Sukses

5 Cara Bersihkan Sayuran Hijau Agar Terbebas dari Ulat Sebelum Dimasak

Pastikan sayur bersih dari kotoran sebelum dimasak.

Liputan6.com, Jakarta Sayuran hijau merupakan salah satu bahan makanan yang kerap dipilih untuk dijadikan olahan masakan yang lezat. Selain lezat untuk dijadikan berbagai masakan, sayuran hijau juga dikenal memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Dimana kandungan nutrisi pada sayuran hijau dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Namun, pada sayuran hijau terkadang sering ditemui ulat yang menyelip di antara sela-sela bagian sayur. Bagi sebagian orang kerap terganggu dengan adanya ulat di sayur ini. Pasalnya, jika ulat pada sayuran hijau ikut termasak ke dalam olahannya membuat selera makan hilang.

Tetapi mengeluarkan atau menghilangkan ulat dari sayuran hijau bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan ulat biasa bersembunyi dengan lihai di antara sayuran. Buat orang yang merasa takut atau geli dengan kehadiran ulat, maka cukup sulit untuk membersihkannya sampai benar-benar bersih.

Tenang saja, berikut sudah ada beberapa cara membersihkan sayuran hijau agar terbebas dari ulat sebelum memasaknya menjadi makanan lezat. Berikut Liputan6.com, Kamis (29/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa cara membersihkan sayuran dari gangguan ulat sayur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Merendam Sayuran dengan Air Garam

Garam merupakan bahan yang cukup efektif untuk menghilangkan kotoran. Begitu juga untuk menghilangkan ulat atau larva yang menempel pada sayuran hijau. Hal ini dikarenakan memiliki tingkat kepekatan yang lebih tinggi daripada cairan yang ada pada tubuh ulat.

Di mana garam akan mengganggu metaboliesme ulat yang bisa membuatnya mati. Kamu bisa merendam sayuran hijau di dalam air garam.

Cara membuatnya adalah dengan campurkan garam dan air secara merata. Kemudian rendam sayuran hijau yang ingin kamu masak selama beberapa menit. Setelah itu cuci dengan menggunakan air yang mengalir.

3 dari 6 halaman

Bersihkan dengan Baking Soda

Selain menggunakan garam, cara efektif untuk menghilangkan ulat yang ada pada sayuran hijau dengan mencucinya dengan baking soda. Hal ini dikarenakan pada baking soda sudah terbukti ampuh melarutkan kotoran atau residu yang menempel pada sayuran. Ya, kamu bisa menghilangkan kotoran baik yang ada di permukaan kulit atau lapisan yang lebih dalam.

Cara membersihkan sayuran hijau agar terbebas dari ulat adalah dengan mencampurkan dua sendok makan baking soda ke dalam segelas air. Kemudian rendam sayuran di dalamnya beberapa menit. Pastikan semua kotorannya benar-benar luruh, kemudian bilas dengan menggunakan air yang mengalir.

4 dari 6 halaman

Merendam dengan Air Cuka

Cara lain untuk menghilangkan ulat yang ada di sayuran hijau selanjutnya adalah dengan menggunakan air cuka. Ya, membersihkan sayuran hijau dengan menggunakan air cuka dipercaya bisa membersihkan berbagai residu yang menempel, seperti pestisida.

Walaupun akan meninggalkan bekas berupa aroma yang tidak sedap pada sayuran hijau, namun cara ini dirasa ampuh untuk menghilangkan berbagai kotoran yang ada di sayuran hijau.

Caranya, kamu bisa mencampurkan dua sdm cuka masak ke dalam satu baskom air. Kemudian rendam sayuran selama beberapa menit dengan air cuka tersebut. Setelah itu bilas sayuran tersebut dengan menggunakan air bersih.

5 dari 6 halaman

Mencucinya dengan Air yang Mengalir

Cara lainnya untuk membersihkan sayuran hijau agar terbebas dari ulat adalah dengan mencucinya dengan menggunakan air yang mengalir. Cara ini akan membantu kotoran dan hewan-hewan kecil untuk luruh.

Sementara untuk sayuran yang memiliki romgga seperti kankung, bisa memberi perhatian lebih untuk membersihkannya. Karena bisa saja rongga tersebut terdapat ulat dan lintah yang bersembunyi.

6 dari 6 halaman

Membersihkan Sela-sela Sayuran

Ketika sedang membersihkan sayuran, kamu bisa lebih teliti lagi untuk memperhatikan bagian sela-sela dan batangnya. Biasanya di bagian tersebut kotoran dan ulat lebih banyak dijumpai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini