinkron video ini kamu tidak bisa secara langsung mengetahui keadaan lawan bicara.

5. Asinkron Chat

Metode pembelajaran daring adalah ada asinkron chat yang dilakukan dengan menggunakan komputer ataupun smartphone dan juga jaringan internet, akan tetapi sifatnya sama dengan komunikasi asinkron video.

Memungkinkan pengguna bisa berbagi pesan singkat menggunakan beberapa platform yang ada, akan tetapi komunikasi yang terjalin merupakan komunikasi tunda.

6. Formal

Metode pembelajaran daring adalah ada yang bersifat formal, dilakukan pada acara formal ataupun acara resmi. Tujuan dari komunikasi formal sendiri ialah untuk menyampaikan pesan yang terkait dengan suatu kepentingan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk jenis komunikasi formal, diantaranya menggunakan surat perintah, video conference ataupun komunikasi saat dalam sebuah rapat.

7. Non-Formal

Metode pembelajaran daring adalah ada yang bersifat non-formal, bisa terjadi diluar acara resmi. Namun meskipun berada pada acara resmi, jenis komunikasi yang dilakukan ini bersifat pribadi atau hubungan dekat.

8. Informal

Metode pembelajaran daring adalah ada yang bersifat informal, kebalikan dari komunikasi formal. Selain itu, jenis komunikasi ini memiliki tujuan untuk menjaga hubungan sosial. Selain itu, pesan atau obrolan yang akan disampaikan pun tidak terencana.

9. Kelompok

Metode pembelajaran daring adalah ada yang kelompok, dilakukan secara berkelompok atau beregu. Jenis komunikasi ini biasa terjadi pada sebuah grup yang terbentuk dalam sebuah platform.

10. Jaringan Kerja

Metode pembelajaran daring adalah ada yang bersifat pribadi. Jenis komunikasi ini berhubungan dengan keperluan pekerjaan. Selain itu, pada komunikasi jaringan kerja, biasanya sebuah perusahaan memiliki alat komunikasi sendiri seperti email atau pun platform khusus.

4 dari 4 halaman

Layanan Pembelajaran Daring

1. Akses Rumah Belajar: https://belajar.kemdikbud.go.id

2. Akses Google G Suite for Education: https://blog.google/outreach-initiatives/education/offline-access-covid19/

3. Akses Kelas Pintar: https://kelaspintar.id

4. Akses Microsoft Office 365: https://microsoft.com/id-id/education/products/office

5. Akses Quipper School: https://www.quipper.com/id/school/teachers/

6. Akses Sekolah Online Ruangguru Gratis: https://sekolahonline.ruangguru.com

7. Akses gratis belajar online Sekolahmu: https://www.sekolah.mu/tanpabatas

8. Akses Zenius: https://zenius.net/belajar-mandiri

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.