Sukses

10 Cara Membuat Puisi untuk Pemula, Ketahui Tips Sederhananya

Siapa saja bisa menjadi penyair, asal tahu cara membuat puisi.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat puisi yang bagus bisa dilakukan dengan berlatih. Puisi merupakan salah satu jenis karya sastra dengan ciri khasnya sendiri. Cara membuat puisi penting bagi kamu yang tertarik menjadi penyair.

Sebut saja Sapardi Djoko Damono, Joko Pinurbo, W.S Rendra, hingga Chairul Anwar. Semua merupakan penyair terkenal dengan ratusan karya yang mengundang decak kagum. Siapa saja bisa menjadi penyair, asal tahu cara membuat puisi.

Tidak ada patokan baku dalam cara membuat puasi. Namun, seperti halnya semua penulisan kreatif, puisi memiliki struktur tertentu yang bisa membantu penciptanya membuat sebuah puisi yang indah. Ada sejumlah cara membuat puisi yang bisa dicoba bagi pemula.

Cara membuat puisi ini bisa dipraktikkan sembari terus berlatih. Berikut cara membuat puisi untuk pemula, dirangkum Liputan6.com dari Masterclass, Selasa(4/5/2021).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara membuat puisi untuk pemula

Baca banyak puisi

Jika kamu ingin jadi penulis puisi sukses, mulailah dengan banyak membaca karya puisi. Kamu dapat melakukan ini secara santai dengan membiarkan kata-kata dari puisi favorit terbiasa dalam pikiran.

Kamu bisa menganalisis, membedah, dan merenungkan makna dari puisi-puisi yang kamu baca. Lakukan analisis baris demi baris dan biarkan kata-kata dalam puisi mengalir dengan emosi.

Dengarkan pembacaan puisi secara langsung

Cara membuat puisi tidak harus menjadi latihan teoritis. Kamu bisa mencoba mendengarkan pembacaan puisi baik secara langsung maupun daring. Banyak acara-acara yang menampilkan pembacaan puisi. Ini bisa menyenangkan sekaligus instruktif bagi calon penyair.

Dengan mendengarkan suara puisi yang bagus, kamu menemukan keindahan konstruksinya. Ini termasuk campuran suku kata yang ditekan dan suku kata tanpa tekanan, aliterasi dan asonansi, sajak internal yang ditempatkan dengan baik, jeda baris yang cerdas, dan banyak lagi.

3 dari 6 halaman

Cara membuat puisi untuk pemula

Mulailah dari puisi pendek

Cara membuat puisi untuk pemula selanjutnya adalah dengan memulai membuat puisi pendek. Puisi pendek seperti haiku atau puisi berima sederhana mungkin lebih mudah dibuat oleh pemula. Puisi berima yang sederhana bisa menjadi jalan masuk yang tidak mengintimidasi untuk menulis puisi. Puisi sajak bebas tujuh baris yang murni lebih mengesankan daripada epik yang ceroboh dan bertele-tele.

Jangan terobsesi dengan baris pertama

Jika kamu merasa tidak memiliki kata-kata yang tepat untuk membuka puisi, jangan menyerah. Teruslah menulis dan kembali ke baris pertama saat kamu siap. Kalimat pembuka hanyalah salah satu komponen dari keseluruhan karya seni. Jangan menganggapnya lebih penting daripada yang dibutuhkan. Ini merupakan kesalahan umum di antara penyair pemula.

4 dari 6 halaman

Cara membuat puisi untuk pemula

Tingkatkan bentuk puisi dengan perangkat sastra

Seperti semua bentuk tulisan, puisi diperkuat oleh perangkat sastra. Kembangkan keterampilan menulis puisi dengan memasukkan metafora, alegori, sinekdot, perumpamaan, dan perangkat sastra lainnya ke dalam puisi.

Ini bisa relatif mudah dalam bentuk yang tidak berirama seperti syair bebas dan lebih menantang dalam bentuk puisi yang memiliki aturan ketat tentang irama dan skema rima.

Cobalah menceritakan sebuah cerita dengan puisi

Banyak ide yang mungkin ungkapkan dalam novel, cerita pendek, atau esai bisa muncul dalam puisi. Puisi naratif seperti "The Waste Land" oleh TS Eliot bisa menjadi sebuah novel. Atau puisi Hujan Bulan Juni yang juga bisa jadi sebuah novel dan film. Kamu bisa mulai menulis puisi dengan isi cerita sehari-hari.

5 dari 6 halaman

Cara membuat puisi untuk pemula

Ekspresikan ide-ide besar

Karena puisi yang baik adalah tentang ketepatan bahasa, kamu dapat mengungkapkan seluruh filosofi dengan sedikit kata jika kamu memilihnya dengan hati-hati. Bahkan bentuk puisi yang tampak ringan seperti sajak anak-anak atau limerick berima yang konyol dapat mengomunikasikan ide-ide yang besar dan berani. Kamu hanya perlu memilih kata yang tepat.

Lukis dengan kata-kata

Cara membuat puisi selanjutnya adalah dengan mencoba melukis dengan kata-kata. Ketika seorang penyair melukis dengan kata-kata, mereka menggunakan pilihan kata untuk secara kiasan "melukis" gambaran konkret di benak pembaca.

Dalam bidang seni rupa, lukisan gambar tentunya mengacu pada tindakan merepresentasikan orang, benda, dan pemandangan untuk dilihat oleh pemirsanya dengan mata kepala sendiri. Dalam penulisan kreatif, melukis gambar juga mengacu pada menghasilkan gambaran orang, objek, dan pemandangan yang hidup, tetapi medium senimannya adalah kata-kata tertulis.

6 dari 6 halaman

Cara membuat puisi untuk pemula

Biasakan diri dengan berbagai bentuk puisi

Setiap bentuk puisi yang berbeda memiliki persyaratannya sendiri. Ini seperti skema rima, jumlah baris, meteran, materi pelajaran, dan banyak lagi. Semua ini membuatnya unik dari jenis puisi lainnya.

Pikirkan struktur ini sebagai padanan puitis dari aturan tata bahasa yang mengatur penulisan prosa. Biasakan untuk membaca berbagai bentuk puisi untuk memperluas pandangan.

Terhubung dengan penyair lainnya

Penyair terhubung satu sama lain melalui pembacaan puisi dan mungkin kelas menulis puisi. Penyair dalam komunitas sering membaca karya satu sama lain, membacakan puisi mereka sendiri dengan lantang, dan memberikan umpan balik. Puisi yang baik dapat memiliki banyak bentuk, dan melalui komunitas, kamu mungkin menemukan bentuk berbeda yang berbeda dari jenis puisi yang biasanya kamu tulis.

Carilah kelompok puisi di mana kamu dapat mendengarkan berbagai jenis puisi, mendiskusikan bentuk seni, menuliskan ide-ide baru, dan belajar dari karya rekanmu. Komunitas yang mendukung dapat membantumu bertukar pikiran, memengaruhi keadaan pikiran, dan berbagi latihan puisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.